Kisah Pertobatan Rob Marco: Lebih Baik dari pada Seribu

Kisah Pertobatan Rob Marco: Lebih Baik dari pada Seribu





Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk Numbei)Pertobatan saya ke Iman Katolik bukanlah hal yang mulus - apakah pernah? Tetapi saya juga tidak membutuhkan bertahun-tahun dalam hidup saya untuk mencapai Kebenaran. Saya pikir Tuhan dalam belas kasihan dan kebaikan-Nya yang tak terbatas tahu bahwa saya memiliki potensi untuk keluar dari rel jika saya tidak memiliki pedoman. Syukurlah, lintasan kehidupan iman saya ditetapkan relatif lebih awal, meskipun butuh bertahun-tahun bagi agama Katolik yang baru saya temukan untuk matang dan meresap ke dalam ekspresi ortodoks yang otentik.

Saya cenderung menganggap hidup saya sebagai seorang Katolik seperti bergerak ke bawah corong, mulai dengan sangat luas dan menyempit cukup untuk masuk melalui "gerbang sempit" yang mengarah ke kehidupan. Itu dimulai dengan beberapa pertanyaan filosofis mendasar pada saat saya tidak memiliki kepercayaan agama untuk berbicara: Mengapa saya di sini? Apakah tujuan hidup? Apakah ada Tuhan? Jika demikian, siapakah Dia, dan bagaimana kita bisa mengenal Dia?

Ini adalah pertanyaan yang saya geluti dan coba jawab dengan kerangka filosofis Buddhis di sekolah menengah. Saya mengambilnya dengan membaca penulis-penulis Beat Generation seperti Jack Kerouac dan Gary Snyder, menyatukan penggalan yang terputus-putus, dan mengadopsinya sebagai agama pengisi celah untuk menyumbat lubang-lubang yang disebabkan oleh eksistensialisme mendesak yang menuntut jawaban ketika sepertinya tidak ada. menjadi apa saja. Saya akan bermeditasi di bawah pohon maple di halaman belakang pinggiran kota kami, berkeringat di musim panas di tikar pantai jerami. Agama Buddha masuk akal bagi saya: Hidup adalah penderitaan dan ketidakpuasan, dan bahwa penderitaan datang dari keinginan. Secara pragmatis langsung, bertanggung jawab secara radikal, dan dapat diukur secara objektif. Jika Anda tidak menjadi tercerahkan dan memilih keluar dari roda kemalangan, anda tidak punya siapapun untuk disalahkan kecuali diri sendiri yang tidak berusaha untuk keluar dari keadaan tersebut.

Namun, satu hal yang menggantung saya tentang agama Buddha. Saya tidak tahu dari mana asalnya, tetapi gambar seorang anak yang cacat perkembangan dengan tidak nyaman bersembunyi di alam bawah sadar saya selama periode ini. Bisakah dia diselamatkan? Saya pikir. Siapa yang akan menyelamatkannya jika dia tidak bisa membebaskan dirinya dari jerat penderitaan dan keinginan ini? Meskipun gambar itu sepenuhnya otonom, saya- juga melihat dalam diri saya nasib anak itu - tidak cukup kuat, cukup bakti atau cukup berkembang untuk mencapai keselamatan di bawah kekuatan saya sendiri, dan kemudian ditinggalkan. Karena meskipun agama Buddha menyatakan diri sebagai welas asih, yang kurang tampaknya adalah, cukup sederhana, jlnis cinta yang dimiliki orang tua untuk anaknya, yang menebus dan turun dari tempatnyap yang tinggi untuk menyelamatkan yang paling rentan dan tergantung, mereka yang, tanpa itu, akan hilang

SESUATU UNTUK HIDUP

Jadi, saya memiliki kerangka religius umum yang semu-filosofis dan umum dalam agama Buddha selama sekolah menengah, dan saya cukup serius tentang hal itu, sama seriusnya dengan pelajaran SMP mana pun. Tetapi sekitar waktu inilah Tuhan mulai menerobos dalam pencarian saya akan jawaban. Saya tidak akan pernah lupa saat pertama kali saya lengah dan dipenuhi dengan Roh Kudus. Itu terjadi di tempat-tempat yang paling tidak terduga.

Seperti halnya Agustinus, sebagai seorang pemuda, telah jatuh cinta pada kaum Manichaean, sayapu tertarik dan mengadopsi kehidupan Straight Edge - semacam disiplin monastik non-religius dari musik hardcore underground. Hardcore Straight Edge 1990 adalah reaksi terhadap nihilisme punk rock yang mabuk tahun 1980-an. Para penghuninya bersandar pada tiga pilar utama: tidak ada alkohol, tidak ada obat-obatan, tidak ada pergaulan bebas, semacam kode moral sekuler. Penganutnya menandai tanda X hitam di tangan mereka sebagai tanda disiplin mereka. Musik adalah agama, dan Straight Edge adalah praksisnya. Itu memberi penganutnya sesuatu untuk hidup.

Saat itu tahun 1997, tahun pertama saya di sekolah menengah, dan saya berada di sebuah pertunjukan hardcore di lantai dasar gereja. Beat cepat dan nada marah, adrenalin memompa di mana-mana, energi parau intens. Kerumunan basah kuyup oleh keringat karena moshing dan terengah-engah ketika seorang pria paruh baya berjanggut datang ke atas panggung.

Dia adalah seorang pengkhotbah. Saya berasumsi dia adalah pendeta di gereja tempat kami berada. Dia tidak lumpuh, dan dia punya beberapa kata untuk dikatakan, meskipun saya tidak ingat persis apa itu. Yang saya ingat adalah dia mengulurkan tangan ke kerumunan dan berdoa.

Saya tidak mengharapkan ini, saya juga tidak mendaftar untuk itu, tetapi saya juga tidak menentangnya. Sulit untuk dijelaskan, tetapi ketika dia berdoa di atas kerumunan saya merasakan sekonyong-kpnyong seperti angin atau sesuatu - bukan fisik, tetapi dalam roh saya - dan keyakinan yang semakin kuat bahwa ada semacam kekosongan yang samar-samar dan tidak dapat disebutkan dalam diriku. Itu adalah Pengakuan Dosa secara pribadi. Pendeta mengundang siapa saja yang ingin belajar lebih banyak tentang Yesus setelah pertunjukan untuk berbicara dengannya. Jadi saya lakukan.

Saya tidak ingat secara spesifik apa yang dia katakan, tetapi dia mendoakan saya, dan air mata mulai mengalir, yang anehnya, saya tidak bisa menggambarkannya. Saya hanya tahu bahwa saya adalah “orang berdosa,” seperti yang dia katakan, meskipun pada saat itu saya tidak tahu apa itu dosa, atau bahwa pengakuan dosa adalah fondasi untuk membangun, bahwa tidak ada yang dapat terjadi tanpa meletakkan batu pertamanya. Saya tahu bahwa saya adalah orang jahat, dan tidak seperti di tahun awal Buddhisme saya, saya hanya tahu jauh di lubuk hati bahwa saya tidak memiliki apa yang diperlukan untuk menyelamatkan diri dari kejahatan ini. Pendeta menawarkan untuk menindaklanjuti masalah saya, dan saya memberinya nomor telepon saya.

Ketika saya pembali ke rumah, dia memang mnindaklanjuti melalui telepon beberapa hari kemudian. Pada saat itu, saya agak terguncang dan mengatakan saya tidak begitu tertarik, tetapi terima kasih. Saya tidak mau menjelaskan semua ini kepada orang tua saya. Setelah beberapa hari, saya kembali normal dan melupakan seluruh kejadian. Namun, beberapa bulan kemudian, saya mendapati diri saya di hutan belantara di Pennsylvania bagian utara, tersesat, sendirian, dan memanggil Tuhan yang tidak dikenal untuk meminta pertolongan.

MENGERANG DALAM GURUN

Pada bulan Juni tahun yang sama, saya berangkat untuk menguji diri saya dalam kemandirian, melatih diri saya untuk meninggalkan masyarakat yang beradab, dengan semua perangkap dan kekecewaan sosialnya. Saya kira saya selalu membayangkan semacam kiamat zombie terjadi di beberapa titik, ketika saya harus tahu bagaimana sendirian dan bertahan hidup di hutan. Jadi saya berangkat untuk belajar bagaimana melakukannya.

Hiking dan backpacking adalah hobi yang saya ambil, mungkin secara tidak sadar, untuk mengimbangi waktu yang dihabiskan di dalam ruangan dengan teman-teman saya. Itu selalu sama. Saya masih mendengarkan musik hardcore (walaupun saya tidak selurus tahun sebelumnya), dan saya menemukan band Hare Krishna yang menyanyikan hal-hal seperti dunia spiritual dan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Hal-hal ini benar-benar menguasai saya - tidak terlalu banyak pada Hare Krishna, tetapi hanya perasaan "apakah hanya ini yang ada?" Dan bertanya-tanya apakah ada lebih banyak kehidupan daripada mabuk di ruang bawah tanah orang tua kita, kolam tembak, dan menonton tayangan ulang Saturday Night Live.

Melihat ke belakang, orang tua saya memiliki tingkat kepercayaan yang luar biasa. Saya bertanya kepada ayah saya apakah dia akan mengantarkan saya tiga jam ke utara ke sebidang besar menurut peta - lahan bermain milik negara - sehingga saya bisa mendaki jalan setapak yang telah saya baca. Dia setuju untuk melakukannya (dia meyakinkan ibuku, dengan sadar, bahwa "ini adalah sesuatu yang harus dia lakukan") dan menurunkanku di jalan setapak. Saya menggambar "X" di petadengan pensil tempat menjemput saya tiga hari kemudian, dan saya berkata saya akan mencoba untuk berada di sana sekitar tengah hari. Ini sebelum telepon seluler, dan bahkan jika saya memilikinya, itu tidak akan berfungsi di bagian terpencil negara ini. Ayah saya pergi, dan sayapuin berangkat.

Saya memperingan ransum, untuk dapat memaksimalkan jarak tempuh saya. Ternyata agak terlalu ringan. Selimut bulu saya tidak menyediakan isolasi yang cukup untuk mencegah saya menggigil sepanjang malam di tempat tidur gantung saya, dan saya tidak mengemas sup Dinty Moore yang cukup untuk bertahan selama tiga hari, jadi saya lapar. Api yang menjauhkan saya dari makhluk dan binatang ... sampai padam. Kemudian itu adalah malam tanpa tidur yang dipenuhi denganpikiran yang dihantui olrh para penjahat dan pengintip dalam gelap gulita, menunggu fajar. Aku kesepian, lapar, rindu rumah. Dan anehnya, saya juga merasakan perasaan berdosa dan ketidakmampuan saya untuk menyelamatkan diri dari ... Saya tidak tahu apa itu? Takdir? Dunia? Diri? Seperti semua yang saya alami di pertunjukan bawah tanah hardcore, itu samar-samar, tetapi akut, tuduhan anonim untuk kejahatan yang saya rasa saya tidak melakukan dan tidak pernah hidup. Itu hanya perasaan kecil. Saya tidur dengan ekor di antara kedua kakiku, malu atas keberanian remaja dan rasa bersalah menaruh kepercayaan pada diriku sendiri.

Pagi berikutnya, saya berangkat. Saya belum pernah melihat manusia lain sehari sebelumnya, dan hari itu terbukti merupakan jenis isolasi yang sama. Secara mental, sungguh melelahkan untuk mengetahui bahwa tidak ada orang di sekitar untuk diajak bicara atau membantu atau memberikan pengalih perhatian. Hanya saya yang mengikuti peta saya. Begitulah, sampai saya kehilangan itu.

Saya menyadari peta itu hilang setelah beberapa mil, karena ketika saya pergi untuk mengeluarkannya dari saku ransel saya, peta itu tidak ada di sana. Saya mendapati rasa takut yang menimbulkan rasa sakit di perut saya. Ini adalah hal yang buruk. Saya menelusuri kembali langkah saya. Tidak ada. Saya terus berjalan dan mencari. Saya mulai panik. Saya berpikir tentang pengkhotbah itu. Dia berdoa. Bisakah saya berdoa? Seperti apa itu? Saya merasa ada Tuhan, tetapi saya tidak tahu nama-Nya. Saya berteriak putus asa, "Tolong bantu saya!" Itu adalah salah satu perasaan aneh lainnya, jenis yang tidak bisa anda ucapkan tanpa terdengar gila, tapi saya merasakan tangan raksasa memegangi saya, melindungi dan membimbing saya. Saya melihat ke bawah di sikat - dan ada peta saya! Gelombang rasa syukur melandab . Saya merasa seolah-olah saya terhindar dari nasib buruk, diberi kesempatan lain. Tuhan yang tidak dikenal telah mendengar tangisan saya dan menjawab.

Saya tidak pernah begitu senang melihat ayah saya pada hari Minggu sore itu, tepat di tempat kami sepakat untuk bertemu. Saya berhasil keluar hidup-hidup, meskipun bukan tanpa bekas luka mental. Saya tahu saya telah diselamatkan dari sesuatu, oleh Penolong yang baik hati. Pada musim panas mendatang, berangkat untuk mendaki dari Pennsylvania ke New Hampshire di Appalachian Trail dan menghadapi kesepian dan isolasi yang sama, saya belajar bahwa Penolong itu memiliki Nama, dan bahwa seseorang telah menulis tentang Dia dahulu, dalam kumpulan puisi yang dikenal sebagai Mazmur.

DARI LUBANG ITU

Didukung oleh kejadian terselamatkan dalam perjalanan solo backpacking akhir pekan di bagian utara, saya memutuskan untuk menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan mendaki Appalachian Trail dari Maryland ke New Hampshire setelah lulus. Saya merekrut seorang teman untuk ikut dengan saya selama dua minggu di Pennsylvania, setelah waktu itu saya melanjutkan sendirian saja

Itu adalah petualangan yang hebat, tetapi ketika saatnya tiba bagi teman saya untuk pergi setelah dua minggu di jalan bersama saya, saya segera kembali ke perasaan terkucilkan dan kesepian yang sama seperti yang saya alami sebelumnya. Suatu malam, rindu rumah dan menangis diam-diam di tempat penampungan bergaya Adirondack tempat saya menghabiskan malam itu, saya mengeluarkan Alkitab kecil yang diberikan ibu seorang teman sebelum saya pergi. Saya belum pernah benar-benar membaca Alkitab sebelumnya, tetapi saya menoleh ke Mazmur dan membaca:

Aku sangat menanti-nantikan Tuhan; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong. Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, (Mzm 40:2-3)

Sungguh menyenangkan membaca bahwa Tuhan akan “mendengar tangisanku” dan peduli padaku, peduli padaku, dan apa yang terjadi padaku. Saya tidak memiliki banyak barang di dalam tas saya, karena saya bepergian dengan cahaya, tetapi Alkitab kecil itu sangat berarti, untuk membawanya bersama saya.

Saya tidak pernah berhasil sampai ke New Hampshire, melainkan mundur di negara bagian New York dan menghabiskan sisa musim panas sebelum tahun pertama kuliah di rumah, dengan malu mengakui kepada teman-teman saya bahwa saya belum menyelesaikan apa yang telah saya tetapkan. untuk mencapainya.

Teman yang telah mendaki dengan saya selama dua minggu adalah seorang Katolik. Dia berasal dari keluarga yang terdiri dari sembilan orang, dan saya tahu ibunya adalah orang yang saleh. Saya membayangkan dia berdoa untuk kami pada kenaikan, dan mungkin beberapa dari doa-doa itu khusus untuk saya.

Selama masa ini, saya seperti kasim Etiopia dalam Kisah Para Rasul (8:31), yang membalas kepada St. Filipus, yang bertanya kepadanya apakah dia mengerti apa yang sedang dibacanya, "Bagaimana aku bisa mengerti, kecuali seseorang menjelaskannya kepadaku ”Saya tidak tahu ada orang Kristen selain sahabat saya. Dia terlibat dengan kelompok pemuda, dan dia adalah seseorang yang bisa saya ajak bicara dan bertanya. Tidak sampai saya masuk perguruan tinggi di Penn State pada tahun 1998 saya akan menghadiri Misa pertama saya dan mengambil langkah pertama untuk menjadi Katolik.

TAHUN AJAIB

Saya memiliki masa kanak-kanak yang luar biasa, tumbuh di daerah pinggiran yang aman, kelas menengah ke atas. Orang tua saya menyayangi saya dan menghidupi saya dan dua saudara lelaki saya. Tidak ada pelecehan, tidak ada trauma.

Juga tidak ada keyakinan atau praktik keagamaan yang diturunkan kepada saya dan sapudara lelaki saya. Ini sebagian karena orang tua saya tidak dapat memutuskan akan membesarkan kami sebagai apa, karena ayah saya seorang Katolik dan ibu s"aya adalah orang Episkopal. Tidak ada yang terlalu religius, meskipun mereka kadang-kadang akan menghadiri gereja masing-masing pada hari Minggu sementara kami tinggal di rumah.

Saya tidak punya banyak ketertarikan pada gereja ibu saya, Gereja St. Paul, tetapi kadang-kadang, ketika saya masih muda, saya akan ikut bersama ayah saya ke Liturgi Ilahi di gereja Katolik Ukraina yang dia hadiri di dekat rumah kami, karena Saya dekat dengan ayah saya dan meniru dia dalam banyak hal. Di dalam gereja berkubah emas, dengan ikonostasisnya yang rumit, ada aroma dupa yang tajam. Saya tidak mengerti bahasa dan kesulitan mengikuti apa yang sedang terjadi, dengan semua ketundukan. Itu asing dan eksotis, seperti rasa ingin tahu di museum - menarik, tetapi tidak cukup untuk menarik perhatian saya.

Suatu hari, saya mengendarai mobil bersama ayah saya, dan kami melewati gereja Katolik Roma di kota tepat saat misa sedang berlangsung. "Lihat semua orang itu," kataku dengan kekanak-kanakan, "mereka seperti domba." Ayahku melirikku dengan berkata, "Jangan kau berani!" Itu menempatkanku di tempatku. Tetap saja, saya menahan penghinaan batiniah saya terhadap pemikiran berkelompok dan keseragaman. Saya menolak menjadi domba.

Sikap ketidaksesuaian ini mengikuti saya ke perguruan tinggi. Saya dikelilingi oleh jurusan teknik. Bagi saya mereka mewakili pendirian. Saya naik ke kelas, mendapat nilai bagus tanpa banyak usaha, tetapi sungguh, semua yang ingin saya lakukan adalah naik rel dengan membonceng di seluruh negeri seperti pahlawan Beat saya.

Saya tidak lupa tentang aliran Nafas Roh awal pada pertunjukan musik hardcore di ruang bawah tanah; penyelamatan dari bencana yang pasti di padang belantara oleh tangan ilahi; dan Allah, yang darinya pemazmur berbicara, yang “menariknya keluar dari lubang.” Saya menangis, bercampur keringat, di ruang bawah tanah itu; Saya tersesat di hutan, dan kemudian ditemukan; saya tahu lubang yang digunakan Daud ketika berbicara, karena saya telah hidup di kedalamannya selama beberapa tahun terakhir, terbenam dalam kegelapan depresi yang secara berkala akan menelan seluruh pikiran saya. Tetapi saya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan pengalaman-pengalaman ini, di mana harus meletakkannya, dan di mana semuanya Itu sesuai pada tempatnya. Saya ingin mengatakan bahwa saya bergulat dengan seorang malaikat, seperti Yakub, atau berjuang di tebing kehendak, seperti Agustinus, atau jatuh dari kuda, seperti Saul. Tetapi kebenaran sederhana dari masalah ini adalah, saya berkelana ke Misa.

MEMPELAJARI CARA-CARA

Ayah saya telah memberi saya daftar layanan keagamaan di kampus seminggu sebelum saya mulai kelas, "kalau-kalau engkau ingin menghadiri." Dia tidak menekan atau menetapkan harapan, hanya menawarkannya sebagai hal yang biasa, cara orang mungkin menawarkan menu untuk sub toko lokal jika anda memberi tahu mereka bahwa anda lapar dan bertanya di mana anda bisa makan. Saya benar-benar tidak tahu banyak tentang gereja atau agama Kristen, tetapi saya memang ingin menjaga pengalaman yang saya miliki dan khawatir akan mempercayakannya kepada siapa saja, yang mungkin memoles kebenaran ketika mereka memberitakannya. Saya membutuhkan sesuatu yang solid, sebuah kasus sulit untuk saat-saat rahmat yang rapuh itu. Saya tidak tahu banyak tentang perbedaan itu, meskipun ayah saya mengatakan kepada saya, "Semua orang Katolik adalah orang Kristen, tetapi tidak semua orang Kristen adalah orang Katolik." Hanya itulah yang saya tahu tentang perbedaan antara orang Kristen (Protestan) dan Katolik.

Karena ingin menjadi seperti ayah saya, saya memutuskan untuk memeriksa Misa Katolik. Mereka dirayakan di salah satu auditorium di kampus. Saya mengambil beberapa pakaian bagus dari lemari saya, menuju, dan mengambil tempat duduk di salah satu kursi teater di belakang. Satu-satunya hal yang saya ingat adalah bahwa saya adalah orang yang berpakaian paling necis di sana, dan merasa sedikit canggung karenanya.

Saya mendekati imam setelah misa. "Saya ingin belajar tentang menjadi Katolik," kataku kepadanya. Dia memberi tahu saya tentang sesuatu yang disebut RCIA, tetapi itu sudah dimulai. Saya mendapat kesan dari berbicara dengannya bahwa sudah terlambat untuk bergabung. Tidak sabar seperti saya, saya memeriksa sekitar untuk masuk melalui"pintu belakang". Selain Misa ritus Romawi, ada juga Liturgi Ilahi Bizantium, dirayakan oleh seorang imam lokal di kampus setiap hari Minggu. Setidaknya saya agak akrab dengan bentuk ini dari pergi ke gereja sesekali dengan ayah saya. Saya muncul pada suatu hari Minggu, dan memberi tahu imam di sana hal yang sama, bahwa saya ingin belajar tentang Katolik. Dia setuju untuk mengajari saya satu lawan satu. Maka saya bertemu dengannya secara teratur dan mempelajari dasar-dasar Iman.

Pada bulan Desember, hanya beberapa bulan setelah pengajaran yang saya terima, saya diterima di Gereja. Karena saya dibaptis secara sah di Gereja Episkopal, saya dikonfirmasikan, membuat pengakuan dosa pertama saya, dan menerima Komuni Suci pertama di sebuah gereja Bizantium kecil di luar kampus. Sepasang suami istri dari gereja menawarkan untuk menjadi pendukung saya. Saya ingat hari itu sebagai perasaan yang sangat istimewa, dan sangat permanen. Ini lebih dari sekedar iseng saja, atau sesuatu yang aku tertarik untuk saat ini. Saya memiliki perasaan yang tajam bahwa itu mirip dengan upacara pernikahan. Saya berjodoh. dengan Tuhan seumur hidup, dan saya sangat damai untuk menjadi milik-Nya

ALASAN UNTUK PERCAYA

Saya menganggap perjalanan saya ke Katolik sebagai semacam corong yang menyaring dan memperhalus alasan keyakinan saya bahwa Iman Katolik adalah ekspresi keyakinan Kristen yang paling penuh dan paling kuat, dan bahwa Gereja benar-benar dilembagakan oleh Kristus.

Itu dimulai secara luas. Dengan kasih karunia dan pengalaman, saya menyadari bahwa hidup tanpa Tuhan dan tujuan hidup sangat tidak memuaskan. Dengan kasih karunia, saya menjadi percaya bahwa Tuhan itu ada, dan bahwa Dia memperhatikan saya dengan cara yang sangat pribadi, meskipun saya tidak tahu nama-Nya. Ketika saya belajar lebih banyak tentang Yesus, yang diyakini oleh orang Kristen sebagai Anak Allah, saya menyadari bahwa saya memang membutuhkan seorang Juru Selamat, bahwa saya tidak dapat menyelamatkan diri sendiri atau membayar hutang untuk dosa-dosa saya.

Mengapa tidak berhenti di situ, berdoa "Doa Orang Berdosa," dan bergabung dengan denominasi Protestan atau Injili? Ada beberapa alasan.

Meskipun saya tidak memiliki latar belakang intelektual yang kuat dan tidak “menalar” jalan saya ke Gereja pada usia 18 tahun, saya tahu bahwa pengalaman rahmat saya (aliran Roh Kudus di ruang bawah tanah gereja, Tuhan menuntun saya ke peta saya di hutan belantara, dll. sangat kuat dan nyata. Saya tidak bisa menjelaskannya, tetapi saya ingin melindungi mereka. Dan ini berarti bahwa apa yang saya jelajahi dalam hal agama harus benar, tanpa menyesal.

Ketika saya belajar tentang Iman Katolik selama pengajaran saya dengan imam Bizantium, jelas bahwa Gereja adalah Apostolik, deposit iman dengan hati-hati disimpan dan diwariskan selama berabad-abad. Saya belum mengeksplorasi agama Kristen Protestan terlalu dalam, karena saya skeptis dalam hal otoritas di cabang kekristenan mereka. Tidak masuk akal bagi saya bahwa satu gereja lokal dapat mengklaim ini dan yang lain dapat mengklaim itu, dan pernyataan tentang masalah moral atau doktrin ini dapat terjadi dalam kontradiksi, tergantung pada siapa yang menafsirkan Kitab Suci. Kebenaran bersifat objektif, itu harus Kebenaran dengan huruf kapital K, dan harus ada otoritas yang menyebarkan Kebenaran itu.

Yesus memiliki banyak murid, tetapi Ia memilih dua belas orang sebagai Rasul. Struktur Magisterial Gereja, meskipun tidak menyenangkan, adalah rasa nyaman dan aman bagi saya.

Saya juga kaget bahwa Gereja Katolik benar-benar universal. Tidak seperti banyak denominasi Protestan atau arus utama, Anda bisa bepergian di Mozambik atau Kansas, dan ada kesinambungan ibadah dalam Misa. Tentu saja, liturgi diekspresikan dalam berbagai cara yang beragam, tergantung di mana Anda berada di seluruh dunia, tetapi Gereja benar-benar satu.

Akhirnya, saya menyadari bahwa ada sesuatu yang suci tentang Gereja Katolik. Itu dipisahkan, berbeda dari gereja-gereja Kristen lainnya. Tentu saja, itu terdiri dari orang-orang yang jatuh dan berdosa, tetapi saya tidak ingin menempatkan iman saya kepada orang-orang, tetapi hanya kepada Allah. Orang-orang kudus dan para martir adalah contoh nyata bagi saya, tentang apa yang mampu dicapai seseorang dengan rahmat dan sakramen. Saya ingin menjadi seperti mereka. Tampaknya ada kedalaman pada Iman Katolik - suatu kesinambungan historis, penghormatan terhadap Tradisi dan ekspresi iman yang nyata dalam sakramen-sakramen, dan otoritas Ilahi yang melindunginya dari kesalahan - yang tidak saya lihat dalam tradisi Kristen lainnya, oleh sifat sejarah mereka, setelah menolak sakramen dan otoritas yang sah. Ini bukan untuk merendahkan iman yang dalam dan tulus dari banyak orang Kristen Protestan yang saya temui, tetapi dari sudut pandang doktrinal dan spiritual, seorang dapat menghabiskan seluruh masa hidupnya menggali kedalaman yang Gereja Katolik tawarkan dan tidak pernah mencapai dasarnya.

Alasan saya menjadi Katolik adalah bahwa saya percaya Gereja adalah Satu, Kudus, Katolik (Universal), dan Apostolik, sebagaimana diungkapkan dan diakui dalam Pengakuan Iman Rasuli, dua belas orang yang dipilih Yesus untuk memimpin Gereja-Nya. , dengan Petrus sebagai kepala mereka. Doktrin infalibilitas kepausan, ketika saya belajar lebih banyak tentang hal itu, memberi saya rasa nyaman yang dapat saya tempatkan dengan aman di dalam bahtera ini pengalaman-pengalaman saya bertemu dengan Tuhan, dan bahwa Gereja ini, yang didirikan oleh Kristus Sendiri, akan melindungi pengalaman-pengalaman itu dari penyimpangan dan mutasi. Kelihatannya aneh untuk dikatakan, tetapi saya adalah seorang yang non-konformis, pemberontak yang luar biasa, sehingga saya bahkan tidak percaya diri dengan pengalaman ilahi ini. Saya perlu berada di bawah otoritas, untuk kebaikan saya sendiri, dan otoritas itu harus kuat, ditunjuk dari Sumbernya. Gereja Katolik,

20 TAHUN MENJADI SEORANG KATOLIK

Desember ini, saya akan merayakan hari jadi saya yang ke-20 menjadi Katolik. Saya berterima kasih kepada Tuhan setiap hari untuk itu. Meskipun saya ingin mengatakan itu adalah pertobatan “satu-dan-dilakukan”, kenyataannya adalah bahwa diperlukan beberapa tahun “koreksi saja” setelah Konfirmasi saya untuk memungkinkan Tuhan benar-benar membawa hidup saya sejalan dengan ajaran Katolik yang otentik . Saya berjuang dengan gangguan bipolar yang tidak terdiagnosis pada tahun-tahun awal saya, dan dengan menjaga satu kaki di "kehidupan lama" duniawi saya dan yang lain dalam "kehidupan baru" saya sebagai seorang Katolik. Saya mengalami kesulitan dalam menemukan dukungan spiritual yang setia kepada Magisterium, dan saya mendapati diri saya menolak banyak ajaran Gereja yang tidak saya mengerti dan berjuang untuk menerimanya, seperti yang menggunakan kontrasepsi buatan. Masalah-masalah ini membuat saya dalam keadaan dosa selama bertahun-tahun.

Tetapi Tuhan begitu sabar terhadap saya, dengan lembut menuntun saya ke lapisan yang semakin dalam, dan penghargaan terhadap, kepercayaan yang lurus. Meskipun saya menemukan panggilan biara selama sepuluh tahun setelah pertobatan saya, menjadi jelas bahwa pernikahan adalah panggilan saya. Saya mencintai istri saya (dia juga telah berkelana dan kembali), dan saya sangat bersyukur bisa berjalan di jalur ini bersamanya. Melalui perantaraan Perawan Maria yang Terberkati melalui menemukan - dan memakai - Medali Ajaib, menemukan ceramah dokter Janet E Smith Kontrasepsi Mengapa Tidak? bertemu teman-teman Katolik yang setia dan ortodoks, dan menguduskan diri kita kepada Yesus melalui Bunda Maria, kita menemukan sukacita besar, kedamaian, dan kebebasan dari ketakutan melalui kepercayaan kepada Tuhan, dalam banyak rahmat yang Dia berikan kepada kita selama “pertobatan kedua.” Saya telah aktif dalam evangelisasi, pewartaan melalui tulisan tentang agama, pelayanan di penjara.

Tuhan tahu apa yang Dia lakukan; Dia dapat dipercaya dan hanya menginginkan yang terbaik untuk kita. Butuh beberapa saat ... tapi saya senang berada di rumah.

"Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain;(Mazmur 84:11)

Sumber : Coming Home Network

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama