Melodi Sasando dari NTT untuk Nusantara Bergema dalam HUT RI ke-78 di Istana Negara Jakarta

Melodi Sasando dari NTT untuk Nusantara Bergema dalam HUT RI ke-78 di Istana Negara Jakarta

HUT RI- Pemain sasando asal NTT usai tampil di Istana Negara, Kamis, 17 Agustus 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Pertunjukan musik bertajuk Melodi Sasando untuk Nusantara dari Nusa Tenggara Timur bersenandung dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 di Istana Negara pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Sejumlah 15 pemain musik sasando asal NTT mengenakan busana adat Rote saat tampil mengisi acara perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia di Istana Negara.

Iszhu Nisnoi (28), musicdirector sasando pada HUT RI ke-78 mengatakan, sebagian besar pemusik adalah siswa SMA dan mahasiswa perguruan tinggi di Kupang.

"Ada 15 pemain sasando, sebagian besar siswa SMA, mahasiwa perguruan tinggi dan termasuk saya,"kata Iszhu kepada TribunFlores.Com melalui sambungan telpon pada Kamis, 18 Agustus 2023.

Pertunjukan musik sasando ini membawakan 40 instrumen lagu daerah nusantara dan lagu kebangsaan. Insturemen lagu pun diaransemen oleh Iszhu dan dibantu asisten music director, Martin Koehuan.

"Kami main hampir 40 lagu yang diaransemen oleh saya sendiri dan Martin Koehuan sebagai asisten music director. Lagu yang kami mainkan adalah lagu daerah semua provinsi dan kebangsaan. Jadi bukan hanya lagu daerah NTT saja,"ungkap alumnus Universitas Gajah Mada ini.

Iszhu menceritakan, pertunjukan musik sasando ditampilkan tepat pada area VIP Istana Negara. Kesempatan langkah dan berharga bisa tampil di hadapan para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar, pejabat negara dan tamu negara lainnya.

"Kami dapat kesempatan untuk menyambut tamu di area VIP, mulai dari menteri-menteri, dubes, pejabat negara, anggota DPR RI dan MPR. Anak-anak juga sempat bertemu Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki dan Mentri BUMN Erik Tohir usai pertunjukan,"ujar Iszhu.

Music director pertunjukan 1000 Sasando yang di Labuan Bajo tahun lalu ini mengungkapkan, setiap karya yang ditampilkan saat moment HUT RI ke- 78 di Istana Negara merupakan hasil kurasi ketat tim kurasi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

"Setiap karya yang ditampilkan dalam momentum ini diseleksi ketat oleh tim kurasi dari ISI Solo salah satunya, Eko Supriyanto. Kami lulus kurasi. Kuota untuk ilustrasi sasando dari NTT 15 pemain Sasando termasuk saya,"sebut Iszhu.

Sebelum pertunjukan musik Melodi Sasando untuk Nusantara, Iszuh sempat khawatir dengan pemain-pemain sasando yang sebagian besar belum mahir.  Ia pun mensiasatinya dengan membuat aransemen yang bagus tetapi menyesuaikan pemain  pemula.

Ia menaruh harapan, bahwa anak-anak bermain dengan penuh percaya diri di tengah pengalaman mereka yang terbatas. Anak muda asal Semau-Pulau Timor ini malah merangkul dan memberi ruang untuk anak muda NTT tampil di tingkat nasional.

Selain itu pemuda 28 tahun mengungkapan rasa harunya saat ada pemain sasando ini senang berpergian jauh,  pertama kali naik pesawat dan sangat menjaga alat musiknya.

"Ini karena sasando kita bisa sampai di Istana Negara. Ini yang saya dengar dari anak-anak selama perjalanan ke Istana Negara,"ucap Izhu.

Izhu terhitung tiga kali tampil di Istana Negara mulai tahun 2011, 2012 dan 2023. Pengalaman ini ia bagikan kepada pemain sasando ini untuk percaya diri menampilkan terbaik dan memperkenalkan alat musik asal Pulau Rote ini.

"Mereka membawa alat musik sendiri (sasando). Mereka anak-anak yang belum mahir untuk bermain sasando tetapi memilik alat dan mau belajar. Saya mau anak-anak ini bisa main hingga internasional. Terus belajar, tekuni dan diwariskan biar tidak putus,"kata Izhu.

Di balik penampilan indah 15 pemain sasando NTT ini, Iszhu mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua Dekranasda NTT, Julie Laiskodat yang memfasilitas keberangkat tim ke Jakarta hingga memberi kepercayaan untuknya melatih para pemain. *** flores.tribunnews.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama