Panglima TNI Kirim Pasukan, Evakuasi Pilot Susi Air dan Warga yang Disandera KKB di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Panglima TNI Kirim Pasukan, Evakuasi Pilot Susi Air dan Warga yang Disandera KKB di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam acara Rapim TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2). Foto: Jonathan Devin/kumparan


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan evakuasi terhadap pilot dan penumpang Susi Air akan segera dilakukan. Termasuk terhadap para pekerja Puskesmas yang diduga disandera oleh KKB di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Nanti akan kita usahakan evakuasi hari (ini) dan pasukan ke sana," kata Yudo di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2).

Dia mengungkapkan ada belasan orang yang harus dievakuasi. Namun tak dirinci identitasnya.

"Itu yang 15 orang, sama yang 4 orang yang penumpangnya, ini perlu dievakuasi, ya perlu dibawa keluar dari situ," sambung Yudo.

Meski demikian, Yudo membantah adanya aksi penyanderaan yang dilakukan terhadap pilot Susi Air dan warga di sana oleh KKB. Mereka disebut hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

"Enggak penyanderaan, dia selamatkan diri itu. Ya (keberadaanya) enggak tahu, kita akan cari dan kita evakuasi," jelasnya.

Pesawat Susi Air di Papua dibakar. Foto: Dok. Istimewa


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyebut bahwa para korban diamankan oleh KKB di Papua.

"Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpangnya yang diamankan oleh KKB, saat ini memang sedang dalam pencarian kami, tim gabungan dari operasi damai Cartenz, saat ini sedang melakukan operasi pencarian," kata Listyo di Istana Merdeka, Selasa (7/2).

Sebelumya, pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY dibakar di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2) pagi.

Pesawat tersebut membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kilogram. Saat parkir, pesawat itu dibakar. Captain Philip Merthens dan 5 penumpang disandera oleh KKB.

Berikut identitas 5 Penumpang:

1.      Demanus Gwijangge.

2.      Minda Gwijangge.

3.      Pelenus Gwijangge.

4.      Meita Gwijangge.

5.      Wetina W.

Listyo Sigit Prabowo menyebut tim Damai Cartenz dikerahkan untuk mencari keberadaan pilot dan 5 penumpang Susi Air.

"Tim gabungan dari operasi Damai Cartenz, saat ini sedang melakukan operasi pencarian," kata Listyo. *** kumparan.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama