Antropolog Asal Jerman Timo Duile Teliti Kuntilanak, Ternyata Begini...

Antropolog Asal Jerman Timo Duile Teliti Kuntilanak, Ternyata Begini...



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Hantu di Indonesia yang paling identik dengan ketawa perempuan biasanya dipercaya dari suara kuntilanak. Misteri turun temurun kuntilanak selalu disebut di Indonesia sampai sekarang.

Antropolog Jerman, Timo Duile meneliti tentang kuntilanak di Indonesia. Hantu wanita dengan baju putih dan berambut panjang.

Penelitian ini dikemas dalam dalam Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia pada 2020 dengan judul "Kuntilanak: Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia".

Menurut penelitiannya sosok kuntilanak tidak hanya akrab di telinga orang Indonesia. Takhayul ini juga dikenal di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, serta bagian selatan Filipina dan Thailand. 

Namun sosok kuntilanak digambarkan berbeda-beda di setiap negara. Di Malaysia dan Singapura, kuntilanak dikenal dengan sebutan Pontianak, yakni perempuan dengan ciri-ciri seperti vampir yang tertarik dengan darah dan berbahaya bagi wanita melahirkan. 

Masyarakat setempat juga meyakini bahwa kuntilanak akan mengancam nyawa manusia karena dia tidak dapat menemukan kedamaian. Konon kuntilanak biasanya tinggal di bawah pohon atau di hutan serta memakai pakaian putih.

Kaitan Kuntilanak dengan Kota Pontianak

Dengan menggunakan metode pendekatan objek seputar manusia dan roh, terutama dalam sudut pandang orang-orang di Pontianak, Kalimantan Barat, Timo mengungkapkan bahawa orang-orang Pontianak mengklaim kotanya didirikan dengan cara menggusur kuntilanak.

Nama Pontianak berasal dari bahasa Melayu po(ho)n ti(nggi), yang berarti 'pohon tinggi'. Hal ini menggambarkan kondisi kota Pontianak pada saat itu yang masih berupa rawa-rawa dan hutan lebat.

Kuntilanak Wujud Dimensi Traumatis

Timo kemudian menekankan bahwa persepsi mitos ini ada konsekuensinya. Sebab, kuntilanak telah mewujudkan dan mempertahankan dimensi traumatis pada masyarakat.

Makanya, ketika berhadapan dengan masyarakat modern dan narasi modern, Timo berpendapat bahwa faktor-faktor seperti agama dan animisme tidak boleh dianggap sebagai kebalikan dari modernitas atau ontologi modern/barat.

Dilansir dari Detikcom.

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama