Himbauan Jalan Kaki Menekan Angka Inflasi, Pegawai Kantor Gubernur NTT Tetap Gunakan Kendaraan

Himbauan Jalan Kaki Menekan Angka Inflasi, Pegawai Kantor Gubernur NTT Tetap Gunakan Kendaraan

KENDARAAN - Sebuah mobil plat merah saat sedang melintas di jalan Polisi Militer Kota Kupang dalam masa imbauan berjalan kaki yang dikeluarkan Pemprov NTT untuk menekan inflasi.



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Beberapa waktu lalu, Pemprov NTT mengeluarkan sebuah imbauan bagi warga NTT untuk berjalan kaki guna menekan angka inflasi. 

Kendati begitu, hingga kini pegawai di kantor gubernur tetap berkendara untuk masuk kerja sebagaimana biasanya. 

Imbauan tersebut dikeluarkan pada tanggal 7 November 2022 lalu. Tujuannya untuk menekan angka inflasi yang saat itu masih bergejolak pasca harga bahan bakar minyak (BBM) naik di bulan September 2022 kemarin. 

Belakangan, informasi beredar bahwa imbauan itu diterapkan pada tanggal 7 Maret 2023. Walau kemudian diralat oleh Kepala Biro Ekonomi Setda NTT, Lery Lupidara 

Pantauan di kantor gubernur, Selasa 7 Maret 2023 pagi, ASN hingga honorer di kantor itu datang dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Tampak pegawai terburu-buru masuk ke kantor. Tiba di parkiran di bagian belakang kantor gubernur, pegawai langsung menuju ke dalam kantor untuk memulai aktivitas perkantoran. 

Paling banyak, pegawai tiba di kantor gubernur antara pukul 06.30 hingga 07.15 Wita. Amatan wartawan juga tidak melihat pegawai berjalan kaki ke kantor seperti imbauan tersebut. 

Resti, salah seorang mahasiswi magang di kantor tersebut mengatakan ia tidak sepakat dengan kebijakan itu. Menurut dia, jarak dari rumah dan tempat magangnya yang jauh, sangat membutuhkan banyak waktu. 

"Tidak ada angkutan umum dari dekat rumah. Saya ke jalan raya dan ganti angkutan dua kali," ujarnya ditemui di pelataran parkir. 

Untuk mempercepat jam ke kantor, Resti memilih menggunakan ojek ke kantor. Sebab, jika menunggu angkutan umum maka akan lebih lama. 

Pegawai lain yang ditemui di sekitar parkiran juga tidak sependapat dengan imbauan itu. Meski hanya sebuah saran untuk berjalan kaki, namun akan sangat kesulitan bila diterapkan ke pegawai kantoran. 

Apalagi, menurut dia, tuntutan tetap waktu menjadi perhatian penting bagi pegawai. Untuk itu, ia menyarankan agar kebijakan itu bisa dikaji lebih lanjut sebelum diterapkan. 

"Bagus juga kita mau ramah lingkungan. Tapi agak sulit bagi pegawai yang datang kantor harus tepat waktu. Ini yang menjadi pertimbangan mendasar," ujar seorang pegawai, meminta namanya tidak diberitakan. 


Kepala Biro Ekonomi Setda NTT Dr. Lery Rupidara mengklarifikasi soal surat Gubernur NTT terkait himbauan Jalan Kaki dalam hal untuk menekan inflasi.

Saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, Lery Rupidara sampaikan bahwa surat himbauan terkait ketentuan aturan jalan kaki dalam hal untuk menekan inflasi tersebut, sudah dikeluarkan dari tanggal 7 November 2022 lalu dan sudah lewat yang juga tidak berlaku untuk sekarang ini.

"Itu himbauannya sudah dikeluarkan dari tahun lalu. Siapa yang bilang itu untuk bulan maret ini. Tidak ada!" kata Lery saat dihubungi POS-KUPANG.COM via telepon, Kamis, 2 Maret 2023 malam. 

Lery juga katakan bahwa Surat tersebut dikeluarkan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat karena memang Gubernur punya tugas untuk menghimbau masyarakatnya.

"Gubernur sebagai pemimpin pasti punya tugas untuk menghimbau masyarakat, kan tidak salah. Sama halnya seperti orang tua di rumah pasti dia menghimbau juga kepada anaknya saat berkendaraan untuk berjaga-jaga," ujarnya.

Menurut Lery, himbauan tersebut hanya untuk masyarakat tertentu saja.

"Masa ke Kios saja pakai kendaraan, kan tidak mungkin. Itu hanya berlaku untuk masyarakat tertentu saja," katanya.

Selain itu, Lery juga sampaikan bahwa himbauan itu pula bersifat positif karena selain untuk berolahraga jalan kaki, juga sebagai bentuk tindakan ramah lingkungan.

"Itukan hal yang positif. Karena selain untuk kita bisa berolahraga jalan kaki, itu juga bentuk tindandakan ramah lingkungan. Kan seperti itu," tutupnya. (Fan)*** poskupang.com






 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama