PMI Asal NTT Meninggal Dunia di Malaysia, Satgas TPPO Polda NTT Selidiki

PMI Asal NTT Meninggal Dunia di Malaysia, Satgas TPPO Polda NTT Selidiki

Satgas TPPO Polda NTT saat ikut menjemput jenazah PMI asal NTT di Kargo Bandara Internasional El Tari Kupang. (Dok. Humas Polda NTT)


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) - Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang atau Satgas TPPO Polda NTT ikut menjemput jenazah Pekerja Migran Indonesia atau PMI asal NTT.

Jenazah PMI asal NTT yang ikut dijemput Satgas TPPO Polda NTT itu dipulangkan oleh Konsulat Republik Indonesia Tawau – Malaysia dan tiba di Terminal Kargo Bandara Internasional El Tari Kupang, Kamis (8/6/2023).

Ikut juga dalam penjemputan itu pihak Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) NTT dan Disnakertrans Provinsi NTT.

Jenazah PMI Asal NTT itu tiba di Kargo BandaraInternasional El Tari Kupang sekitar pukul 13.00 Wita dengan pesawat Garuda dan diterima oleh pihak BP2MI.

Acara serah terima jenazah PMI asal NTT beserta dokumennya itu disaksikan oleh Tokoh Agama, Tim Satgas TPPO Polda NTT beserta Dsnakertrans NTT beserta dokumen – dokumen terkait Jenasah yang berasal dari Konsulat Republik Indonesia Tawau – Malaysia itu.

Selanjutnya jenasah didoakan kemudian dibawa ke RSUD WZ Johannes Kupang untuk ditempatkan sementara sambil menunggu Jenasah dipulangkan kembali ke daerah asalnya di Kabupaten Nagekeo.

Dirreskrimum Polda NTT Kombes Pol Patar Silalahimenjelaskan jenazah PMI Asal NTT itu atas nama Maria Fransiska Deu.

"Tindak lanjut dari terbentuknya Satgas TPPO, baik dari tingkat Mabes Polri maupun wilayah Polda NTT, Satgas bergerak. Berkaitan dengan peristiwa pemulangan ini, kami dari Satgas Gakum melakukan penyelidikan dan diawali pendataan," jelas Kombes Pol Patar Silalahi.

Diungkapakannya, rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah Tim Satgas TPPO Polda NTT akan melakuan koordinasi dengan pihak terkait yaitu, BP2MI Provinsi NTT dan Disnakertrans NTT terkait kepulangan Jenasah tersebut sampai di kampung halamannya di Kabupaten Nagekeo.

"Selain itu, kita akan menindaklanjuti terkait kejadian meninggalnya Almarhum. Maria Fransiska Deu selaku PMI tersebut dengan langkah awal," ungkapnya.

Ia juga menegaskan pihaknya akan terus mengimbau hingga edukasi masyarakat di desa-desa.

Bahkan Satgas TPPO juga mendatangi kantong yang sering digunakan sebagai tempat penampungan sementara PMI," pungkas Dirresrimum Polda NTT.*** victorynews.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama