Informasi Penting Bibit Siklon Tropis 99S Potensial Melanda di Wilayah NTT

Informasi Penting Bibit Siklon Tropis 99S Potensial Melanda di Wilayah NTT



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)BMKG NTT mengeluarkan ramalan cuaca selama 16-22 Januari 2024 itu bercermin dari adanya bibit siklon tropis 99S. 

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Sti Nenot'ek, Kamis 18 Januari 2024 menyebut, wilayah NTT telah berada pada periode musim hujan. Dalam analisis per 16 Januari 2024, pihaknya mengungkapkan terdapat bibit siklon tropis 99S di Baines, daratan Australia bagian utara, sehingga membentuk daerah belokan dan pertemuan angin di NTT. 

"Bibit siklon tropis 99S bergerak ke arah timur, dan kemudian  bergeser ke arah tenggara dan masih bertahan di daratan Australia," katanya. 

Sti Nenot'ek mengatakan, suhu muka laut di wilayah NTT umumnya berkisar antara 29.0 °C – 31.0 °C dengan anomali suhu muka  laut di wilayah NTT berkisar antara -0.5 °C hingga +1.0 °C.

Sedangkan tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1008 – 1012 hPa. Tekanan udara di  wilayah Asia berkisar antara 1012 – 1034 hPa, sedangkan di wilayah Australia berkisar antara 998 – 1022 hPa.

Ia menjelaskan, Madden Julian Oscillation atau MJO berada di posisi kuadran 4, memberikan dampak ke wilayah NTT. Equatorial Rossby terpantau sedang aktif di wilayah Nusa Tenggara Timur, sehingga menyebabkan  meningkatnya intensitas curah hujan di wilayah NTT," katanya.

Menurutnya, kondisi cuaca umumnya berawan – hujan ringan. Suhu udara berkisar dari 19 – 34°C, kelembaban udara berkisar antara 70 – 95 persen, arah angin Variabel Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 20-50 km per jam. 

"Waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat menyebabkan  bencana hidrometeorologi," ujarnya.

Bencana hidrometeorologi yang dia maksud seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya. 

Khusus untuk daerah bertopografi curam atau tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan  dengan durasi yang panjang.

Dia mengimbau mewaspadai sebaran debu vulkanik gunung Lewotobi Laki-laki di wilayah Flores Timur," tambah dia. *

sumber: pois-kupang.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama