[Cek Fakta Hoax] Heboh Kopi Saset Berisi Serbuk Narkoba, Ini Faktanya

[Cek Fakta Hoax] Heboh Kopi Saset Berisi Serbuk Narkoba, Ini Faktanya



Suara Numbei News - Beredar video di media sosial TikTok memperlihatkan kopi saset merek Indocafe Coffeemix yang di dalamnya terdapat serbuk obat-obatan narkoba.

Dalam video berdurasi 1 menit 3 detik itu terdapat sebuah narasi yang menyatakan bahwa kopi saset Indocafe Coffeemix di dalamnya terdapat serbuk obat-obatan narkoba berwarna pink.Video tersebut diunggah akun TikTok @dianaz_780.

Apakah video tersebut benar? Berikut cek faktanya.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, video yang beredar tentang kopi saset Indocafe Coffeemix berisi serbuk narkoba itu adalah salah atau hoaks.

Pihak Indocafe Coffeemix sendiri melalui akun resmi Instagramnya mengklaim bahwa video yang beredar tersebut adalah hoaks. Menurut klaimnya, produk-produk PT Sari Incofood (SIF) diracik dengan penelitian yang mendalam dan ketelitian yang tinggi.

Mereka menjamin kualitas mulai dari penyediaan bahan baku, proses produksi, hingga pengemasan sudah sesuai dengan standar yang ketat. Pihak Indocafe Coffeemix juga mengatakan bahwa mereka akan menjaga kepercayaan masyarakat yang telah dibangun selama ini.

foto: tangkapan layar Instagram 


Kesimpulan:

Video yang beredar di media sosial bahwa di dalam kopi saset Indocafe Coffeemix terdapat serbuk obat-obatan narkoba adalah salah. Musababnya, video tersebut tidak diketahui kejelasan sumbernya.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading content terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


Referensi:

https://www.instagram.com/p/C0EILKSLg9Z/



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama