Kisah Haru, Ibu Muda Melahirkan di Atas Kapal Penyebrangan NTT

Kisah Haru, Ibu Muda Melahirkan di Atas Kapal Penyebrangan NTT

Ibu melahirkan di atas kapal penyeberangan Nusa Tenggara Timur (Beritasatu.com/David Wilson)


Suara Numbei News - Detik-detik menegangkan terjadi di kapal penyeberangan yang ada di Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, ada seorang ibu hamil melahirkan di atas kapal tersebut.

Kejadian menegangkan itu terjadi sekitar pukul 11.00 WITA di atas kapal penyeberangan KM Basa Raya di perairan Tanjung Gemuk Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Diketahui, ibu hamil yang akan melahirkan itu bernama Maria Osin Herin (18). Awalnya, Maria Osin dirujuk dari UPTD Puskesmas Ritaebang menuju RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka dengan menggunakan kapal penyeberangan KM Basa Raya karena letak anak dalam kandungannya tidak normal.

Saat di perjalanan dia merasakan sakit. Lima orang tenaga medis Puskesmas Ritaebang yang saat itu bertugas mendampingi mencoba memberikan pertolongan di atas kapal kayu tersebut.

Alhasil, persalinan dilakukan di tengah guncangan air laut di Selat Gonsalu. Maria Osin Herin akhirnya melahirkan anak perempuan pertama secara normal, bayinya pun selamat dan kondisi sehat.

Yasinta Lewar, salah satu bidan yang membantu proses kelahiran menyebut, bayi tidak mengeluarkan suara tangisan setelah dilahirkan.

Namun berkat keahlian, kerja sama dan penerapan ilmu medis yang baik dari kelimanya, bayi perempuan dengan berat 2,2 kg mengeluarkan tangisan beberapa menit kemudian.

"Kami sempat panik, ketika bayi tidak mengeluarkan suara tangisan. Namun, kami berlima mencoba tetap tenang dan memberi pertolongan sesuai dengan ilmu yang kami punya. Beberapa menit kemudian bayinya baru mengeluarkan tangisan," ujar Yasinta kepada Berita Satu, Selasa (19/3/2024).

Setelah berhasil mendarat di pelabuhan, Maria Osin dan bayi perempuan mendapatkan perawatan lebih lanjut di RSUD Larantuka.

"Ibu dan bayi yang baru melahirkan, saat ini masih dirawat di RSUD. Nanti, akan dipulangkan ke rumah setelah kondisi keduanya sehat," tutur Yasinta. *** beritasatu.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama