Kalau Hanya ada 1 Tuhan, Mengapa di Bumi Ada Begitu Banyak Agama?

Kalau Hanya ada 1 Tuhan, Mengapa di Bumi Ada Begitu Banyak Agama?

Sekitar beberapa hari yang lalu, saya ditanya oleh salah seorang teman saat dia katanya sibuk “membincang” tuhan dengan komunitasnya. Salah satu pertanyaan yang cukup rumit dia jawab adalah pertanyaan melegenda ini, jika memang tuhan hanya satu, kenapa ada banyak agama? Kita perlu membahas beberapa hal dalam hal ini. Saya juga sudah membuat satu tulisan khusus yang membuktikan keesaan tuhan.


 Suara Numbei News Pertanyaan ini saya asumsikan si penanya masih berpendapat bahwa agama diturunkan Tuhan.

Sejatinya, agama bukanlah diturunkan Tuhan. Agama adalah logika manusia yang ditujukan untuk merespon Tuhan-nya. Cara merespon tersebut yang kemudian dijadikan doktrin dan ajaran.

Hal itulah yang menjadikan banyaknya agama, karena manusia punya cara masing-masing dalam merespon sesuatu dan dalam hal ini merespon Tuhan-nya berdasarkan pengertian dan pengalaman spiritualnya.

Sebabnya setiap orang memeluk suatu agama akan menganggap agamanya benar, karena itu didasarkan oleh pengalaman spiritual masing-masing, ajaran orang tua yang tertanam semenjak kecil dan lingkungan agama yang membentuk.

Lalu apa itu kebenaran? Kebenaran sejati bukanlah agama itu sendiri. Kebenaran sejati adalah ketika kita memiliki hubungan erat dengan Tuhan/Pencipta kita, kemudian menjadi peka atas keinginanNya, sehingga di dalam akal budi kita terpancar hikmat makrifat yang benar, karena sejatinya Tuhan memberikan hikmat makrifat melalui roh kita yang memiliki kedekatan denganNya.

Bukan berarti beragama adalah salah. Agama tetap diperlukan untuk mengarahkan, tapi yang terpenting daripada itu adalah "latihlah nurani dan spiritual anda untuk semakin mengenal siapa Tuhan anda dan apa mauNya."

 ***

Keberadaan begitu banyak agama di dunia ini dan klaim bahwa semua agama menuntun kepada Allah jelas-jelas membingungkan banyak orang, yang dengan sungguh-sungguh mencari kebenaran tentang Allah. Biasanya mereka merasa putus asa terhadap kemungkinan apakah mereka dapat mendapatkan kebenaran yang mutlak mengenai topik itu.

Akhirnya, mereka memeluk klaim universalis bahwa semua agama menuntun kepada Allah. Apalagi, kaum skeptik juga memakai fakta adanya begitu banyak agama sebagai bukti bahwa manusia tidak dapat mengenal Allah; atau Dia sama sekali tidak ada.

Roma 1:19-21 mengandung penjelasan Alkitab mengenai mengapa ada begitu banyak agama. Kebenaran Allah dilihat dan dikenal oleh setiap manusia karena Allah membuatnya demikian. Bukannya menerima kebenaran mengenai Allah dan tunduk kepadanya, kebanyakan manusia menolaknya dan memakai cara sendiri untuk memahami Allah.

Namun ini bukannya menuntun kepada pencerahan mengenai Allah, namun kepada kesia-siaan pikiran. Di sini kita mendapatkan dasar dari munculnya "banyak agama.”

Banyak orang yang tidak mau percaya kepada Allah yang menuntut kebenaran dan moralitas, sehingga mereka menciptakan allah yang tidak menuntut hal-hal sedemikian.

Banyak orang tidak percaya kepada Allah yang menyatakan mustahil bagi seseorang bisa masuk surga dengan caranya sendiri. Jadi, mereka menciptakan allah yang menerima orang masuk ke surga kalau orang itu sudah menyelesaikan langkah-langkah tertentu, mengikuti peraturan-peraturan tertentu, dan/atau menaati hukum-hukum tertentu.

Banyak orang tidak menginginkan hubungan dengan Allah yang berdaulat dan Mahakuasa. Jadi, mereka membayangkan allah lebih sebagai kekuatan mistis dan bukannya penguasa yang memiliki kepribadian dan kedaulatan.

Keberadaan begitu banyak agama bukanlah bantahan terhadap keberadaan Allah. Ataupun dijadikan dalih bahwa kebenaran mengenai Allah itu kurang jelas. Sebaliknya, adanya begitu banyak agama menjadi bukti pernyataan penolakan umat manusia terhadap Allah yang esa dan sejati.

Umat manusia telah menggantikan Dia dengan allah-allah yang lebih sesuai dengan selera mereka. Ini adalah usaha yang berbahaya. Keinginan untuk menciptakan allah sesuai selera kita sendiri, yang bersumber dari natur dosa dalam diri kita – pada akhirnya hanya akan “menuai kebinasaan" (Galatia 6:7-8).

Apakah semua agama menuntun kepada Allah? Sebetulnya ya. Semuanya menuntun kepada penghakiman-Nya dengan satu kekecualian. Hanya satu – kekristenan – menuntun kepada pengampunan-Nya dan hidup kekal.

Tanpa mempedulikan agama apa yang dianut oleh seseorang, setiap orang akan menghadap Allah setelah mati (Ibrani 9:27). Semua agama memang menuntun kepada Allah, namun hanya satu agama yang akan menghasilkan pengampunan dari Allah, karena hanya melalui keselamatan melalui iman di dalam Yesus Kristus barulah seseorang dapat menghampiri Dia dengan penuh keyakinan.

Keputusan untuk menerima kebenaran mengenai Allah itu penting karena satu alasan: kekekalan itu akan lama sekali kalau sampai salah.

Itu sebabnya, pemikiran yang benar mengenai Allah begitu penting.

***

Wah.., ini pertanyaan yang sangat pinter. Apakah kalian juga berpikir bahwa ada banyak Tuhan? Mari kita pikirkan perlahan-lahan.

Manusia adalah mahluk yang selalu bertanya. Pertanyaannya mengikuti keingintahuannya. Biasanya keingintahuan itu juga mengikuti perkembangan usia. Seiring bertambahnya usia, semakin banyak hal yang menimbulkan pertanyaan. Apapun dapat ditanyakan. Itulah yang dinamakan kecerdasan manusia. Kalian adalah manusia cerdas. Seumur kalian, bertanya itu sangat penting agar nanti, dalam usia dewasa, kalian merasa lega dan percaya diri menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Nah,  kembali pada pertanyaan kalian, “Mengapa ada banyak agama?” Mari kita pikirkan dahulu keterangan berikut ini, lalu kita peroleh jawabannya setelah itu.

Memang benar bahwa ada banyak agama. Kalian mengetahuinya dari pelajaran dan melihat sendiri bahwa teman-teman dan tetangga di sekitar rumah saja tidak sama agamanya. Karena dunia ini begitu luas, maka ada ribuan agama di dunia. Itu pertanda bahwa manusia memang berbeda-beda. Manusia mencari Tuhan dengan cara yang berbeda. Perbedaan itu adalah hal yang baik, karena membawa kekayaan pengalaman hidup. Jadi kita harus menghormati perbedaan itu, agar kita berpandangan luas dalam pergaulan sesama manusia, dan sebagai sesama warganegara.

Tentu, orang tua kita masing-masing telah mengajarkan cara hidup yang baik pada anak-anaknya. Pelajaran itu diantaranya melalui ajaran agama yang diwariskan turun-temurun. Jadi, ajaran agama bertujuan baik, yaitu sebagai pegangan manusia untuk menjalani kehidupan yang baik.

Agama tumbuh bersama peradaban. Jadi sudah ribuan tahun agama bersama manusia. Ada beragam peradaban di dunia, ada beragam kebiasaan dan beragam cara hidup. Maka masuk akal bila ada banyak agama. Agama adalah kumpulan ajaran yang diwariskan sepanjang sejarah peradaban manusia. Yaitu ajaran tentang cara hidup yang baik menurut masing-masing peradaban. Ada yang percaya bahwa agama itu berasal dari Tuhan. Ada juga yang menganggap bahwa agama itu adalah kumpulan ajaran orang-orang bijak. Para nabi yang mengajarkan kebaikan dan keadilan, misalnya. Ada banyak orang bijak yang ajarannya diikuti banyak orang. Jadi ada banyak ajaran agama. Setiap orang punya pilihan. Tidak ada yang boleh memaksakan, karena setiap paksaan akan menyakiti orang lain. 

Nah, dalam perkembangan peradaban, ada pegangan lain. Misalnya ajaran ilmu pengetahuan. Melalui ilmu pengetahuan banyak pertanyaan tentang alam dan kehidupan dapat dijawab. Misalnya, kalian tentu telah belajar tentang cara terjadinya hujan. Atau, mengapa perilaku menggunduli hutan itu tidak baik bagi kehidupan kita. Itu semua sudah dijawab oleh ilmu pengetahuan. Kita percaya jawabannya benar, karena keterangan ilmu pengetahuan itu masuk akal. Jawaban itu adalah hasil perkembangan pemikiran manusia.

Sebelum ilmu pengetahuan berkembang, agama memegang peran penting dalam menjawab persoalan alam dan kehidupan manusia. Dengan kata lain, agama itu mengikuti keperluan manusia untuk mengatasi kesulitan hidup. Nah, manusia hidup dengan keragaman masalah, dan keragaman cita-cita. Adanya beragam agama menunjukkan bahwa pendapat manusia tidak sama dalam melihat suatu masalah. Maka dapat dikatakan bahwa munculnya beragam agama itu adalah jawaban terhadap beragam persoalan hidup kita.

Yang perlu kita sadari, masih banyak hal mengenai alam dan kehidupan yang belum mampu kita pahami. Kita takjub pada alam semesta, sambil berpikir tentang asal-usulnya, tentang nasib manusia dan alam semesta di masa depan. Tentang hal-hal itulah agama sejak dahulu kala berusaha memberi jawaban. Seringkali jawaban itu terasa kurang masuk akal bila dipandang dari sudut ilmu pengetahuan masa kini. Tetapi manusia tetap memerlukan pegangan untuk memahami persoalan pada suatu masa.

Jadi dapat kita pahami sekarang  bahwa ada banyak agama di dunia karena setiap manusia memiliki keingintahuan yang berbeda di dalam peradaban yang berbeda. Artinya, tidak ada satu jawaban yang pasti tentang masalah-masalah alam semesta dan kehidupan. Karena itu manusia hanya cukup meyakininya saja. Nah, itulah sifat utama agama. Karena keyakinan itu tidak dapat dipaksakan, maka kita harus menghormati keyakinan agama yang banyak itu.

Jadi sekarang kita bisa tambahkan jawabannya. Begini: Karena kita saling menghormati pilihan orang, maka agama tidak boleh dipaksakan menjadi hanya satu. Sebaliknya, bila kita saling memaksakan, maka kita akan saling melenyapkan agama yang beragam itu. Dengan kata lain hilang semuanya. Cobalah pikiran ini kalian diskusikan dengan teman-teman di kelas.

Lalu, apakah berarti juga ada banyak Tuhan? Wah, ini pertanyaan yang lebih pinter lagi. Memang kalian tidak menanyakannya. Tetapi sebagai akibat dari banyaknya agama, tidak salah bila kalian juga mempertanyakan soal ini. Tentu kalian berpikir bahwa setiap agama memiliki Tuhan-nya sendiri, sehingga ada banyak Tuhan. Atau diantara kalian ada yang berpikir bahwa Tuhan itu hanya satu, walaupun cara kita menghormati dan berdoa kepadanya adalah berbeda-beda. Sungguh, semua pikiran itu memerlukan penjelasan yang sulit, bahkan bagi orang dewasa yang berpendidikan tinggi. Jadi, bersabarlah untuk memikirkan soal ini.

Usia dewasa dan meningkatnya pengetahuan akan membuat kalian mampu memberi jawaban yang bermutu terhadap persoalan ini. Persoalan ini disebut persoalan filsafat. Tetapi keberanian kalian mengajukan pertanyaan, sudah menunjukkan tanggung jawab kalian untuk menghadapi banyak pertanyaan hidup, dan mempertimbangkan beragam kemungkinan jawaban. Kelak kalian akan punya jawaban masing-masing, dan saling bertukar pikiran secara bersahabat. Itulah cara hidup yang saling menghormati. Selamat belajar!

 


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama