Stres yang dialami oleh
guru seringkali juga dikaitkan dengan ketidakmampuannya dalam menjaga
kesejahteraan psikologis (psychological
well being) agar tetap baik. Psychological Well Being sendiri dapat
diartikan sebagai keadaan diri seseorang yang dapat merasakan kebahagiaan,
mampu mengoptimalkan kelebihan pada dirinya serta merasakan hidup yang penuh
makna.
Dalam menjalankan
pekerjaannya, seorang guru diharapkan memiliki psychological well being yang
baik karena hal tersebut berpengaruh terhadap kondisinya saat bekerja. Guru
yang memiliki psychological well being
yang baik, dinilai dapat melakukan tugas pengajaran dan mendidik muridnya
dengan lebih baik karena ia dianggap "telah selesai dengan dirinya
sendiri".
Untuk meningkatkan psychological
well being, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan:
1.
Merawat Diri Sendiri (Self Care)
Self
care dapat dilakukan dengan
berbagai cara diantaranya:
2.
Membangun Hubungan Sosial yang Kuat
Dalam membangun
hubungan sosial dengan orang lain, perlu dilakukan beberapa upaya, antara lain:
3.
Mengembangkan Coping Strategies
Terdapat dua bentuk coping
strategies yang perlu dikembangkan, yaitu:
4.
Menetapkan Tujuan yang Realistis
Tentukan goal yang
jelas dan terukur: SMART (Specific,
Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound). Tulislah semua tujuan
yang ingin dicapai. Selanjutnya mintalah feedback pada orang lain untuk
mengetahui apakah tujuan yang ditulis telah memenuhi kriteria dalam SMART.
5.
Melatih Berpikir Positif
Melatih diri untuk
dapat selalu berpikir positif dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:
6.
Mencari Dukungan atau Bantuan Profesional
Dukungan sosial dapat
diperoleh dari keluarga, sahabat, teman kerja dan komunitas. Sedangkan bantuan profesional
dapat diperoleh dari konselor, psikolog, psikiater dan dokter.
7.
Mempraktekkan "Mindfulness"
Mindfulness merupakan
upaya untuk melatih kembali pikiran secara perlahan untuk fokus pada momen saat
ini. Hal ini juga mengembangkan kemampuan untuk sadar dan memberi perhatian
penuh pada momen saat ini daripada berkutat pada masa lalu atau mengkhawatirkan
masa depan. Dalam melatih mindfulness, dapat dilakukan dengan cara:
Latihan dilakukan
setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu selama 10 hingga 15 menit per hari.
Upaya peningkatan psychological well being ini diharapkan
dapat diusahakan secara masif oleh guru yang bersangkutan, pihak sekolah maupun
Dinas Pendidikan setempat. Dengan meningkatnya psychological well being guru,
diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya yang berdampak pada peningkatan mutu
pendidikan siswa.