NTT: Provinsi Peminum Alkohol Terbanyak, Hati-hati Bahaya Aneurisma

NTT: Provinsi Peminum Alkohol Terbanyak, Hati-hati Bahaya Aneurisma

nfografis Provinsi dengan Peminum Alkohol Terbanyak. (Foto : WAG-JEB/Sony)


Suara Numbei News - Beredar luas lewat group WA infografis bahwa Nusa Tenggara Timur adalah urutan pertama provinsi dengan peminum alkohol terbanyak. Dalam informasi  tertera sumber informasi dari Survey Kementerian Kesehatan. NTT menduduki posisi teratas dengan angka 15,2 persen.

Lebih lanjut, urutan kedua sampai ke lima ditempati oleh Sulawesi Utara (11,4%), Bali (9,3%), Maluku (6,85%) dan Papua (6,1%). Tiga provinsi di Papua masuk dalam kategori provinsi dengan peminum alkohol terbanyak.

Selain Papua di urutan ke lima, terdapat Papua Barat Daya dengan urutan ke 6 dengan jumlah peminum alkohol 5,5% dan Papua Barat pada urutan ke 8 dengan jumlah 4,9%. Provinsi di Sulawesi yakni Sulawesi Tengah berada pada urutan ke tujuh, Kalimantan Barat urutan ke-9, dan Gorontalo 4,2% pada urutan ke-10.

Dikutip dari Healthline, Selasa (23/7/2024), minum alkohol dapat meningkatkan resiko aneurisma yakni pecahnya balon pembuluh darah. Kondisi ini akan semakin parah jika peminum alkohol sudah lanjut usia atau memiliki tekanan darah tinggi.

Jika seseorang didiagnosa menderita aneurisma otak, sebaiknya berhenti minum alkohol dan merokok. Karena selain alkohol, rokok juga merupakan penyebab pecahnya balon pembuluh darah. (ST) *** rri.co.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama