Profil Marselinus Ama Ola Pemain Muda IndonesiaAsal NTT yang Kini Jadi Pemain Timnas U19

Profil Marselinus Ama Ola Pemain Muda IndonesiaAsal NTT yang Kini Jadi Pemain Timnas U19

Marselinus Ama Ola , Anak NTT di Timnas U19 



Suara Numbei News - Warga NTT belum banyak yang mengenal sosok Marselinus Ama .

Ia merupakan anak NTT yang bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 . Ia sempat dimaikan oleh pelatih Indra Safrie sebagia pemain pengganti saat Timnas U19 melawan Philipina yang dimanakan oleh Marselinus Ama Ola dan kawan-kawan 6-0

Dikutip dari prohaba.tribunnews.com Marselinus Ama Ola, pemain binaan ASIOP FC, akademi sepak bola Indonesia yang sudah berusia 26 tahun.

Marselinus Ama Ola adalah Pemain muda Indonesia yang tengah meniti karier di Spanyol, mencetak gol untuk klubnya, UD Logrones, dalam kompetisi Juvenil Division de Honor.

ASIOP yang berkibar di Indonesia sejak 1997 memang sedang “menyekolahkan” dua siswanya ke Liga Spanyol.

Mereka adalah Eros Dermawan dan Marselinus Ama Ola.

Nama yang disebut terakhir bahkan sudah mencatatkan debut, plus mencetak gol untuk klubnya, UD Logrones, dalam kompetisi Juvenil Division de Honor (U-19).

Momen debut Marselinus terjadi sepekan lalu, Sabtu (20/1/2024), dilanjutkan dengan gol pertama dalam pertandingan melawan Eibar yang berakhir imbang dengan skor 2-2, Sabtu (27/1/2024).

Berdasarkan informasi yang didapat, Marsel, sapaan akrabnya, baru masuk pada babak kedua.

Dia lantas menyumbang satu gol ke gawang Eibar dan membawa UD Logrones mengantongi satu poin menyusul hasil imbang 2-2.

Sebelumnya, Marselinus menjalani debut bareng UD Logrones dalam laga Division de Honor U19.

Keterampilan dan dedikasinya mulai diuji dalam pertandingan-pertandingan sengit.

Inilah langkah besar dalam kariernya, menandai transisi ke level kompetisi yang lebih tinggi dan menunjukkan bahwa kemampuan Marsel telah diakui oleh pelatih serta staf kepelatihan UD Logrones.

Tidak berhenti di situ, Marsel terus menorehkan prestasi melalui debut promesas bersama Tim Senior Second Team pada Minggu (21/1/2024) dengan skor akhir 1-0.

Dikutip dari Tirto, Marselinus Ama Ola lahir pada 21 Maret 2005. Dengan demikian, usia Marselinus saat ini menginjak 19 tahun. Marselinus diketahui berasal dari Desa Horowura, Kecamatan Adonara Tengah, Flores Timur, NTT.

Sebagai pesepakbola, Marselinus mengawali kariernya di tingkat lokal. Ia bergabung dengan ASIOP Football Academy pada 2016. Di akademi sekaligus klub yang bermarkas di Stadion Madya GBK itu, Marselinus menempa diri.

Permainan Marselinus terus diasah di ASIOP, terutama dengan menu latihan yang sesuai kapasitasnya, yakni penyerang dan winger. Rupanya, Marselinus Ama Ola dianggap cukup berkembang.

Tak ayal, Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Ragunan sempat meminjam jasa Marselinus Ama Ola pada 2019. Sebab, SSB Bintang Ragunan kala itu akan berkompetisi di Liga Kompas Gramedia U14 2019.

Marselinus Ama Ola sempat memperoleh penghargaan individu sebagai pemain terbaik Liga Kompas Gramedia U14 bulan November 2019. Penghargaan itu jadi capaian penting Marselinus di usia muda.

Penghargaan individu lainnya juga diperoleh Marselinus. Pada 2023 lalu, dia menyabet status sebagai pemain terbaik TopSkor Cup National Championship (TCNC) U18 2023. ASIOP juga keluar jadi juara di ajang tersebut.

Label pemain terbaik diberikan pada Marselinus karena dirinya punya kemampuan mumpuni. Tak hanya mencetak gol, Marselinus juga dinilai piawai membongkar pertahanan lawan dan mengirim umpan-umpan akurat melalui skill individunya.

Rampungnya RCNC U18 2023 menandai akhir karier Marselinus di ASIOP. Sebab, pada Oktober 2023, Marselinus hijrah ke Spanyol, tepatnya dengan membela Union Deportiva (UD) Logrones.

Marselinus tidak sendiri pindah ke UD Logrones. Terdapat Eros Dermawan, rekan setimnya di ASIOP, yang juga merapat ke klub tersebut. Keduanya memperkuat UD Logrones U19 yang bersaing di Juvenile D Honora atau kompetisi level tertinggi kategori usia U19.

Selama berseragam UD Logrones, Marselinus pertama mencatatkan debut di level junior pada 20 Januari 2024 dalam laga yang berakhir via skor 2-2. Pada 21 Januari 2024, Marsel pun promosi ke Tim Senior Second Team.

Secara keseluruhan pada musim 2023/2024, Marselinus sudah memainkan 5 pertandingan di Tercera Division bersama UD Logorones. Dari penampilannya tersebut, Marsel mencetak 1 gol.

Marselinus Ama Ola rencananya akan berkarier di Negeri Matador selama satu tahun. Artinya, tahun 2024 diprediksi menjadi tahun terakhirnya. Namun, pengalaman Marsel di Eropa tentu cukup berharga.

Berbekal sepak terjang di benua biru, Marselinus diharapkan jadi aset masa depan Garuda. Terlebih, jalan itu mulai terbuka dengan mengikuti pemusatan latihan Timnas U19 Indonesia untuk Piala AFF U19 2024.


Nama lengkap: Marselinus Ama Ola

Tanggal lahir: 21 Maret 2005

Usia: 19 tahun

Tinggi: 1,78 cm

Posisi: Depan-Tengah, Sayap Kiri

Klub:

- UD Logrones Promesas (2023-2024)

- UD Logrones U19 (2023-2024)

- ASIOP (2016-2023)

- SSB Bintang Ragunan
(berbagai sumber)



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama