Terungkap, 8 Catar Lolos Seleksi Akpol di NTT Ternyata Merupakan Anak Polisi

Terungkap, 8 Catar Lolos Seleksi Akpol di NTT Ternyata Merupakan Anak Polisi

11 calon taruna Akpol lulus seleksi panitia daerah Polda NTT. (Dok. Humas Polda NTT.



Suara Numbei News - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) membeberkan sebanyak 11 calon taruna (catar) lulus seleksi Akpol 2024. Dari belasan catar itu, delapan di antaranya merupakan anak polisi. Anak-anak polisi itu dinyatakan lolos sebagai catar Akpol 2024 melalui kuota reguler dan kuota Mabes Polri.

Selain delapan anak polisi, ada juga seorang anak jaksa, yaitu Brian Lee Sebastian Manurung. Ayahnya merupakan pegawai kejaksaan.

Kabid Humas Polda NTT Ariasandy menegaskan anak-anak polisi itu lulus murni setelah melewati serangkaian tes. Menurutnya, beberapa di antara mereka juga ada yang pernah gagal saat mengikuti seleksi catar Akpol pada periode sebelumnya.

Ariasandy membantah isu korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) kelulusan seleksi catar Akpol tersebut. "Mereka yang lolos itu murni sesuai hasil tes. Bukan karena intervensi, tetapi persiapan yang bagus," kata Ariasandy kepada detikBali, Jumat (12/7/2024).

Adapun delapan anak polisi yang lulus dalam seleksi catar Akpol 2024, antara lain:

  1. Yudhina Nasywa Olivia (Polwan), ayahnya sudah lama bertugas di SPN Polda NTT.
  2. Arvid Theodore Situmeang merupakan anak mantan Kabidkum Polda NTT Kombes Halasan Roland Situmeang yang saat ini menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Hukum Divkum Polri.
  3. Mario Cristian Bernalo Tafuy merupakan anak polisi di Polres Kupang.
  4. Ketut Arya Adityanatha merupakan anak dari Irwasda Polda NTT Kombes I Made Sunarta.
  5. Lucky Nuralamsyah merupakan anak dari AKP Firamuddin yang saat ini bertugas di Ditlantas Polda NTT.
  6. Madison Juan Raphael Kana Silalahi merupakan anak dari Dirkrimum Polda NTT Kombes Patar Silalahi.
  7. Mochamad Rizq Sanika Marzuki merupakan anak dari mantan Dirlantas Polda NTT Kombes Rahmat Hakim. Saat ini, Rahmat menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Gakkum Korlantas Polri.
  8. Timothy Abishai Silitonga merupakan anak dari Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga.

Seleksi Catar Akpol di Polda NTT Jadi Sorotan

Sebelumnya, seleksi catar Akpol Panitia Daerah (Panda) Polda NTT menjadi sorotan publik. Mereka mempertanyakan sedikitnya putra-putri asli NTT yang lolos dalam seleksi Akpol 2024. Dari 11 catar yang dinyatakan, hanya empat orang merupakan warga asli NTT.

Ariasandy menjelaskan enam catar Akpol yang lolos itu masuk ke dalam kuota reguler. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya merupakan anak asli NTT.

"Jadi, ada empat anak asli NTT yang lulus yaitu dua orang Suku Timor, dua orang pendatang tapi lahir besar di sini. Dua orang lagi itu dia ikut bapaknya yang dinas di sini juga," kata dia, Senin (8/7/2024).

Ariasandy menegaskan proses seleksi catar Akpol diawasi ketat oleh sembilan panitia eksternal yang terdiri dari bidang kesehatan, psikologi, dan akademisi. Ia menegaskan nilai yang sudah diperoleh masing-masing peserta tidak bisa diintervensi.

Hasil seleksi catar Akpol yang ramai diperdebatkan di media sosial itu juga disoroti Ombudsman RI Perwakilan NTT. Ombudsman menyinggung keadilan sosial dalam kelulusan calon taruna Akpol tersebut.

"Ini bukan soal anak-anak NTT mampu atau tidak mampu bersaing, tetapi lebih kepada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, hal yang sering diucap Presiden Jokowi untuk membandingkan wilayah Barat dan Timur," ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, Minggu (7/7/2024). *** detik.com

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama