Potret Bersejarah Pak Soeharto Saat Naik Mobil Kijang Jadul, Gagah Betul! (Sejarah Toyota Kijang Dari Generasi ke Generasi)

Potret Bersejarah Pak Soeharto Saat Naik Mobil Kijang Jadul, Gagah Betul! (Sejarah Toyota Kijang Dari Generasi ke Generasi)

Toyota Kijang dijajal oleh Presiden Soeharto (Instagram)


Setapak Rai NumbeiPencinta roda 4 pastinya sudah tak asing dengan nama Toyota Kijang. Mobil ini pernah populer di eranya.

Mobil ini diperkenalkan ketika di zaman kepemimpinan Presiden RI yang kedua, Soeharto.

Mobil ini diperkenalkan pada tahun 1970 bersama acara bertajuk program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna yang dipimpin oleh Soeharto sendiri.

Tujuannya adalah menciptakan kendaraan niaga produksi dalam negeri dengan harga terjangkau sehingga bisa dibeli masyarakat banyak sebagai alat transportasi dan distribusi barang.

Presiden Soeharto dalam memperkenalkan Toyota Kijang di masa itu terbilang tidak main-main.

Hal ini tampak dari potret dirinya ketika sedang merilis Kijang Buaya. Dalam sebuah potret yang dibagikan oleh akun Instagram @jakartaviral, terlihat Presiden Soeharto hadir dalam perilisan Toyota Kijang.

Di samping kanan dan kirinya, terlihat beberapa orang bergerombol untuk melihat lebih dekat dengan Toyota Kijang.

Presiden Soeharto kala itu tengah menjajal mobil tersebut bersama staf-nya.

"Peluncuran mobil KIJANG pertama tahun 1977 oleh Presiden Soeharto." tulis caption di akun Instagram-nya.

Potret ini pun mengundang reaksi dari warganet di kolom komentar.

"Baru tau bertahun2 kepanjangan KIJANG" cuit @respaty_***el

"Baru tau arti kijang yg sesungguhny" tulis @nemikau***com3.


 Lihat Juga:

SPEKTA!!! Pengambilan Madu Hutan Secara Klasik "tanpa mendapatkan serangan dari lebah"

Berpose Bak Model Profesional di Jalan Rusak Penuh Kubangan, Pasangan Suami Istri Ini Sindir Pemerintah: Pernah Jadi Korban Jatuh di Daerah Itu

Tahukah Virus Keterangan Waktu? (By. Ita Sembiring)


Sejarah Toyota Kijang Dari Generasi ke Generasi

Kisah asal mula Toyota Kijang sendiri tidak bisa dipisahkan dari dorongan pemerintah untuk mengembangkan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) di era 1970-an. KBNS adalah kendaraan serbaguna dengan harga yang bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat. Pemunculan nama binatang pada kendaraan niaga ini karena Filipina telah dulu menggunakan nama “Tamaraw” yang berarti kerbau. Maka kemudian dipilih nama “Kijang” untuk menggambarkan kelincahan.

1st Generation 1977 – 1980 : Kijang Buaya

Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Juni 1977 yang hadir dalam bentuk pick up. Setahun kemudian, masyarakat mulai melihat kegunaan lain dari Kijang yaitu untuk mengantar keluarga. Fenomena ini ditangkap oleh sejumlah karoseri dengan membuat bodi minibus untuk Kijang. Masyarakat menerima dengan baik karena Kijang memiliki kabin yang lapang dan hadirnya bonnet (mesin di depan) sehingga lebih memberikan rasa aman. Dari sini lah legenda Kijang sebagai mobil keluarga di mulai.

 


Ciri khas generasi pertama yang mungkin sampai sekarang masih diingat adalah pintu yang tidak disertai dengan jendela melainkan dari terpal atau plastik. Selain itu, hadirnya bonnet atau hidung juga menjadi daya tarik tersendiri karena kala itu kendaraan KBNS lainnya tidak memiliki bonnet. Dengan hadirnya bonnet, membuat pengemudi merasa lebih aman.

 


Selain ciri khas tersebut, Kijang Generasi Pertama memiliki nama panggilan yang cukup unik yaitu Kijang Buaya. Konon julukan ini timbul lantaran struktur kap mesin yang overlap hingga ke sisi bodi sehingga ketika dibuka mirip dengan buaya yang sedang menganga. Generasi ini menggunakan mesin Corolla, 3K 1.200 cc yang memang terkenal ‘bandel’.

 


2nd Generation 1981 – 1985: Kijang Doyok

Pada September 1981, Kijang Generasi kedua hadir dengan bodi yang lebih halus, letak engsel pintu yang tersembunyi, kap mesin yang hanya membuka di bagian atas moncong, serta grille dan permukaan pintu sejajar bodi. Mesin pun mengalami ubahan. Dengan perubahan ini, masyarakat semakin menyadari utilitas dan peran Kijang sebagai mobil keluarga. Mesin yang digunakan pun berubah menjadi 5K 1.500 cc untuk memberikan performa yang lebih baik.

 


Pada tahun 1984, inovasi kembali dilakukan dimana Kijang ‘Doyok’ mengalami perubahan pada grille dan bumper.

Dibanding dengan pendahulunya, Kijang Doyok telah dilengkapi dengan detail yang membuat Kijang terlihat lebih ‘mobil-wi’ – Kijang Doyok sudah dilengkapi dengan jendela kaca dan bukaan pintunya lebih nyaman.

 


Sama halnya dengan Kijang Buaya, penamaan ‘Kijang Doyok’ datang dari masyarakat, dimana nama itu tentu belum ada ketika diluncurkan. Kijang generasi kedua ini dinamakan Kijang Doyok mungkin lantaran sosoknya yang kotak – kotak kerempeng diidentikkan dengan tokoh kartun Doyok di Pos Kota. Bisa juga lantaran baik Doyok maupun Kijang sama – sama populer saat itu dan dianggap ikon potret rakyat Indonesia sesungguhnya.


Lihat Juga:

Banjir dan Longsor (Pray For Tanjung Pinang). Bencana Alam

Tenun, Mahakarya Para Wanita Bumi Timor. (Soru Tais Ema Fehan)

Mengiris Tuak dan Menyuling Sopi (Ko'a tua no teen tua) Gaya Orang Timor di Pinggiran Kota


3rd Generation 1986 – 1996 : Kijang Super

Kijang Super yang diluncurkan pada tahun 1986 memperkenalkan terobosan terbaru dalam proses produksi, yaitu teknologi full pressed body yang dapat mengurangi 2 – 5 kg dempul per mobil. ‘Kijang Super’ hadir dalam dua versi yaitu sasis pendek (KF40) dan panjang (KF50). Fokus pemasaran dari Kijang Super ini juga mulai bergeser dari konsep niaga menjadi kendaraan keluarga.

 


Di tahun 1992, Kijang Grand Extra hadir dengan teknologi Toyota Original Body yang menjadikannya sebagai minibus pertama dengan kualitas bodi bebas dempul setara sedan. Bagian eksterior juga semakin modern dan dinamis, ditunjang dengan perubahan interior seperti desain dashboard baru dan hadirnya AC double blower. Selain itu, terdapat pula penyempurnaan pada karburator.

 


Pada 1995, terdapat improvement dari Kijang sebelumnya, terutama pergantian mesin dari 5K 1.500 cc menjadi 7K 1.800 cc. Dari segi eksterior juga dibedakan dengan hadirnya grille tegak.

 


Kijang Generasi 3 ini berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 dimana terdapat peluncuran Kijang ke 200.000 unit yang bertepatan dengan produksi Toyota ke 500.000 unit.

4th Generation 1997 – 2004 : Kijang Kapsul

Kijang Kapsul yang hadir pada tahun 1997 memiliki perubahan bentuk total dimana Kijang Kapsul tampil lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus. Untuk pertama kalinya, Kijang hadir dalam varian diesel dan transmisi otomatis.



Di tahun 2000, Kijang EFI hadir dengan penyegaran pada lampu, bumper, dan dashboard. Di tahun ini pula Kijang memasuki era baru yaitu mesin dengan teknologi fuel injection.

Kijang Kapsul Facelift 2002 hadir dengan perubahan pada grille, lampu depan, dan lampu belakang yang dilengkapi garnish. Kijang generasi keempat ini semakin mengukuhkan posisi Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia yang sesungguhnya.

5th Generation 2004 – 2015 : Kijang Innova

Tahun 2004 merupakan milestone penting karena Kijang bargabung dengan proyek global IMV bersama Hilux dan Fortuner. Kijang mulai naik kelas, tampilan dari Kijang Innova sama sekali baru menjelma menjadi MPV sesungguhnya.



Walaupun terlihat berbeda sekali dengan Kijang pendahulunya, Kijang Innova tetap memiliki benang merah dengan Kijang Buaya, Doyok, Super, dan Kapsul. Benang merah tersebut adalah adopsi sasis ladder yang membuat Kijang Innova sedikit berbeda dibanding MPV modern lainnya yang menggunakan konfigurasi monocoque.



Kijang Generasi Kelima ini dibekali sejumlah teknologi khas abad ke – 21 seperti mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail, hingga multi information display dan airbag.

Kijang Innova juga memiliki fleksibilitas kabin ala MPV modern dimana jok baris ketiga bisa dilipat menyamping ke arah jendela, dengan yang baris kedua digulingkan sehingga kapasitas bagasi mampu menampung lebih banyak, bahkan 2 unit sepeda gunung.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 lalu, Kijang Innova telah mengalami beberapa kali improvement demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.


Lihat Juga:

Tradisi Menangkap Ikan (Hakoro Na'an We) Secara Tradisional

Engklek (Hakseke, Tetun) Permainan Tradisional. Serunya melompat dengan satu kaki

Serunya Bermain Gasing (Sejarah Permainan Tradisional Gasing)


6th Generation 2015 : All New Kijang Innova

Kesuksesan Toyota Kijang terdahulu dan Kijang Innova hadirkan tantangan bagi Executive Chief Designer Hiroki Nakajima dalam mengembangkan Innova terbaru ini. Dirinya pun sadar, bahwa menghadirkan sebuah kendaraan yang legendaris serta memiliki pelanggan setia tidak lah mudah, terutama di era modernisasi seperti sekarang.



Pengembangan desain Innova terbaru didasarkan pada konsep tough untuk memberikan kesan gagah pada sebuah MPV. Ubahan yang dilakukan sangat signifikan, tanpa melupakan DNA Kijang Innova yang legendaris.

Masih tetap bongsor seperti pendahulunya, namun All New Kijang Innova tampil lebih modern dan lebih terlihat ramping, karena desain yang diterapkan. Masih juga terdapat dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel, namun yang menarik mesin diesel menggunakan yang varian terbaru, dari KD ke GD Series, sama seperti yang digunakan Hilux dan Fortuner. Lebih menariknya lagi, transmisi matiknya 6 percepatan.

Mesin bensin berkode 1TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga 139 ps serta torsi pada 18.7 kgm. Sementara, mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc didukung oleh teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler, menghasilkan tenaga 149 ps serta torsi 34.9 kgm (5-speed M/T) dan 36.7 kgm (6-speed A/T).

Komunitas Kijang

Komunitas atau klub mobil Kijang bisa dibilang senior dalam hal usia. Komunitas Kijang sudah memulai kopdar dari dekade tahun 1990an. Indonesia Kijang Club (IKC) lahir tahun 1998 dan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) lahir tahun 2000 adalah yang pertama dan paling senior diantara komunitas Kijang, dan masih eksis hingga saat ini. Bahkan capther dan anggota mereka hampir tersebar merata di pelosok negeri kita tercinta ini.

Diluar dua dedengkot tersebut terdapat komunitas Kijang lainnya, dianataranya, Innova Community (IC), Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI), Toyota Kijang Kaskus Community (TKKC), Kaskus Innova Owners Community (KIOC), dan masih beberapa lagi.

FOTO : Istimewa dari berbagai sumber

 

Referensi Berita:

https://www.suara.com/otomotif/2021/02/11/145630/potret-bersejarah-pak-soeharto-saat-naik-mobil-kijang-jadul-gagah-betul

https://www.modifisexy.com/sejarah-toyota-kijang-dari-generasi-ke-generasi/

 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama