Punya Beban Berat dan Tidak Ada Harapan atas Persoalan? Yuk, Berdoa Novena Santo Yudas Tadeus!

Punya Beban Berat dan Tidak Ada Harapan atas Persoalan? Yuk, Berdoa Novena Santo Yudas Tadeus!

Ada banyak kesaksian bahwa Tuhan menjawab doa-doa lewat Doa Novena Santo Yudas Tadeus.

St. Yudas Tadeus




Setapak rai numbeiMengutip A. Heuken SJ dalam buku Ensiklopedi Orang Kudus, Santo Yudas Tadeus awalnya adalah seorang petani yang pemberani, teguh, dan jujur. Ia merupakan saudara dari rasul Yakobus dan masih punya hubungan keluarga dengan Yesus.

Menurut tradisi, Santo Yudas Tadeus adalah putra dari Kleopas dan Maria. Ibu dari Santo Yudas Tadeus merupakan sepupu dari Bunda Maria.


Setelah menjadi salah satu dari rasul yang dipilih Yesus, Santo Yudas Tadeus menjadi penyebar Injil yang tangguh di banyak tempat. Catatan itu bisa kita temukan dalam surat pendeknya yang berjumlah 25 ayat di dalam Alkitab.


Santo Yudas Tadeus sering dilukiskan sebagai sosok yang memiliki gambar Yesus di bagian dada dari jubahnya untuk melambangkan kedekatan hubungan mereka.


Digambarkan juga Santo Yudas Tadeus memegang tongkat pemukul yang tebal. Ada pula gambar kudus lain yang melukiskan Santo Yudas Tadeus sedang memegang sebuah kapak.


Konon, menurut tradisi, itu untuk menggambarkan bagaimana Santo Yudas Tadeus menjadi martir, ketika dibunuh dengan cara dipenggal menggunakan kapak.


Mengenai akhir hidupnya tidak ada laporan yang pasti. Namun, ada tradisi yang mengisahkan bahwa Santo Yudas Tadeus bersama Santo Simon orang Zelot wafat sebagai martir di Persia.


Jasad Santo Yudas Tadeus disemayamkan di Basilika Agung Gereja St. Peter di Roma.


Umat Katolik secara khusus menghormati Santo Yudas Tadeus sebagai penolong bagi orang yang menanggung beban berat, yang resah hatinya, dan yang nyaris putus harapan. Peringatan akan Santo Yudas Tadeus dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober.


Umat Katolik sering memohon bantuan doa kepada Santo Yudas Tadeus ketika mereka merasa hampir tidak ada harapan atas persoalan yang dihadapi. Sering kali ada banyak kesaksian bahwa Tuhan menjawab doa-doa mereka lewat apa yang dikenal sebagai Doa Novena Santo Yudas Tadeus.


Devosi kepada Santo Yudas Tadeus mulai dikenal pada sekitar tahun 1800, dimulai dari Italia dan Spanyol. Hal itu makin tersebar ketika banyak orang mengalami pertolongan dan mukjizat.

 

Mengenal Doa Novena Santo Yudas Tadeus


Saya mengetahui doa novena ini setelah diajak oleh orang tua sekitar setahun lalu. Ayah saya sering mengabarkan bahwa beliau selalu mendaraskan doa ini ketika ada ujud tertentu, sekaligus mengajak saya serta kakak beradik dalam keluarga kami untuk melakukan hal serupa.


Akhirnya saya pun mencoba melakukan doa novena ini. Selayaknya devosi novena, novena Santo Yudas Tadeus ini dilakukan selama sembilan hari berturut-turut.


Namun ada yang unik dalam hal aturan waktunya. Dalam beberapa buku panduan, doa novena Santo Yudas Tadeus ini disyaratkan didoakan 6 kali dalam sehari selama 9 hari berturut-turut.


Saya memilih doa pada tiap pukul 06.00, 08.00, 10.00, 12.00, 15.00, dan 18.00. Beberapa kesempatan akan berbarengan dengan jadwal Doa Angelus.


Sedapat mungkin doa novena tetap saya lakukan sesuai jadwal, memanfaatkan pengingat alarm pada telepon genggam, di mana pun saya berada, entah di rumah, kantor, maupun saat kebetulan dalam perjalanan.


Ternyata, ada hal lain lagi yang disebutkan dalam ketentuan doa novena ini, yakni menyalakan lilin setiap hari di gereja serta meninggalkan 9 lembar salinan doa novena di gereja setiap hari. Jujur harus saya akui, untuk kedua ketentuan ini tidak saya lakukan karena beberapa kendala.


Meskipun demikian, saya bersaksi bahwa melalui doa novena Santo Yudas Tadeus ini saya mengalami banyak pertolongan serta mukjizat dari ujud-ujud doa yang disampaikan.


Beberapa ujud yang terkabulkan, misalnya: saudara dan sahabat saya sembuh dari paparan Covid-19; adanya sumber-sumber rezeki di masa pandemi; kembali bisa aktif kerja di kantor; serta beberapa pertolongan lain.


Nazar Khusus


Masa-masa pendarasan doa novena Santo Yudas Tadeus itu sekaligus memunculkan beberapa niat atau janji tertentu dalam hati. Apalagi banyak ujud doa yang telah terkabul.


Puji Tuhan, nazarnya bisa saya laksanakan. Saya menyebarkan kabar tentang doa novena ini kepada orang tua, kakak dan adik-adik saya, maupun kepada saudara-saudari yang lain.


Sampai saat ini, setiap hari saya masih rutin mendaraskan doa novena Santo Yudas Tadeus ini. Jadi, tidak hanya terpaku selama 9 hari berturut-turut. Mungkin ini yang disebut novena abadi?


Puji Tuhan bahwa mukjizat-Nya lewat novena ini terus terjadi bagi diri saya. Terberkatilah Hati Kudus Yesus. Terberkatilah Hati Maria yang Tak Bernoda. Terberkatilah Santo Yudas Tadeus. Di seluruh bumi dan selalu di sepanjang masa.


Jika Anda membaca tulisan ini maka terlaksanalah juga nazar yang lain. Bahwa saya ingin menuliskan kesaksian saya dan dibaca banyak orang. Itulah maklumat yang memuat kesaksian saya tentang doa novena Santo Yudas Tadeus.***


Novena Santo Yudas Tadeus

Rasul yang amat suci, Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, Gereja Semesta menghormati dan memohon kepadamu, sebagai penolong dari masalah-masalah yang tampaknya tidak ada harapannya, hal-hal yang tidak ada jalan keluarnya. Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong.


Aku mohon kepadamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan kepadamu untuk memberikan padaku bantuan nyata dan sesegera mungkin di saat aku merasa bantuan itu hampir tidak ada.


Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan Surgawi atas semua kebutuhanku, masalah, dan penderitaanku, khususnya ………. (sebutkan permohonan Anda) dan sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya.


Aku berjanji, oh Santo Yudas Tadeus untuk selalu mengingat bantuan besar ini, untuk selalu menghormatimu sebagai Rasul yang istimewa dan perkasa di antara kedua belas Rasul lainnya dan untuk meningkatkan devosi kepadamu.


Semoga Hati Yesus yang Mahakudus selalu dihormati, dicintai di semua tabernakel sampai akhir zaman. Semoga Hati Yesus yang Mahakudus dihormati dan dimuliakan sekarang dan selama-lamanya. Santo Yudas Tadeus, doakanlah aku dan dengarlah doaku.


Terberkatilah Hati Kudus Yesus. Terberkatilah Hati Maria yang Tak Bernoda. Terberkatilah Santo Yudas Tadeus. Di seluruh bumi dan selalu di sepanjang masa. Amin.

 








Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama