[Cerita Orang Dalam] Dipaksa Berjodoh Dengan ‘Anak Sultan’ Agar Tetap Hidup Hedon (1)

[Cerita Orang Dalam] Dipaksa Berjodoh Dengan ‘Anak Sultan’ Agar Tetap Hidup Hedon (1)



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Uang menghantarkan kita pada kemewahan yang bikin senang dan bahagia. Dan ternyata, kondisi senang dan bahagia tersebut bikin sebagian orang berada di zona nyaman dan takut melepaskannya.

Sisi positif dari sifat hedonisme ada kok, yakni mengajak kita menikmati hidup dengan senang dan bahagia. Jangan melulu murung dan sedih gitu loh bestie. Tapi hendaknya kesenangan dan kebahagiaan bikin kita semangat menjalani hari-hari dengan giat bekerja.

Ya… giat bekerja untuk menghasilkan uang agar kita bisa menikmati kesenangan dan merasa bahagia. Kalau tidak giat bekerja, ya tinggal gigit jari lihatin orang-orang di sekitarmu hepi-hepi saat belanja, jalan-jalan, atau ngopi-ngopi cantik. Hmmm… atau cari saja pendamping tajir yang mampu kasih ini-itu sesuai keinginanmu. –Lol

Psst. Itu bukan prinsip hidup saya. Tapi itulah yang saya simpulkan dari seseorang yang saya kenal yang ingin banget menjodohkan putri sulungnya dengan cowok muda ‘keturunan sultan’ pasca putus dari pacarnya yang juga masih ‘keturunan sultan’.

Anaknya adalah pemain sinetron dan bintang iklan bernama Sonya. Dari kecil sudah diperkenalkan dengan dunia entertainment oleh sang Mama karena Sonya berwajah cantik kebule-bulean. In my opinion, bakat seni Sonya sebetulnya tidak luar biasa. Bertahun-tahun berakting, karakter yang diperankan tidak beragam. Beberapa kali melihatnya tampil di acara live talkshow, gestur tubuhnya juga sangat kaku!

Pernah sekali waktu, host salah satu talkshow bilang, “Anda bermain sinetron dari masih kecil sampai usia sekarang. Tapi kok gestur Anda sangat kaku, ya. Seperti tidak paham bagaimana berakting. Dan jawaban-jawaban Anda tidak berbobot.” Itu di acara live, lho guys! So sorry, I have to say this.

Sonya berpacaran dengan Axl, anak dari pasangan musisi terkenal. Axl yang duluan suka Sonya, tapi Sonya malah menyukai Kakaknya Axl. Oleh Mama dan manajemen artis, dimanfaatkan untuk mendongkrak pamor. Sonya dipaksa seolah berpacaran dengan Axl. Tak butuh waktu lama hingga akhirnya cinta Axl pada Sonya pun berbalas.

Harus diakui. Nama Sonya lebih dikenal sebagai kekasih Axl ketimbang sebagai artis sinetron. Sering banget saya harus pakai embel-embel, “Itu lho, pacarnya Axl,” tiap kali menyebutkan nama Sonya dalam momen obrolan dengan orang ‘biasa’ bahkan jurnalis sekalipun.

Lalu, datang banyak job buat Sonya sejak berpacaran dengan Axl. Eit… itu diakui Mamanya sendiri, lho. “Selama pacaran sama Axl, tawaran main makin banyak. Iklan teve. Endorsement juga enggak berhenti-berhenti, nih. Ada yang pakai Sonya sendirian, ada juga yang kolabs sama Axl. Gue naikin tarif bayaran anak gue nih.”

Tujuh tahun berpacaran, Sonya-Axl lalu dipaksa putus karena berbeda keyakinan. Dan dua bulan setelah si anak putus cinta, saya bertemu Mamanya. Katanya pada saya, “Ada teman yang mau bantuin gue jodohin Sonya ke Dito Parigi. Itu lho, cucunya yang punya bisnis transportasi, balai pertemuan dan pernikahan, dan hotel. Tahu kan, lo?” Ya, jawab saya.

“Gue kan juga mau dong, anak gue kayak artis A, B, C yang dinikahin pengusaha. Tajir. Enak banget hidup mereka sekarang. Bermewah-mewah tanpa harus capek-capek syuting sinetron lagi. Lagiam anak gue juga terbiasa hidup hedon. Masa terus-terusan kerja keras sampai tua? Kasihanlah. Lo tahu sendiri, gue dan papanya enggak punya kerjaan yang oke banget. Kita bisa begini ya karena Sonya artis! Lo bantu doa ya, biar Sonya bisa pacaran sama Dito!”

Saya diam. Tidak tahu harus merespon apa. Berikutnya saya tahu, sang Mama gencar menjodohkan Sonya dengan Dito Parigi. Siapapun orangnya, yang kira-kira punya kekerabatan atau kedekatan dengan Dito dan keluarganya, pasti disambangi Mama Sonya.

Ini fenomena apa ya, pikir saya. Apakah ini bentuk ketakutan tidak akan merasakan senang dan bahagia lagi karena tidak didukung finansial yang mapan? Mesti abaikan perasaan cinta, kah? Untuk sebagian orang mungkin keinginan Mama Sonya tidak dianggap sebagai sebuah kesalahan.

Saya pun tidak akan menghakimi. Tapi saya tidak mau diatur oleh uang hanya karena ingin hidup hedon. Uanglah yang saya atur sesuai kebutuhan, bukan keinginan, dan saya percaya kesenangan dan kebahagiaan akan mengikutinya.

***

Catatan: Semua nama dalam cerita disamarkan

Ada banyak peristiwa di balik panggung, layar, dan gemerlap lampu sorot. Serial ‘Cerita Orang Dalam’ akan menyajikan suka duka bekerja di dunia entertainment, berinteraksi dengan para pesohor, serta kisah-kisah selebritas yang tidak terungkap ke publik.

Story

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama