Mengenal Juan Diego, Orang Suci Meksiko Pertama

Mengenal Juan Diego, Orang Suci Meksiko Pertama



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Perawan Maria dari Guadalupe atau dikenal juga dengan sebutan Our Lady of Guadalupe atau Virgin of Guadalupe, adalah salah satu dari peristiwa penampakan Maria paling tua yang tercatat dalam sejarah agama Katolik. Peristiwanya terjadi di Meksiko, yang pada saat itu dihuni oleh oleh bangsa Aztek.

Perawan Maria dari Guadalupe sangat populer, bahkan disebut sebagai lambang identitas nasional Meksiko. Umat Katolik dari semua lapisan masyarakat dari paus hingga peziarah mancanegara dan penduduk lokal — telah mengunjungi tempat suci itu jutaan orang setiap tahun.

Pandemi COVID mungkin telah membatalkan ziarah sepanjang tahun 2020, namun itu pun tak mampu mematahkan semangat berziarah. Jadi, bagaimana tradisi Perawan Guadalupe dimulai? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita akan memeriksa Juan Diego, seorang petobat Pribumi abad keenam belas yang dinyatakan sebagai orang suci pada tahun 2002.

Namun sosok Juan Diego menuntun kita untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan. Siapa sebenarnya dia? Apakah dia benar-benar ada seperti yang kita pikirkan? Ini adalah kisah santo Katolik asli Meksiko yang pertama.

Awal Kolonial Katolik Meksiko

Masa kolonial Meksiko (1519-1821) sangat menarik dengan sendirinya. Era tersebut membawa orang Eropa berjumpa dengan salah satu kerajaan Pribumi terbesar di Amerika Utara suku Aztec untuk pertama kalinya. Bagaimana pun, itu adalah pertemuan berdarah. Jutaan orang kehilangan nyawa, terutama di pihak Pribumi.

Perang juga bukan satu-satunya sumber kesengsaraan regional. Penyakit, yang secara tidak sengaja dibawa oleh kolonial yang melintasi Atlantik, merenggut lebih banyak korban. Pada saat Spanyol dan sekutu lokalnya menghancurkan ibu kota Aztec, Tenochtitlán, wilayah yang luas telah diubah menjadi reruntuhan yang tidak berpenghuni.

Meskipun penjajahan Spanyol dengan kekuatan militer memperluas daerah jajahan untuk meraup keuntungan ekonomi, ia juga menyebarkan agama. Raja Spanyol baru saja mengalahkan musuh Muslim di Eropa (tahun 1492), membangun kembali kejayaan Katolik di tanah Iberia. Mereka juga berusaha untuk mengkristenkan “Dunia Baru”.

Para misionaris Fransiskan dan Dominika adalah yang paling awal mencapai “Spanyol Baru” yang baru saja ditaklukkan, hanya beberapa tahun setelah kekalahan suku Aztec. Pada tahun 1531, uskup pertama Meksiko, Juan de Zumárraga, akan bertemu dengan seorang pria Pribumi yang klaim mukjizatnya akan mengubah jalannya sejarah agama Meksiko — Juan Diego.

Sang Visioner Dibalik Tradisi

Tradisi Gereja melukiskan potret Juan Diego dengan sangat rinci. Lahir sekitar tahun 1474, nama aslinya adalah Cuauhtlatoatzin (elang yang berbicara” dalam bahasa Nahuatl setempat). Baru pada tahun 1524 ia pertama kali diperkenalkan dengan Gereja Katolik Roma. Pada usia lima puluh tahun, Cuauhtlatoatzin dibaptis oleh Fransiskan, menjadi Juan Diego.

Pada bulan Desember 1531, Juan Diego sedang melakukan perjalanan jauh, Perawan Maria tiba-tiba menampakkan diri kepadanya di Tepeyac Hill, dekat Mexico City. Perawan Maria berkata bahwa dia ingin sebuah gereja dibangun di atas bukit, menyuruhnya pergi ke uskup kota, Juan de Zumárraga.

Juan Diego melakukan hal itu tetapi tidak mendapat reaksi yang diharapkannya. Zumárraga menginginkan bukti dari penglihatan ajaib ini. Meragukan dirinya sendiri, dia berjalan kembali ke rumah, ketika Maria menampakan diri di hadapannya lagi.

Perawan Maria meyakinkannya dan menyuruhnya mengunjungi kembali Zumárraga keesokan harinya. Sekali lagi, uskup menginginkan bukti, tetapi dia sedikit lebih ingin tahu sekarang. Uskup mengirim rombongannya diam-diam mengikuti Juan Diego, berharap ada tanda dari Perawan Maria di sepanjang jalan.

Penampakan dan Bukti Zumárraga

Juan Diego tidak mengunjungi kembali Zumárraga seperti yang diinstruksikan sebab pamannya, Juan Bernardino sedang sakit keras. Menurut salah satu versi cerita, Juan Diego berusaha menghindari penampakan Perawan Maria di Tepeyac Hill. Ia takut Perawan Maria akan memerintahkannya untuk kembali ke Zumárraga meskipun pamannya sakit. Perawan tetap menampakan diri di bukit.

Juan Diego menjelaskan keadaannya dan yang mengejutkannya, Perawan Maria menawarkan kata-kata penyembuhan. Dia mengatakan kepadanya, “Jangan khawatir, jangan takut akan penyakitnya… jangan biarkan penyakit pamanmu membuatmu khawatir, karena dia tidak akan mati.” Juan Bernardino merasakan mukjizat pada saat itu, penyakitnya disembuhkan. Selain bersyukur atsas penyembuhan itu, Juan Diego pergi untuk mengikuti instruksi Perawan Maria, mengumpulkan bunga dari bukit untuknya. Dia menempelkannya ke tilma(jubah Pribumi Meksiko), dan pergi mengunjungi Zumárraga.

Sekarang uskup akhirnya akan melihat keajaiban itu sendiri. Di istana uskup, bunga-bunga di tilma Juan Diego jatuh, memperlihatkan gambar Perawan Maria di tempatnya. Zumárraga menangis, memohon pengampunan Perawan Maria atas skeptisismenya. Beberapa hari kemudian, dia mengizinkan pembangunan sebuah gereja di Tepeyac Hill, persis seperti yang dijelaskan Juan Diego.

Sumber untuk Juan Diego dan Perawan Maria dari Guadalupe

Sejarawan menganalisis bahan sumber utama; itu membentuk dasar dari karya ilmiah mereka. Namun, sumber utama untuk Juan Diego dan pertemuannya dengan Perawan Maria sulit didapat. Saat ini, tidak ada satu pun yang memiliki tanggal pasti dengan masa hidup Juan Diego sendiri.

Dua sumber dengan tanggal publikasi paling awal yang dikonfirmasi tidak ditulis sampai tahun 1640-an — seratus tahun setelah kematian Juan Diego pada tahun 1548. Apa artinya ini bagi pemahaman kita tentang penampakan Bunda Maria?

Satu sumber, Huei tlamahuiçoltica oleh Luis Laso de la Vega, telah diterbitkan dalam terjemahan bahasa Inggris. Tingkat detailnya menarik, tetapi deskripsi Juan Diego sendiri sering membuat frustrasi.

De la Vega berulang kali menyebut Juan Diego sebagai “orang biasa yang rendah hati” dan “orang biasa yang miskin”. Namun dia tidak pernah memberikan rincian pasti tentang latar belakang Juan Diego. Mengingat status Meksiko sebagai koloni Spanyol baru pada saat itu, dapatkah deskripsi ini diterapkan secara umum kepada semua orang pribumi yang pindah agama?

Pertanyaan Keberadaan dan Kesucian

Selama berabad-abad, telah diterima secara luas di Meksiko dan di antara hierarki Gereja bahwa Perawan Maria benar-benar menanpakan diri pada Juan Diego di Tepeyac Hill pada tahun 1531. Pada tanggal 6 Mei 1990, Paus Yohanes Paulus II membeatifikasi Juan Diego — langkah pertama menuju kesucian di tradisi Katolik. Dua belas tahun kemudian, Paus kembali mengumumkan Juan Diego sebagai orang suci.

Namun, sepanjang perjalanan Juan Diego menuju kesucian, tidak semua orang memiliki kesepemahaman yang sama dengan Paus. Seorang sejarawan dan imam Katolik, mendiang Stafford Poole, berpendapat bahwa Juan Diego tidak pernah benar-benar ada. Bagaimanapun, sumber utama untuk peristiwa Guadalupe ditulis satu abad setelah kematian Juan Diego. Selain itu, tidak ada tulisan dari Uskup Zumárraga yang menggambarkan pengalamannya melihat Perawan Maria di tilma Juan Diego yang bertahan. Dengan kesenjangan dalam catatan sejarah ini, Poole percaya bahwa Gereja akan mengkanonisasi sosok legendaris yang dibuat oleh para imam criollo (kelahiran Meksiko, etnis Spanyol) abad ketujuh belas.

Tokoh agama terkenal lainnya yang mempertanyakan keberadaan Juan Diego adalah kepala biara Meksiko Guillermo Schulenburg. Sebagai operator Basilika Guadalupe, Schulenburg adalah nama besar  meskipun kontroversial dalam Katolik Meksiko. Namun pada Mei 1996, dia diduga mengatakan bahwa Juan Diego adalah “simbol, bukan kenyataan” untuk majalah yang dikelola Yesuit.

Schulenburg kemudian menandatangani surat yang mendesak Paus untuk berhati-hati membuat keputusan pada Juan Diego. Dia mengatakan dengan mengkonfirmasi sebuah legenda akan merusak kredibilitas Gereja. Umat beriman Meksiko sangat marah sehingga Schulenburg harus mengundurkan diri sebagai kepala biara pada bulan September berikutnya.

Pada akhirnya, orang-orang di dalam Gereja Katolik seperti Poole dan Schulenburg tidak berhasil. Yohanes Paulus II mengkanonisasi Juan Diego pada tanggal 31 Juli 2002. Dia melakukan perjalanan ke Mexico City untuk menyampaikan homili terakhir, menetapkan penampakan Perawan Maria sebagai pelindung masyarakat adat di seluruh Amerika. Bagi Gereja Katolik, pertanyaan tentang keberadaan Juan Diego telah ditutup secara permanen.

Lebih dari Juan Diego: Perawan Guadalupe

Dalam dua dekade sejak kanonisasi Juan Diego, perdebatan tentang keberadaannya telah berhenti. Tapi mungkin ini tidak terlalu penting. Pada abad kedua puluh satu, Juan Diego telah menjadi lebih dari sekadar tokoh sejarah.

Di seluruh masyarakat dan sepanjang waktu, cerita cenderung mengambil realitas mereka sendiri. Apakah karakter mereka benar-benar ada atau tidak, mereka menjadi bagian dari sejarah suatu bangsa atau budaya. Juan Diego tidak dapat disangkal merupakan bagian penting dari sejarah Katolik Meksiko. Penampakan Maria yang ajaib dan lingkungan budaya yang kompleks dari awal kolonial Meksiko mengilhami pengikut Kristus sampai hari ini*

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama