Gadis Cantik ini Terpilih Jadi Duta Bahasa, Siap Wakili NTT di Kancah Nasional

Gadis Cantik ini Terpilih Jadi Duta Bahasa, Siap Wakili NTT di Kancah Nasional

Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Yelenri Juana Martha Taosu, terpilih menjadi duta bahasa NTT dalam acara malam penganugerahan duta bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2023. 

Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa NTT ini berlangsung pada Sabtu, 18 Maret 2023 di Hotel Swis Berlin, Kota Kupang, NTT. 

Kepada wartawan, Yelenri mengaku menjadi duta bahasa bukan merupakan ajang euforia semata, namun merupakan tanggung jawab untuk mengharumkan NTT di kancah Nasional.

Yelenri mengungkapkan, untuk sampai pada titik itu, ia telah melewati banyak tahapan dan setiap tahapan memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah persaingan yang semakin ketat antar peserta.  

Foto: Yelenri Juana Martha Taosu dan Rivaldi Yohanis Henuk saat terpilih menjadi duta bahasa NTT (DOMI KARANGORA/NTT EXPRESS)


Meskipun demikian, keseluruhan proses yang tidak mudah ini membuatnya bersyukur. Sebab, dapat menjadi modal dalam menghadapi tanggung jawab yang lebih sulit sebagai duta bahasa. 

"Pertama, kami akan menjalankan  krida yang kami presentasi tadi dan yang kedua, kami bekerja sama dengan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur sebagai mitra untuk mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing," katanya.  

Sebagai duta bahasa NTT, Yelenri mengajak generasi muda di NTT untuk ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian bahasa daerah. Tanggung jawab itu menjadi tanggung jawab moral sebab manusia merupakan makhluk bahasa. 

Yelenri bersama duta bahasa NTT lainnya yakni, Rivaldi Yohanis Henuk akan berkompetisi di kancah nasional. Ajang ini pun nantinya akan memilih duta bahasa nasional. 

 Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, mengatakan kualitas duta bahasa NTT itu akan memberi warna di kanca nasional. Targetnya, duta bahasa NTT masuk dalam lima besar.

 "Target kami awalnya 10 besar, tapi melihat kualitas yang ada seperti ini kami harapkan bisa masuk lima besar", ungkap Elis.

 Di ajang nasional nanti, duta bahasa NTT akan bersaing dengan peserta dari 30 provinsi. Untuk itu, duta bahasa akan dipersiapkan secara matang oleh kantor bahasa. 

 Elis menjelaskan proses pemilihan duta bahasa dilalui dengan beberapa tahap yaitu, seleksi kebahasaan, wawancara, uji kemahiran berbahasa Indonesia, bimbingan teknis (Bimtek) dan unjuk bakat dari peserta.

 Selain itu, ada pula indikator dalam memilih duta bahasa yaitu, keterampilan berbahasa dan krida yang sesuai dengan program kantor bahasa yaitu literasi kebahasaan dan kesastraan, pelindungan bahasa dan sastra, dan penginternasionalisasian bahasa, juga presentasi krida yang baik. 

 "Ketika tiga indikator ini bisa disajikan dengan baik maka mereka bisa terpilih menjadi duta bahasa NTT", jelasnya. 

Terpilih dari 60 Peserta

 Pemilihan duta bahasa NTT ini melibatkan 60 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Meskipun hanya dua yang terpilih mewakili putra dan putri, semua peserta yang terlibat akan menjadi mitra kantor bahasa. 

 Menurut Kepala Kantor Bahasa NTT, program yang dijalankan kantor bahasa baik itu krida bahasa dan kampanye media, selaras dengan program yang diajukan oleh peserta.

 "Nantinya di dalam krida bahasa, mereka bisa memilih apakah di dalam abdi bahasa, jaga bahasa atau niaga bahasa yang bisa mereka pilih untuk kegiatan mereka", jelasnya.

Ia menjelaskan, 60 peserta ini akan terlibat dalam pembuatan konten video sebagai bahan kampanye media yang bersentuhan dengan tiga program prioritas yaitu literasi kebahasaan dan kesastraan, perlindungan bahasa dan sastra daerah serta penginternasionalisasian bahasa.

 Ia berharap, ke depannya pemilihan duta bahasa menjadi ajang yang paling diminati anak NTT dalam rangka memantapkan martabat bahasa indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing.

 Anak Muda dan Pelestarian Bahasa 

 Pemilihan Duta Bahasa NTT merupakan upaya untuk meningkatkan peran generasi muda NTT dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing.

 Hal ini pula bertujuan untuk memperkuat jati diri NTT yang memiliki keragaman bahasa agar dapat beradaptasi dengan arus globalisasi yang kian menempatkan NTT dalam kondisi yang lebih rumit.

 NTT memiliki 72 bahasa, dalam artian bahwa, menjaga kelestarian bahasa merupakan tugas yang tidak muda. Dengan hadirnya anak muda sebagai pioner pelestarian bahasa tentu memiliki fungsi yang cukup signifikan untuk sesama anak muda lainnya.

 Kemajuan teknologi saat ini sangat berpengaruh pada perkembangan suatu peradaban. Anak muda punya peran yang penting dalam hal ini. Sebab, anak muda pula yang melek dengan teknologi masa kini.

 Mereka mampu menahan laju arus globalisasi, bahkan mampu merubah menjadi arus balik dengan tujuan menjunjung tinggi martabat NTT. (***) nttmediaexpress.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama