Ikut Penguburan Jenazah Romo Yakobus Soba, Keluarga: Dia Sudah Tepati Janji

Ikut Penguburan Jenazah Romo Yakobus Soba, Keluarga: Dia Sudah Tepati Janji

MAKAM- Suasana pemakaman Romo Yakobus Soba, Pr di Lingkungan Puspas Maumere, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Kamis 2 Maret 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Jenazah Romo Yakobus Soba, Pr atau yang sering disapa Romo Kobus telah dimakamkan pada siang ini, Kamis 2 Maret 2023.

Romo Yakobus Soba telah dikebumikan di Keuskupan Maumere tepat di samping Kantor Pusat Pastoral (Puspas) di Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Sebelum dikebumikan jenazah Romo Kobus disemayamkan di Gereja Katedral Maumere, untuk diadakan misa pemakaman juga pemberkatan jenazah.

Misa langsung dipimpin Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, langsung didampingi beberapa rekan pastor, serta para diakon.

Pantauan TribunFlores.com, Kamis 2 Maret 2023, dalam Gereja tempat beliau disemayamkan, tampak sejumlah keluarga dan kerabat almarhum turut hadir saat misa pemakaman.

Adik dari almarhum, Nikolaus Nanu, dalam sambutannya mengaku Romo Kobus adalah kakak sekaligus saudara yang sangat rendah hati, tidak banyak bicara namun tindakannya nyata dalam bekerja.

"Sejak sakit awal di tahun 2019, kami keluarga ingin merawatnya di Ende namun beliau selalu menolak dan mengatakan tidak apa-apa saya harus kembali ke paroki karena banyak tugas yang harus selesaikan," jelasnya.

Menurutnya pertemuan almarhum dengan keluarga terakhir pada bulan September tahun 2022 lalu.

"Romo berjanji dengan keluarga akan berkunjung ke Roworeke nanti awal tahun ini, sebelum tutup usia beliau sempat berkomunikasi melalui WA, saya akan ke Ende setelah pulang dari Dendapasar. Dan hari ini dia telah menempati janjinya itu," ungkap Nikolaus sambil mengusap air matanya.

Lanjutnya kini Romo, kakak, kami tercinta sudah bersama Tuhan ditempat yang baru, dan kami yakin ini adalah rencana Tuhan yang indah akhirnya kaka kami dapat menempati janji untuk pulang ke Ende melalui Labuan Bajo sampai tempat peristirahatan yang terakhir yaitu dikebumikan di Maumere.

"Selamat jalan kakaku sampai jumpa ditempat yang baru," tutupnya.

Sosok Senior Visioner

Sebelumnya, Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, memimpin misa pemakaman Romo Yakobus Soba, Pr di Gereja Katolik Santo Yoseph Maumere, Kamis 2 Maret 2023.

Misa dimulai pukul 10.00 wita, dihadiri ribuan umat Katolik di Wilayah Keuskupan Maumere.

Menggunakan jubah serba ungu, Uskup Ewaldus didampingi para imam dan diakon serta putra-putri altar memasuki Gereja.

Mgr Ewaldus mengatakan kehadiran ribuan umat Katolik pagi ini, menunjukkan kecintaan yang begitu besar dari umat kepada almarhum Yakobus Sobe yang lahir di Ende, pada 20 Agustus 1958 itu.

Uskupu Maumere mengatakan sosok almarhum adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab dalam panggilannya sebagai imam.

"Beliau orangnya sangat komit dalam panggilannya sebagai imam, selain itu jika mengerjakan sesuatu tak pernah mengeluh," ungkap Uskup.

Uskup Ewald mengaku banyak pelajaran hidup yang ia dapatkan dari almarhum, sebagai imam senior, bagi Uskup almarhum adalah sosok kakak baginya, selain pribadinya yang baik, Romo Kobus juga sosok yang sangat tegas dan disiplin.

"Semua yang beliau kerjakan selama masa hidupnya adalah bentuk sebuah keteladanan seorang imam senior yang memberikan pelajaran berharga untuk seluruh imam junior," ungkapnya.

Selain itu ia mengaku sangat kehilangan imam senior yang visioner, pekerja keras dan selalu punya cara untuk membangun Gereja, beliau banyak melahirkan beberapa stasi dan rumah pastoral yang ada di Wilayah Keuskupan Maumere.

"Kami sangat kehilangan sosok kakak, imam senior yang sangat visioner. Selamat jalan kakak senior kami selesai sudah tugasmu didunia ini, engkau sudah berjalan bersama Yesus sahabatku," ucap Uskup dengan suara terbata-bata.

Setelah perayaan misa arwah dan pemberkatan jenazah Romo Yakobus Soba akan diarak umat menuju tempat pemakaman para pastor Keuskupan Maumere di belakang Kantor Pusat Pastoral (Puspas) di Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Umat Padati Gereja

Sebelumnya, ribuan umat Katolik di Wilayah Keuskupan Maumere, padati Gereja Katolik Katedral Santo Yoseph Maumere, sambut kedatangan jenazah Romo Yakobus Soba, Kamis 2 Maret 2023.

Mereka datang dari masing-masing Paroki yang ada di Wilayah Keuskupan Maumere, dimana tempat almarhum pernah mengabdikan diri sebagai imam.

Diketahui Romo Yakobus Soba, Pr pernah bertugas di Katedral Santo Yoseph Maumere, Paroki Santo Mikhael Nita, lalu di Paroki Santo Thomas Morus, Paroki Santa Maria Immakulata Lekebai dan beberapa tempat lainnya.

Sosok yang sangat berjasa bagi umat di Wilayah Keuskupan Maumere ini, menghembuskan nyawa pada Senin, 27 Februari 2023 malam. Beliau wafat diusia 64 tahun 7 bulan setelah berjuang melawan penyakit diabetes yang menyerangnya beberapa tahun terakhir.

Kedatangan jenazah awalnya menggunakan pesawat dari Denpasar-Labuan Bajo pada Rabu 1 Maret 2023, sekitar pukul 08.30 wita, peti jenazah lalu dibawa menggunakan jalur darat dari Labuan menuju Maumere.

Saat peti jenazah tiba di Maumere, pada Kamis, 2 Maret 2023, pagi. Kedatangan almarhum Romo Yakobus disambut isak tangis ribuan umat yang sudah menunggu sejak pagi itu.

"Romo, romo e," teriak salah satu umat sambil mendekati peti jenazah tersebut.

Almarhum dianggap sebagai salah satu imam yang rendah hati, totalitas dalam menjalankan tugasnya sebagai imam. Semasa ia hidup beliau pernah membangun banyak Gereja di Wilayah Sikka.

Dalam Gereja tempat beliau disemayamkan, tampak sejumlah keluarga dan kerabat almarhum turut hadir. Termasuk rekan-rekan imam beserta para diakon lainnya.

Tiba di Maumere

Sebelumnya, jenazah Romo Yakobus Soba, Pr tiba di Gereja Katedral Santo Yoseph Maumere, Ibu Kota Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis 2 Maret 2023 pagi.

Jenazah tiba di Gereja bersama rombongan menggunakan kendaraan beroda empat, dan langsung dijemput oleh puluhan umat Katolik di Keuskupan Maumere.

Diketahui sebelumnya jenazah Romo Yakobus Soba, Pr awalnya direncanakan, Rabu, 1 Maret 2023 malam tiba di Gereja Katolik Katedral maumere namun, mengalami perubahan karena faktor cuaca buruk yang melanda NTT.

Sehingga jenazah diberangkat menggunakan pesawat dari Denpasar ke Labuan Bajo, Rabu, 1 Maret 2023 dan akan tiba di Maumere Kamis, 2 Maret 2023 pagi melalui jalur darat.

Kedatangan jenazah ditemani sejumlah imam di Wilayah Keuskupan Maumere, antara lain Romo Epi, Romo Poli Sola dan beberapa imam lainnya.

Setelah tiba jenazah langsung dibawa masuk kedalam Gereja untuk diadakan misa pemberkatan jenazah. Misa dipimpin Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu dan didampingi beberapa rekan pastor.

Direktur Puspas Keuskupan Maumere, Romo John Eo Towa kepada TribunFlores.com, Kamis 2 Maret 2023, mengatakan setelah misa jenazah Romo Kobus akan dimakamkan di lingkungan Pusat Pastoral Keuskupan Maumere (Puspas) di Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. ***flores.tribunnews.com

.


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama