Peringatan dari BMKG Cuaca NTT Hari Ini: Waspada, Pertemuan Angin Picu Hujan Lebat

Peringatan dari BMKG Cuaca NTT Hari Ini: Waspada, Pertemuan Angin Picu Hujan Lebat



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Peringatan BMKG ( Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ) terkait Cuaca NTT Hari Ini 28 Maret 2023. Ada Pertemuan Angin di NTT yang dapat memicu terjadinya hujan lebat di Sejumlah Daerah di NTT hari ini.

Karena itu, BMKG kembali mengimbau Warga NTT untuk waspada terhadap Bencana Hidrometeorologi seperti Banjir, banjir bandang, tanah longsor dan lain-lain sebagai dampak dari hujan lebat hari ini.

Disebutkan Agung, Sejumlah Daerah di NTT yang berpotensi dilanda hujan lebat hari yakni Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan.

Selain itu, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Alor, Lembata, Flores Timur, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya

Kondisi cuaca ini diprediksi akan terjadi hingga 29 Maret 2023 besok.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Senin 27 Maret 2023, mengingatkan masyarakat agar mew aspadai potensi hujan ringan hingga deras yang dapat disertai petir dan angin kencang yang berpeluang melanda berbagai wilayah kabupaten/kota di NTT.

Agung menjelaskan saat ini terdapat daerah belokan dan Pertemuan Angin di NTT.

Kondisi tersebut, kata dia, didukung dengan suhu muka laut yang cukup hangat dan kelembapan yang cukup basah serta labilitas lokal yang kuat sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif) yang menimbulkan hujan ringan hingga deras.

Agung mengimbau warga di daerah-daerah itu agar mewaspadai potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor.

"Waspadai juga kondisi jalanan licin, pohon tumbang, kerusakan atap bangunan dan fasilitas umum lainnya," katanya.

Ia mengatakan, khusus untuk daerah yang memiliki topografi curam atau bergunung patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi waktu yang panjang. (ant/*) *** poskupang.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama