Inilah Perjalanan Karier Kepala BNN NTT hingga Jadi Brigadir Jenderal Polisi

Inilah Perjalanan Karier Kepala BNN NTT hingga Jadi Brigadir Jenderal Polisi

Foto: dok. BNN



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Kepala BNN Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Riki Yanuarfi kini resmi menyandang pangkat Brigadir Jenderal Polisi. Pangkat jenderal bintang satu tersebut ia terima saat mengikuti Upacara Korps Raport kenaikan pangkat di Mabes Polri, yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Pencapaian ini menjadi momentum penting dalam perjalanan karier (saya) sekaligus menjadi semangat baru untuk terus meningkatkan kinerja dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin berat," ujar Riki dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Sebagai informasi, perwira tinggi kelahiran Bukittinggi ini memang dikenal sebagai anggota polisi yang ulet, pekerja keras, kreatif dan memiliki integritas tinggi. Pencapaiannya dalam meraih bintang juga bukan hal yang instan. Riki mengawali kariernya dengan bergabung menjadi As SDM Polri di tahun 1997. Kemudian ia menjadi petugas dalam operasi DOM di Aceh. Riki Yanuarfi selalu melaksanakan seluruh misi dengan sepenuh hati.

Perjalanan karier Riki pun terus melesat. Utamanya setelah bergabung di Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI). Selama bertugas di BNN RI, Riki pernah menjabat sebagai Koorspri Kepala BNN RI era Komjen Pol. Gories Mere, Kepala BNNK Payakumbuh, Kepala BNNK Jakarta Selatan, dan Kasubdit LIngkungan Kerja dan Masyarakat di Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Karena dinilai memiliki kemampuan dalam membina komunikasi di tengah masyarakat, Riki pun diminta kembali ke Polri untuk mengabdi di Polda Banten sebagai Direktur Binmas Polda Banten pada tahun 2020. Dengan jabatan inilah, Riki semakin matang dalam membangun komunikasi dan sinergi dengan masyarakat guna menciptakan kamtibmas yang lebih kuat.

Selanjutnya, Riki kembali dipanggil BNN RI untuk memimpin Bagian Publikasi dan Media Sosial Biro Humas dan Protokol di tahun 2022. Dengan berbekal skill komunikasi yang mumpuni, Riki melakukan konsolidasi dengan jajarannya untuk melakukan serangkaian terobosan.

Sepanjang kariernya BNN, Riki bersama staf berhasil mendorong produksi konten dari segi kualitas maupun kuantitas. Selain itu, ia juga berhasil memandu 2 episode podcast yang menghadirkan narasumber yang terkenal, seperti Raffi Ahmad dan Habib Husein Ja'far.

Setelah berhasil melakukan pembenahan di bidang publikasi dan media sosial BNN RI, Riki mengikuti seleksi jabatan Kepala BNN Provinsi. Ia pun lulus dan meraih jabatan Kepala BNN Provinsi Nusa Tenggara.

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas, BJP Riki Yanuarfi tetap tidak melupakan pendidikan. Saat ini, BJP Riki Yanuarfi merupakan seorang kandidat Doktor di Universitas Pancasila. *** detik.com






Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama