Anak Muda dan Partai Politik (Catatan Suara Akar Rumput)

Anak Muda dan Partai Politik (Catatan Suara Akar Rumput)



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Soekarno pernah mengatakan “Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”.

Dari kutipan tersebut kita disadarkan bahwa, kita harus berani dalam melakukan sesuatu entah itu untuk diri sendiri ataupun untuk negeri ini, karena kunci dari sebuah kemajuan adalah dengan beraninya kita dalam mengambil sikap.

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa hari ini harus mulai sadar dan meyakinkan dirinya bahwa, ada sebuah kekuatan besar yang terpendam dalam dirinya yang harus terpancar menjadi lentera bagi masyarakatnya.

Pemuda harus sadar bahwa dia bagian dari aset terbesar bangsa sekaligus tumpuan harapan yang akan menegakkan kembali cita-cita bangsa ini. Karena pemuda merupakan kelompok elite dari masyarakat yang memiliki kekuatan di dalam dirinya.

Dan kekuatan pemuda itu bagaikan percikan api yang menyala-nyala. Jika api itu dimanfaatkan dengan baik maka akan menguntungkan, jika api itu disalahgunakan maka api itu akan menghanguskan tanpa belas kasihan.

Pemuda bebas mengekspresikan pendapat dan pikirannya. Pemuda dikenal independen dan tidak memiliki ketergantungan kepada siapa pun. Sebab, pemuda dapat berpikir dengan akal jernih, mampu menganalisis persoalan dan siap mempertanggung jawabkan setiap tindakan.

Dalam momentum Pesta Demokrasi atau Pemilu yang akan dating di Tahun 2024. Center For Strategic And International Studies (CSIS) mengungkapkan bahwa, 60 persen generasi muda akan menjadi pemilih di Pemilu 2024. Jumlahnya di prediksi mencapai 114 Juta pemilih.

Akan tetapi dari 60 persen tersebut hanya sedikit anak muda yang masuk partai politik sekitar 1,1 persen, artinya ketertarikan atau minat anak muda untuk menjadi anggota partai politik ataupun sayap partai masih sangat rendah. Sedangkan sistem pemerintahan kita jika ingin berperan sebagai anggota legislatif harus melalui partai politik.

Namun, persoalannya bukanlah pada anak muda, persoalannya adalah di partai politik. Karena partai politik hari ini terlalu pragmatis dan oportunis.

Bisa dilihat dari menjaring para bacaleg, partai politik hari ini tidak tertarik kepada orang-orang yang secara kemampuan leadership dan kualitas intelektual pribadinya yang bagus.

Partai politik hari ini sengaja menjaring orang-orang yang secara personal dirinya populer dan mempunyai finansial yang cukup secara ekonomi, karena itu sangat membantu dalam menaikkan elektabilitas atau suara partai agar menang dalam pemilu.

Makanya banyak hari ini artis yang mencalonkan sebagai anggota legislatif dan bergabung ke dalam partai politik bukan karena dorongan secara moril.

Dalam kontestasi politik itu sah saja dan tidak dilarang oleh undang-undang. karena itu bagian dari strategi partai agar menang dalam pemilu.

Tetapi secara prinsip, partai politik hari ini tidak memiliki value dalam berdemokrasi, ideologi hanya dijadikan cover untuk cawe-cawe dalam menarik simpati masyarakat.

Tidak ada lagi pertarungan gagasan yang dibangun, atau bisa dibilang partai politik hari ini terlalu egois. Itu lah mengapa anak muda hari ini sangat minim kepercayaan terhadap partai politik.

Di sisi lain partai politik memberikan ruang kepada anak muda untuk tampil di atas panggung, tapi tampil bukan sebagai penentu kebijakan. Mereka diberikan ruang untuk tampil sebagai pion/alat dalam meraup suara partainya.

Makanya jangan heran ketika anak muda tampil di atas panggung, tapi tidak punya pengaruh apa pun di dalam. Jika diibaratkan dalam sebuah permainan catur, anak muda adalah pionnya, dia tidak bisa bergerak bebas ke kiri maupun ke kanan, juga tidak bisa mundur ke belakang.

Mereka berkuasa tapi tak punya kuasa. Jika anak muda dianggap sebagai lokomotif perubahan dalam menjaga nilai demokrasi, perannya bukan berdiri di depan pintu gerbang. Akan tetapi masuk ke dalam merebut narasi, bertarung ide dan pengaruh di dalam.



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama