Inilah Strategi 'Pawang Hujan' dari Udara Amankan Cuaca Labuan Bajo NTT Saat KTT ASEAN

Inilah Strategi 'Pawang Hujan' dari Udara Amankan Cuaca Labuan Bajo NTT Saat KTT ASEAN



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan kegiatan modifikasi cuaca dalam rangka menghadapi musim kemarau tahun 2023 yang di prediksi akan lebih kering karena dampak dari El-Nino. Hal ini dilakukan untuk mitigasi bencana kekeringan dan kebakaran hutan.

Modifikasi cuaca ini dilakukan di berbagai tempat di Indonesia. Salah satunya di langit Labuan Bajo, modifikasi cuaca ini juga dilakukan untuk pengamanan pelaksanaan KTT ASEAN ke 42.

PT Smart Cakrawala Aviation ditunjuk BNPB sebagai maskapai yang membantu operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC). Maskapai itu melakukan operasi TMC di sekitar wilayah Nusa Tenggara Timur.

Operasi TMC dimulai pada hari Selasa Tanggal 9 Mei 2023 selama 4 (empat) hari, dan penerbangan dilaksanakan dari Posko yang ditempatkan di Bandara Udara Lede Kalumbang Nusa Tenggara Timur.

"Armada udara PT Smart Cakrawala Aviation telah siap melaksanakan TMC berbasis flare dengan rack mounting flare berkapasitas 24 pcs flare, 1 pcs flare setara dengan 500-700 kg bahan semai powder, dan TMC berbasis powder dengan daya angkut mencapai 800 - 1000 Kg bahan semai," tulis Smart Cakrawala Aviation dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

Smart Cakrawala Aviation saat ini memiliki 20 (dua puluh) pesawat sendiri jenis Cessna Grand Caravan 208/208B dan Pilatus PC-6 Porter. Pesawat terbang tersebut dapat digunakan sebagai wahana utama dalam penyemaian awan (cloud seeding) berbasis bahan semai flare maupun berbasis powder.

Selama melaksanakan misi penerbangan TMC Divisi TMC Smart Aviation didukung satu pesawat PK-SNS melakukan Penyemaian awan menggunakan bubuk powder berukuran mikron di punggung awan-awan yang berpotensi hujan di atas Labuan Bajo.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam keterangan yang sama menyatakan modifikasi cuaca ini perlu dilakukan guna memperlancar berjalannya acara KTT.

"Terutama saat makan malam outdoor para pemimpin negara," kata Moeldoko. *** detik.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama