Inspiratif! Pemain Bali United asal NTT Yabes Roni Sandang Gelar Magister Olahraga dari UNY

Inspiratif! Pemain Bali United asal NTT Yabes Roni Sandang Gelar Magister Olahraga dari UNY

Pemain Bali United asal Alor, Nusa Tenggara Timur, Yabes Roni. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Di tengah kesibukan berlatih dan bermain sepak bola di klub Bali United, pemain asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Yabes Roni Malaifani  tetap menempuh pendidikan S2 Olahraga di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pemain asal Alor, Nusa Tenggara Timur ini akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan S2 dan dinyatakan resmi menyandang gelar magister olahraga.

Menurut pemain yang sejak tahun 2015 di Bali United ini, pendidikan adalah hal yang tak akan mati dan menjadi sebuah bekal abadi bagi generasi penerus bangsa.

Meski sudah menjadi seorang atlet profesional terutama di bidang sepak bola yang sangat tinggi nilai jual dan ketenaran, Yabes Roni tak ingin mengesampingkan pendidikan.

Sebelumnya, pemain kelahiran 6 Februari 1995 ini juga sukses menamatkan diri di gelar Sarjana Olahraga di kampus yang sama.

Mantan pemain Timnas Indonesia U19 ini mengambil penelitian tesis dan ujiannya seputar tentang klub Bali United yang dibelanya sejak tahun 2015 ini.

Judul penelitian Tesis dari Yabes Roni ialah “Studi Korelasi Antara Kecepatan, Kelincahan, Power Tungkai, dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepak Bola Bali United”.

Pemain generasi pertama di klub pulau Bali ini ingin mengabdikan diri di dunia pendidikan kelak ketika gantung sepatu dengan aktif berbagi ilmu pendidikan dan pengalamannya kepada orang lain.

Apalagi dengan prestasi yang dimiliki Yabes ingin membagikan semua kesuksesan yang ia peroleh itu dengan sebuah pengajaran sebagai seorang dosen di kampung halamannya. Itu menjadi niat mulianya.

"Semoga ilmu ini nantinya bermanfaat bagi saya setelah menjadi pemain bola dan pulang ke Kupang jadi dosen ajarkan secara teori dan bisa dipraktikkan kepada adik-adik dan teman-teman kepada semua yang membutuhkan," ungkap Yabes Roni kepada awak media, Sabtu (29/7/2023).

Yabes Roni membangun karier profesionalnya bersama Bali United dan hingga saat masih memperkuat Bali United sejak 2015 lalu, setelah mengasah skill-nya di Persap Alor di kampung halamannya.

Musim 2023/2024 ini dari 4 laga yang sudah diarungi Bali UnitedYabes Roni yang tampil dalam 1 caps mampu mengantar Bali United meraih kemenangan 2-1 saat bertanding melawan Madura United.

Lima tahun bersama Bali United, Yabes Roni, pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini sudah mengoleksi sebanyak 121 caps dengan mengemas 7 gol dan 8 assist.

Kabar terbaru saat laga menjamu Dewa United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Ginyar, Sabtu (29/7/2023), Yabes Roni sedang dibekap cedera sehingga harus absen. (ian)

 

Dua trofi bersama Bali United

Pemain Bali United FC ini memiliki nama lengkap Yabes Roni Malaifani. Pria berusia 28 tahun itu dilahirkan di sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara pada 6 Februari 1995.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Yabes Roni sempat menimba ilmu sepak bola di PS KDP pada tahun 2010. Saat itu usia striker sayap kanan dan penyerang depan itu masih berusia 15 tahun.

Dua tahun berselang, ia pindah ke tim lokal Persap Alor. Namun, kontribusinya dalam tim tersebut hanya berjalan semusim.

Di sepanjang kariernya di Bali United, ia berhasil menjuarai dua trofi Liga 1, yakni pada musim 2018 dan 2021. Klub yang bermarkas di Stadion I Wayan Dipta itu merupakan klub profesional pertama bagi Yabes Roni.

Ia bergabung dengan Bali United pada tahun 2015 silam. Selama itu pula, Yabes Roni menjadi salah satu pemain andalan di lini penyerangan sektor sayap.

Bermain dalam 7 musim, pemain asal Alor NTT itu sukses tampil dalam 118 laga dengan 7 gol dan 6 assist bersama Bali United.

Tak sampai di situ, Yabes Roni pun telah mengantongi 8 caps di level Timnas. Yabes Roni pun pernah menjalani laga debut Timnas Indonesia saat menang dengan skor 0-2. Dalam laga tersebut, Yabes Roni menggantikan posisi Irfan Bachdim.

Setelah meraih gelar Magister di Universitas Negeri Yogyakarta, Yabes Roni mengaku ingin menjadi dosen setelah pensiun sebagai pemain sepak bola. *** lombok.tribunnews.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama