Warga di Kupang Sebut Ada Fakta Mengerikan di Balik Kasus Video 19 Detik Bacaleg NasDem NTT

Warga di Kupang Sebut Ada Fakta Mengerikan di Balik Kasus Video 19 Detik Bacaleg NasDem NTT

Bacaleg NasDem NTT Viral Usai Video 19 Detik Tanpa Busana 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Warga menyebut ada fakta mengerikan di balik viralnya kasus Video 19 detik yang diperankan salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai NasDem NTT.

Kasus video 19 detik Bacaleg NasDem NTT yang menggegerkan publik Flobamorata itu muncul pada pekal lalu. Kemunculan video syur itu tak hanya mencoreng nama baik pribadi dan keluarga, tetapi juga merugikan partai besutan Surya Paloh yang akan berkontestasi. 

Alex Pandang, seorang warga di Kupang dalam postingan yang viral pada aplikasi Tiktok, menyebut bahwa pola dan kronologi kasus viral video 19 detik Bacaleg Nasdem NTT itu dapat diindikasikan sangat terorganisir. 

Video TIktok Alex Pandang itu disukai oleh 5.947 akun dengan 202 komentar pada Minggu (27/8/2023) sore. Video Tiktok itu juga disimpan sebanyak 962 kali dan dibagikan sebanyak 1.087.   

Alex dalam kontennya mengaku mendapat informasi valid dari orang yang berada dalam lingkaran terdekat dari MRRH, pemeran video 19 detik itu. 

"Kejadian ini baru sekarang saja viralnya, tapi kejadian ini sesungguhnya sudah berlangsung dua atau tiga bulan lalu," kata dia. 

Menurut dia, viralnya video 19 detik Bacaleg NasDem itu berawal dari transaksi foto bugil antara korban dan pelaku penyebar video syur itu.   

"Korban awalanya diumpan dan diiming-imingi untuk kirim foto (bugil) dan dibayar. Korban termakan iming-iming, lalu mengirimkan foto kepada pelaku dan ditransfer (uang dari pelaku)," ujar dia.

Menurutnya, korban mengirim foto sebanyak dua kali dan menerima bayaran dari pelaku. 

"Sampai yang ketiga (pelaku) minta dikirimi video dengan iming iming bayaran yang lebih besar atau dua kali lipat. Setelah video dikirim pelaku malah mengancam korban," lanjut dia.  

Pelaku saat itu mengancam apabila tidak dikirimi uang sebanyak dua kali lipat dari yang pernah ditransfer oleh pelaku maka pelaku akan menyebarkan videonya.  

Karena tidak mentransfer uang seperti yang diinginkan pelaku maka video bugil tersebut akhirnya disebar sehingga viral. Akibatnya, MRRH yang telah tersdaftar sebagai bacaleg dalam DCS pun mengundurkan diri. 

"Ini akibat fenomena gaya hidup mewah, hedon, sehingga mudah diiming imingi," kata dia.  

Masyarakat pun diharapkan dapat belajar dari kasus tersebut, apalagi  jika melihat dari pola dan kronologi kasus yang memang terorganisir. "Kita patut belajar dari peristiwa ini," sebut dia.  

Sebelumnya diberitakan, calon legislatif Partai NasDem atau Caleg NasDem di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang viral akibat video bugil resmi mengundurkan diri dari partai besutan Surya Paloh itu.

Pengunduran diri dilakukan caleg perempuan berinisial MRRH usai vodeo 19 detik miliknya viral di medsos dalam beberapa hari belakangan.

Video 19 detik itu yang menampilkan perbuatan tidak senonoh caleg Nasdem NTT itu menjadi perbincangan di berbagai grup facebook, instagram dan whatsapp di Kota Kupang, ibukota NTT.

Adapun video bugil itu diawali dengan gambar sosok MRRH yang menggunakan jas berlogo Partai NasDem dengan tulisan "Calon Anggota DPRD Provinsi NTT Periode 2024-2029 Dapil NTT I: Kota Kupang."

Adapun slogan kampanye "Bersatu-Berjuang-Menang" juga tampak dalam gambar itu.

Penelusuran POS-KUPANG.COM, nama MRHH masuk dalam daftar calon sementara (DCS) yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinisi NTT (KPU NTT).

MRRH merupakan caleg nomor urut 4 Partai NasDem dari daerah pemilihan NTT 1 (Dapil NTT 1) yang meliputi Kota Kupang.


Sikap DPW NasDem NTT

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Raymundus Sau Fernandes mengungkapkan bahwa MRRH sudah mengungdurkan diri.

"Dia sudah mundur dari caleg pada tanggal 19 Agustus 2023 lalu," sebut Raymundus Sau Fernandes ketika dikonfirmasi, Selasa 22 Agustus 2023.

Menurut Raymundus Sau Fernandes, sebelum partai memberikan sanksi, MRRH lebih dulu mengundurkan diri. Mantan Bupati Timor Tengah Utara ini menegaskan bahwa saat ini MRRH bukan lagi anggota Partai NasDem.

MRRH juga mundur dari posisinya sebagai staf di Kantor DPW NasDem NTT. Raymundus Sau Fernandes mengaku sudah memiliki kader yang akan menggantikan posisi MRRH.

"Karena statusnya baru masuk Daftar Calon Sementara, maka masih bisa kita ganti kalau ada masalah. Saat ini sudah ada kader penggantinya," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan sekretaris DPW Nasdem NTT Yusak Meok. Ia mengatakan MRRH sudah mengundurkan diri sebagai bacaleg DPRD NTT. Selain itu, dirinya juga telah mengundurkan diri dari staf sekretariat DPW NasDem. hal itu dilakukan dia sejak Sabtu (19/8/2023) kemarin.

ideo 19 Detik Tanpa Busana 

"Hanya mengundurkan diri begitu saja," ungkap Yusak tanpa merinci lebih lanjut.


Postingan Medsos Hilang

Pasca beredar video 19 detik miliknya, postingan postingan di akun Instagram miliknya juga hilang.

MRHH selain dikenal sebagai Caleg NasDem NTT, juga dikenal sebagai salah satu selebgram yang memiliki pengikut hingga 39,6 ribu orang.

Diamati pada Kamis (24/8/2023) sore, akun tersebut tidak lagi memiliki postingan apapun. Sementara itu, hingga saat ini belum ada pihak terkait yang menjelaskan soal video itu, termasuk MRRH. (*) poskupang.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama