Ketahuilah 5 Trofi Termahal dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

Ketahuilah 5 Trofi Termahal dalam Sejarah Sepak Bola Dunia



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Memenangkan pertandingan dan memenangkan trofi adalah tujuan utama dari setiap tim sepak bola. Sepak bola telah menjadi olahraga paling populer di planet ini dan piala dari sebagian besar turnamen terkenal dapat dikenali oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Tidak ada perasaan yang lebih baik bagi sebuah tim sepak bola selain membawa pulang trofi ikonik di akhir turnamen.

Sebagai olahraga yang paling banyak diikuti di dunia, ada banyak uang yang diinvestasikan dalam ‘permainan indah’ ini. Jadi tidak mengherankan jika trofi ikonik dalam sepak bola ini memiliki nilai yang besar dalam hal jumlah uang.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima trofi termahal dalam sepak bola dunia.

5. Serie A – €55,000

Trofi Serie A yang diberikan kepada pemenang kompetisi kasta tertinggi Italia di setiap akhir musim berharga €55,000. Trofi ini dinamakan “Coppa Campioni d’Italia” dan telah digunakan sejak musim 1960-61.

Namun hingga tahun 2004, trofi tersebut tidak pernah diserahkan kepada tim pemenang di stadion. Trofi tersebut biasanya dikirim ke kantor pusat klub pemenang. Tradisi tersebut berubah pada tahun 2004 dan sejak saat itu, para pemenang Serie A diberi kesempatan untuk mengarak trofi di sekitar stadion.

Meskipun Liga Premier adalah liga terkaya di dunia, trofi Serie A adalah trofi liga termahal di Eropa. Hal ini seharusnya bisa memberi tahu Anda sedikit tentang seberapa besar orang Italia menghargai hal-hal ini.

4. Piala Afrika – €127.000

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, telah menerima banyak kritikan baru-baru ini karena menyebut ‘Africa Cup of Nations’ sebagai sebuah turnamen yang ‘kecil’. Pelatih asal Jerman ini membela diri dengan mengatakan bahwa ia tidak bermaksud untuk meremehkan turnamen tersebut dan bahwa kutipan tersebut diambil di luar konteks.

Meskipun apa yang dikatakan Klopp mungkin benar, Anda tidak dapat menyalahkan orang Afrika yang tersinggung dengan komentar seperti itu. Bagaimanapun juga, Piala Afrika adalah salah satu kompetisi sepak bola kontinental paling bergengsi di dunia.

Nilai sebenarnya dari trofi Africa Cup of Nations adalah cerminan yang adil dari betapa pentingnya gelar ini. Trofi Piala Afrika bernilai €127,000 dan lebih dari dua kali lipat lebih mahal daripada trofi Serie A yang berada tepat di belakangnya dalam hal nilai.

3. Ballon d’Or – €508,000

Selain semua uang yang ia dapatkan dari gaji dan dari kesepakatan sponsor, Lionel Messi juga memiliki lebih dari €3,5 juta dalam bentuk trofi Ballon d’Or di lemarinya. Benar, penghargaan individu paling bergengsi dalam sepak bola ini bernilai lebih dari setengah juta Euro.

Ballon d’Or dianugerahkan oleh majalah berita Prancis, France Football, dan diberikan sebagai penghargaan kepada pemain dengan performa terbaik di dunia sepak bola selama satu tahun. Lionel Messi memenangkan Ballon d’Or untuk ketujuh kalinya tahun ini dan selangkah lebih dekat untuk mengukuhkan statusnya sebagai sang GOAT.

Trofi Ballon d’Or cukup megah dan dilaporkan memiliki berat sekitar 12 kg. Trofi ini memiliki dua lempengan kuningan yang diembos agar terlihat seperti bola. Dilaporkan bahwa piala ini dipahat untuk memberikan bentuk bulat sebelum dilapisi dengan emas murni agar terlihat megah.

2. FA Cup – €1 million

Nah, inilah sedikit kejutan. Piala FA, yang merupakan kompetisi piala sistem gugur terbesar di Inggris, memiliki piala termahal kedua di dunia sepak bola. Trofi ini telah memiliki dua desain dan ada lima trofi yang sebenarnya.

Yang sekarang ini adalah replika dari desain tahun 2014 yang terbuat dari 6,3 kg perak sterling. Merek mewah asal Inggris, Thomas Lyte, membutuhkan waktu 250 jam untuk membuat peralatan perak yang megah ini.

Arsenal adalah tim tersukses dalam sejarah Piala FA. Mereka telah memenangkan gelar tersebut sebanyak 14 kali. Manchester United berada di posisi kedua dengan 12 Piala FA di lemari mereka.

1. FIFA World Cup – €17 million

Sudah sepantasnya jika trofi terbesar dalam sepak bola adalah yang termahal di antara semuanya. Piala Dunia FIFA adalah trofi termahal di dunia sepak bola dan bahkan bukan sebuah kompetisi. Nilai riilnya mencapai €17 juta yang luar biasa.

Piala ini memiliki 18 karat emas dan terdapat dua tali yang terbuat dari Malachite di dasar piala. Beratnya 6,1 kilogram. Trofi ini sangat megah dan bagian utamanya menampilkan dua figur manusia yang sedang memegang bola dunia (Bumi).

Ini adalah trofi yang paling dikenal di dunia sepak bola dan kita akan melihatnya berpindah tangan sekali lagi di Qatar pada tahun 2022.*

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama