Mahasiswa Asal NTT di Roma Hadiahkan Songkok Songke Manggarai kepada Paus Fransiskus

Mahasiswa Asal NTT di Roma Hadiahkan Songkok Songke Manggarai kepada Paus Fransiskus

Mahasiswa asal Indonesia, Frater Andrew Evaldo yang sedang studi di Roma menghadiahkan Paus Fransiskus dengan topi Songkok Songke Manggarai, Minggu, (22/10/2023) (KOMPAS.com/Dok Frater Andrew Evaldo)(KOMPAS.com/Dok. Frater Andrew Evaldo))


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Andrew Evaldo, mahasiswa asal Indonesia yang sedang studi agama di Roma, Italia, menghadiahkan sekaligus mempromosikan songkok songke khas Manggarai kepada Paus Fransiskus saat audiensi pada Minggu (22/10/2023).

Andrew Evaldo merupahan seorang frater, panggilan calon imam Katolik yang sedang belajar filsafat dan teologi. Andrew Evaldo berasal dari Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sedang belajar di Roma. Foto Evaldo saat menghadiahkan songkok songke khas Manggarai kepada Paus Fransiskus viral di media social.

Saat dikonfirmasi Kompas.com pada Minggu malam pukul 23.00 Wita melalui pesan WhatsApp, Evaldo menceritakan pertemuannya dengan Paus Fransiskus. Evaldo mengatakan, pertemuan itu dalam rangka hari misi sedunia.

 "Kami tinggal di Collegio (seminari) yang ada di bawah dikasteri tahta suci untuk evangelisasi. Yang tinggal di Collegio kami ini para frater dari tanah misi (Asia, Afrika, dan Amerika Latin). Jadi, dalam rangka hari misi sedunia tahun ini, kami diberi kesempatan untuk bertemu Paus Fransiskus, juga karena beliau adalah pemimpin langsung untuk dikasteri evangelisasi," jelasnya.

Evaldo mengaku diminta bertemu dengan Paus Fransiskus dengan pakaian tradisional dari negara masing-masing.

"Saya memakai baju putih dan kain lipa songke khas Manggarai serta memakai destar di bagian kepala. Tas songke. Dan diizinkan memberi hadiah untuk Paus Fransiskus. Kesempatan yang langka ini, saya menghadiahkan Paus Fransiskus dengan topi songkok songke Manggarai," jelasnya.

Sebelum menempuh studi filsafat di Roma, Evaldo belajar filsafat di IFTK Ledalero, Maumere, Kabupaten Sikka. Setelah selesai belajar filsafat IFTK Ledalero, Evaldo melaksanakan praktik tahun orientasi pastoral (TOP) di SMAK Santo Klaus Kuwu Manggarai.Kemudian, ia melanjutkan studi di Roma. Evaldo adalah calon imam Keuskupan Ruteng di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. *** kompas.com




Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama