Selain Cuaca, Infrastruktur dan Rendahnya Produksi Jadi Tantangan Sektor Unggulan Daerah di NTT

Selain Cuaca, Infrastruktur dan Rendahnya Produksi Jadi Tantangan Sektor Unggulan Daerah di NTT



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Sebagai sektor unggulan yang memiliki kontribusi besar terhadap PDRB serta mampu menyerap jumlah tenaga kerja yang signifikan pengembangan lapangan usaha pertanian, perikanan, dan subsektor peternakan di NTT masih menemui beberapa kendala atau hambatan.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTTCatur Ariyanto Widodo menyampaikan beberapa poin yang masih menjadi tantangan pada sektor unggulan di NTT.

"Sektor pertanian dan perikanan masih belum berkontribusi signifikan terhadap pendapatan negara baik itu untuk pajak pusat maupun pada komponen pendapatan daerah dalam APBD,"ungkap Catur pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Ia melanjutkan, adanya risiko terjadinya cuaca/iklim yang ekstrem dapat berpengaruh secara langsung pada hasil produksi sektor pertanian dan perikanan yang merupakan sektor yang rentan terhadap perubahan iklim. 

Kemudian, ketersediaan infrastruktur penunjang sektor pertanian dan perdagangan seperti pembangunan jalan, RPH, dan saluran irigasi tersier masih belum merata tersedia di seluruh daerah di NTT, yang dapat mengganggu alur pasokan distribusi barang produksi/konsumsi dan pemasaran hasil produksi pertanian dan perikanan.

Tidak hanya itu, masih rendahnya produksi komoditas pertanian seperti padi, jagung, kelor, dan hortikultura.

Selain itu, populasi ternak sapi, babi, ayam kampung juga masih rendah serta rendahnya produksi dan standar mutu perikanan tangkap hasil perikanan menjadi kendala dalam pengelolaan sektor unggulan ini.

Pada subsektor peternakan, penyediaan pakan ternak masih belum optimal dengan masih bergantung pada supply dari pabrik pakan ternak dari luar NTT serta rendahnya produksi perikanan budidaya dan kurangnya pengembangan rumput laut dan kebun bibit, ikan kerapu, dan ikan kakap, yang seharusnya dapat mendukung rantai pasok protein ikan di destinasi wisata yang ada di NTT.(dhe) *** poskupang.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama