Simak Kisah Cerita Ngeri Ratna Digigit Komodo Saat Jemur Ikan di Depan Rumah

Simak Kisah Cerita Ngeri Ratna Digigit Komodo Saat Jemur Ikan di Depan Rumah

Seorang perempuan warga Pulau Rinca, TN Komodo, NTT, digigit komodo saat menjemur ikan di depan rumah. (Dok. Polsek Komodo)



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Perempuan bernama Ratna (46) digigit komodo di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ibu rumah tangga itu digigit komodo di bagian tangan.

Ratna digigit komodo pada Senin (2/10/2023), sekitar pukul 15.00 Wita. Ratna saat itu sedang menjemur ikan di depan rumahnya.

"Korban digigit komodo di depan teras rumahnya. Saat sedang menjemur ikan teri," kata Kapolsek Komodo AKP Ivans Drajat, dilansir detikBali.
Sebelum kejadian yang menimpa Ratna, sudah ada 36 orang menjadi korban serangan komodo di Taman Nasional Komodo. Lima orang korban tersebut meninggal dunia.

Menurut data Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), jumlah korban tersebut terjadi dalam rentang waktu 49 tahun terakhir, yakni 1974-2023. Korban pertama serangan komodo tercatat terjadi pada 1974 atas nama Baron Rudolf Reding von Biberegg, wisatawan asal Swiss.

Dari 36 kasus serangan komodo, hanya dua wisatawan asing yang menjadi korban. Di antaranya kasus yang terjadi pada Baron pada Juli 1974 dan seorang wisatawan asal Singapura pada 2017. Korban terbanyak adalah warga lokal di Taman Nasional Komodo dan petugas BTNK. Tercatat ada sembilan petugas BTNK yang menjadi korban serangan komodo.

Dari lima korban meninggal digigit komodo, hanya satu orang wisatawan asing yang meninggal, yakni Baron. Sisanya adalah warga di dalam kawasan TN Komodo. *** detik.com





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama