Nestapa Rumah Warga Kupang NTT Ambruk Rata dengan Tanah Diguncang Gempa Magnitud 6,6

Nestapa Rumah Warga Kupang NTT Ambruk Rata dengan Tanah Diguncang Gempa Magnitud 6,6

Penampakan rumah milik Nehemia Ndun di Desa Honuk, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, yang roboh rata dengan tanah akibat diguncang gempa M6,6. (Liputan6.com/ Ola Keda)


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,6 yang mengguncang wilayah Kupang NTT, Kamis (2/11/2023) tak menimbulkan korban jiwa. Namun demikian beberapa rumah warga dan bangunan pemerintahan dilaporkan rusak.

Salah satunya rumah milik Nehemia Ndun di Desa Honuk, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang yang hancur total dihantam gempa.

"Kondisinya rusak parah, rata dengan tanah," ujar Kepala Desa Honuk Mateos Nainel saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Mateos memastikan untuk wilayah Desa Honuk, hanya rumah milik Nehemia saja yang terdampak. Sementara bangunan gereja, sekolah, posyandu, kantor desa dan fasilitas umumnya lainnya dipastikan aman.

"Hanya satu rumah saja yang terdampak, fasilitas umum lainnya masih aman," katanya.

Mateos merinci kerugian yang dialami oleh Nehemia diperkirakan mencapai Rp25 juta Sebab, sejumlah barang dalam rumah seperti lemari, parabot rumah, kursi dan tempat tidur rusak total.

Dia mengaku, usai kejadian itu, langsung memimpin warganya untuk membangun rumah darurat agar Nehemia dan keluarganya bisa berlindung.

"Kami sudah melakukan pendataan. Untuk ruamah yang rusak, saya dengan warga sudah bangun rumah darurat," terangnya.

Sementara, itu Nehemia mengaku saat kejadian, dia sedang tidur nyenyak. Betapa kagetnya pria berusia 53 tahun it, ketika rumah semi permanen miliknya sudah roboh. Saat itu, pun dia langsung berlari keluar untuk menyelamatkan diri.

"Saya sama sekali tidak sadar karena sedang nyenyak. Saya baru sadar ketika rumah sudah roboh," ceritanya.

Diketahui, selain rumah warga, bangunan pemerintah seperti kantor bupati Kupang dan gedung kantor gubernur NTT pun mengalami kerusakan ringan akibat gempa. (Ola Keda) *** liputan6.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama