Simak Kisah Nissa Wondo Duta Inspirasi NTT Suka Tantangan, Belajar Banyak Hal Baru hingga Dapat Beasiswa

Simak Kisah Nissa Wondo Duta Inspirasi NTT Suka Tantangan, Belajar Banyak Hal Baru hingga Dapat Beasiswa



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Belajar banyak hal menjadi spirit yang terpatri dari sosok Regina Ngete Wondo.

Gadis kelahiran Arereke, Ende 21 Oktober 2002 sangat menyukai tantangan sehingga ia selalu memotivasi dirinya harus bisa menjadi pribadi yang selalu semangat untuk belajar dan mendapatkan hal-hal baru.

Alhasil mahasiswi yang akrab disapa Nissa Wondo ini meraih prestasi dan banyak penghargaan. 

Teranyar, mahasiswi semester VII Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang, menjadi duta inspirasi Indonesia, NTT.

Anak ketiga dari lima bersaudara itu berasal dari  sebuah keluarga sederhana yang rumahnya ada di sebuah kampung kecil yang terletak di Arereke, Kabupaten Ende Flores NTT.

Selama menjalani masa-masa kuliah, ada beberapa kegiatan serta jabatan-jabatan tertentu yang ia harus jalankan. Ia harus membagi waktu sehingga semuanya tidak menghalangi kuliah.

"Di tahun 2022 saya menjabat sebagai Duta Inspirasi Indonesia NTT. Di tahun yang sama pula saya  lulus terpilih menjadi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM ) 2 dan juga berhasil menjadi beswan (penerima beasiswa Djarum Foundation Beasiswa Plus) angkatan 38. Suatu berkat yang luar biasa yang saya terima karena di tahun yang sama banyak hal-hal baik yang Tuhan percayakan untuk saya kerjakan,"ujar Nissa kepada TRIBUNFLORES.COM Kamis 9 November 2023.

Buah hati pasangan Agustinus Marianus Wondo dan  Margareta Pingga ini menceritakan awal mula menjadi duta inspirasi karena melihat teman SMA yang sudah terjun terlebih dahulu menjadi duta.

"Dia (teman SMA) duluan bergabung  di  Duta  Inspirasi khususnya di batch 2. Dari situlah saya mempunyai mempunyai niat dan semangat yang sama untuk juga terjun di dunia  perdutaan. Duta Inspirasi ini adalah wadah pertama yang saya ikuti dalam dunia perdutaan,"ujar Nissa.



Sempat Gagal

Badan pengurus Bidang II KMK St.Thomas Aquinas FKM Undana Kupang itu mengaku proses awalnya ia mencoba mendaftar duta inspirasi di batch 5, namun di batch ini ia belum diberikan kesempatan unntuk mewakili NTT.

Meskipun sempat gagal bukan berarti itu menyurutkan semangatnya. Namun ini menjadi bahan refleksi dan evaluasi untuk lebih baik lagi kedepannya. Setelah batch 5 selesai, ia mencoba kembali di batch 6.

"Puji Tuhan di batch 6 ini Nissa dan partner berhasil lulus dan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur,"ujar Duta Kesehatan Indonesia NTT ini.

Anggota Aktif Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Bella Cantare Undana Kupang ini menyebutkan duta Inspirasi ini adalah wadah pengembangan diri bagi putera/puteri terbaik pilihan dari 38 Provinsi di Indonesia yang tergabung menjadi satu serta memberikan kontribusi yang berdampak positif dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Duta Inspirasi ini bergerak secara online dengan memanfaatkan plafform media sosial seperti instagram, tiktok, youtube, linkedln, serta podcast. 

Duta Inspirasi bergerak di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Masa jabatan duta inspirasi Indonesia ini selama 3 bulan. 

Meskipun bergerak secara online, duta inspirasi juga melakukan aksi-aksi kemanusiaan yang dilakukan secara langsung. 

Mantan Ketua OSIS SMP Negeri 7 Nangapanda tahun 2016-2017 itu menyatakan bukan hanya itu, setiap 1 tahunn sekali akan diadakan Rapat Kerja Nasional yang langsung diselenggarakan di gedung DPR serta juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi gedung MPR, DPD dan Kementerian. 

Dalam menjabat duta  inspirasi ia bergabung di bagian MM atau yanng biasa  dikenal dengan sebutan Milenial Menginspirasi. 

Di bagian ini dia dipercayakan sebagai Ketua Divisi MPR (Media Partner & Reels). 

"Di sini kami dilatih untuk menjadi content creator  yang bisa menyajikan konten-konten bermanfaat yang tergolong dalam konten edukasi, inspiratif, inovasi, dan informatif yang mampu meningkatkan pemahaman dan mengubah mindset banyak orang,"ujarnya.

Selama menjabat sebagai Duta Inspirasi, ia sangat bersyukur karena mendapatkan banyak hal-hal baru serta menambah dan memperluas jaringan relasi, bukan hanya di satu provinasi namun di semua provinsi yang ada di  Indonesia. 

"Sebuah  previllage bagi saya karena bisa tergabung  di dalam dunia perdutaan khususnya Duta Inspirasi Indonesia. Ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara online seperti pelatihan yang  disebut dengan Coaching yang dilakukan setiap dua kali dalam seminggu. Saya bersyukur karena dipertemukan dengan orang-orang hebat lainnya yang bisa membantu Nissa dalam mengembangkan potensi dalam diri saya,"jelasnya.

Ia mengatakan sambil menjabat Duta Inspirasi NTT, pada waktu yang bersamaan ia juga sedang menjalankan masa-masa menjadi peserta pertukaran mahasiswa  merdeka 2.

Waktu itu ia berkesempatan untuk belajar selama satu semester di Univesitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

Disana ia bertemu dengan teman-teman mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Menurut Koordinator Umum OSIS SMA Katolik Frateran Ndao Ende Tahun 2018-2019 itu, suatu hal yang luar biasa yang ia dapatkan karena banyak belajar hal-hal baru mulai dari belajar memahami karakter orang, belajar budaya daerah orang lain, belajar bagaaimana bisa menyatukan banyak kepala serta belajar untuk bisa memanejemen diri, waktu serta uang dengan baik. 

"Di sini kita juga banyak belajar tentang Surabaya dan cerita-cerita di dalamnya,"jelasnya.

Ia mengaku selama kurang lebih satu semester ada banyak tempat yang kami kunjungi diantaranya mulai dari Kampung Ketandan, Museum Brawijaya Malang, Kebun Binatang Surabaya, Madura, Jombang, Museum Islam Indonesia, Makam mantan presiden Indonesia Gus Dur, Sidoarjo, Museum 10 November, Tugu Pahlawan Surabaya dan masih banyak lagi tempat-tempat yang kami kunjungi dalam kegiatan Modul Nusantara PMM 2.

Sambil menjalani masa menjadi Duta Inspirasi serta peserta PMM 2, ia juga berhasil lulus dalam seleksi beasiswa Djarum Foundation. 

Dari 13 ribu lebih peserta yang melakukan proses registrasi awal, hanya 521 yang diterima kemudian menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus angakatan 38 Tahun 2022/2023. 

"Lagi-lagi di waktu yang bersamaan Tuhan memberikan berkat yang luar biasa dan di sini Nissa bersama kedua rekan beswan, kami bertiga mewakili kampus tercinta Universitas Nusa Cendana untuk bergabung bersama rekan-rekan penerima Djarum Beasiswa Plus lainnya yang tersebar dari sabang sampai merauke,"ungkap ia bangga.

Mantan Sekretaris 1 Pramuka SMA Katolik Frateran Ndao Ende Tahun 2018-2019 mengatakan sini banyak cerita-cerita baru serta pengelaman yang indah yang Nissa dapatkan selama menjadi Beswan Djarumm 38. 

Selain mendapatkan benefit uang saku sebesar Rp 1.000.000 per bulan, sertifikat, serta relasi yang luas, mereka juga mendapatkan pelatihan serta pendampingan secara langsung. 

Selama menjadi Beswan Djarum 38 sudah ada lima kegiatan besar yang diberikan oleh Djarum Foundation dengan rinciannya tiga kegiatan wajib serta dua kegiatan non wajib. 

"Tiga kegiatan wajib yang kami dapatkan adalah kegiatan Character Building, Leadership Development, serta National Building,"ujarnya. 

Koordinator Umum Komunitas Indonesia Young Pioneer itu menyebutkan kegiatan pertama adalah Character Building (CB) yang merupakan pembinaan mental para beswan. 

Dalam kegiatan itu mereka benar-benar dilatih mentalnya dan mendapati bekal 5 soft skill  penting diantaranya: curiosity(rasa ingin tahu yang tinggi), initiative (pro aktif),  persistence/grit (sikap pantang menyerah dan gigih), adaptability (adaptif), serta social &cultural awarnees (kemampuan memahami segala perbedaan dan keragaman). 

"Kegiatan ini kami laksanakan di Bandung dan saya mendapatkan batch 2 pada awal Desember 2022,"kenang Nissa. 

Sekretaris Komisi IV BLM FKM Undana Kupang ini menyampaikan setelah mengikuti Character Building, di bulan Maret 2023, ia kembali mengikuti kegiatan Leadership Development (LD) yang diselenggarakan di Jogjakarta. 

"Di sini kami dibekali ilmu untuk bisa menjadi pemimpin bukan hanya memimpin orang lain, namun bisa memimpin diri sendiri secara baik. Di sini Nissa tergabung bersama teman teman beswan lainya dan kami mendapat batch 6 dalam Leadership Development ini,"ujarnya.

Ia menyebutkan setelah menyelesaikan dua kegiatan besar, pada bulan Oktober 2023 kami semua dikumpulkan menjadi satu dan ini adalah  kegiatan puncak selama menjadi beswan djarum 38. 

Sebanyak 521 orang dikumpulkan menjadi satu. Kegiatan National Building ini diselenggarakan selama satu minggu dan bertempat di Semarang. Disini kami di bagi dalam kelompok choir dan paduan suara, dan ia masuk dalam kelompok choir. 

Selama mengikuti kegiatan NB ( National Building) kami  juga mengunjungi beberapa tempat di anatarany menara dan makam Sunan Kudus, tampat-tampat Djarum Founndataion seperti bulu tangkis, bakti lingkungan, perusahaan rokok dan lain sebagainya. 

"Disini kami dibekali banyak ilmu baru yang  bisa menambah wawasan kami sebagai para penerima  beasiswa,"ujarnya.

Ketua Divisi Advokasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia Daerah NTT itu memberikan pesan inspiratif bagi teman-temannya.

Harus berani keluar dari zona nyaman dan berani mencoba hal baru. Gagal  berhasil itu hal biasa yang luar biasa adalah berani mencoba dan berani terbentur. 

"Ada banyak kesempatan yang bisa kita dapatkan jika kita mau mengejar dan mau mengambilnya. Selagi masih muda berkelanalah sejauh mungkin dan jangan lupa untuk puang ke rumah dan menjadi berkat bagi banyak orang,"ujar Volunterr Sahabat Kesmas ini. (GG).

CV Lengkap Nissa

Nama Lengkap                 : Regina Ngete Wondo
TTL:                                     : Arereke 21 Oktober 2002.
Nama Orang Tua : Ayah  : Agustinus Marianus Wondo
                                  Ibu     : Margareta Pingga
Asal                                     : Arereke Kelurahan Rewarangga Kecamatan Ende Timur, Flores, NTT.
Status                                 : Mahasiswa FKM Undana Kupang.

Sekolah:                             - SDK Nangakeo ( 2008 - 2014)
                                             - SMP Negeri 7 Nangapanda (2015 -2017)
                                             - SMA Katolik Frateran Ndao (2017 - 2020)
PT :                                      - FKM Undana Kupang


Prestasi

Duta Kesehatan Indonesia NTT (2023 - Present)

Duta Inspirasi Indonesia NTT (2022) 

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (2022)

Juara 1 Lomba Pidato +LCC (2020)

Pertukaran Pelajar Dalam Negeri/ SMN NTT (2019)

Duta Literasi Kabupaten Ende (2018)

Juara 1 Lomba Pidato Tingkat SMA SE Kabupaten Ende (2018)

Jambore Nasional X Indonesia (2016)

Jambore Daerah VIII NTT(2015)

Penghargaan

Mei 2023 ": Lomba Debat Bahasa Indonesia Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana
Best Speaker 2

Maret 2023: Leadership Development  Beasiswa Djarum
Best Speaker

Skill:

Management Skiila, Leadership, Negotiation, Critical Thinking Public Speaking , Problem Solving

Organisasi:

1..Ketua OSIS SMP Negeri 7 Nangapanda Tahun 2016-2017
2.Koordinator Umum OSIS SMA Katolik Frateran Ndao Ende Tahun 2018-2019
3. Sekretaris 1 Pramuka SMA Katolik Frateran Ndao Ende Tahun 2018-2019
4..Koordinator Umum Komunitas Indonesia Young Pioneer (2022 - Sekarang)
5. Sekretaris Komisi 4 BLM FKM Undana (2022- Sekarang)
6. Ketua Divisi Advokasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia Daerah NTT(2022 -Sekarang)
7. Ketua Divisi Media Partner dan Reels Program Millenials Menginspirasi by Duta Inspirasi Indonesia Batch 6 (2022)
8.Duta Inspirasi Indonesia Batch 6 Provinsi NTT (2022)
9.Koordinator Acara Pekan Budaya Perpisahan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
10.Volunterr Sahabat Kesmas
11. Anggota Aktif PSM Bella Cantare Undana (2020 - sekarang)
12. Badan pengurus Bidang 2 KMK St. Thomas Aquinas FKM Undana ( Anggota ) 2023
13. Head Of Development Girl Up NTT (2023).

***

Sumber: flores.tribunnews.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama