Viral Rombongan Umat Muslim di NTT Jemput Pastor Katolik Sambil Lantunkan Kasidah

Viral Rombongan Umat Muslim di NTT Jemput Pastor Katolik Sambil Lantunkan Kasidah

Viral Rombongan Umat Muslim di NTT Jemput Pastor Katolik Sambil Lantunkan Kasidah 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Potret "Harmonisasi" beragama di Wilayah NTT benar-benar awet dan terjaga.

Kali ini, viral sebuah video yang sekali lagi membuktikan bahwa toleransi kehidupan beragama di NTT benar-benar sangat dijunjung tinggi.

Video yang dimaksud diunggah oleh akun Intagram "Tentang NTT" yang berpengikut 1.340, memiliki 248 postingan serta megikuti 3477 akun instragram (Ig).

Unggahan @Tentang NTT memperlihatkan sekelompok umat muslim sedang menjemput seorang imam atau pastor Katolik.

@Tentang NTT dalam keterangannya menulis "Kasidah dari Umat Muslim menyambut pastor di Flores NTT". Demikian dilansir TribunFlores.com pada 23 Desember 2023.

Terlihat dalam video itu seorang pastor berjubah putih diarak dengan berjalan kaki, lalu dari arah berlawanan ada rombongan umat muslim yang didominasi ibu-ibu menjemput sang imam sambil melantunkan Kasidah.

Kasidah adalah bentuk syair epik kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Penyanyi menyanyikan lirik berisi puji-pujian untuk kaum muslim.

Kasidah adalah seni suara yang bernapaskan Islam, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam.

Tak hanya menyanyikan kasidah rombongan, dalam video itu, ibu-ibu tersebut nampak benyanyi sambil memukul rebana.

Mereka juga menari-nari menyambut sang pastor.

Sementara itu beberapa umat muslim lainnya terlihat menyalami tangan sang pastor berjubah putih itu.

Netizen yang menonton video ini turut memuji para umat muslim dan kristen yang berbaur menjadi satu dalam kerangka toleransi beragama.

"Apresiasi sekali. Sesama umat dari agama Muslim ikut andil dalam acara ini. Ini menunjukkan toleransi yang sangat tinggi di NTT," tulis @Marcitarose.

"NTT Luar biasa seng ada lawang soal toleransinya," tulis @Telumaprimus.

"Ya Tuhan..ini bentuk persaudaraan yang terindah. Tuhan memberkatimu semua saudaraku," komentar @pane3683 dalam video itu.

Sementara itu akun @tibor.tibor mengajak semua umat untuk mencontohi toleransi yang ditunjukkan umat beragama di NTT.

"Mari semua lapisan masyarakat Indonesia lihatlah betapa hebatnya toleransi di NTT Flores," tulisnya.

Video tersebut hingga kini disukai 343 kali.

Sayangnya, pada video itu lokasi dan identitas pastor tersebut tak disebutkan secara rinci. Pemosting hanya menyematkan nama tempat Flores, NTT.

Meski demikian, aksi toleransi antar umat beragama ini menjadi inspirasi bagi semua umat beragama dimana saja berada. *** flores.tribunnews.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama