Dalam perencanaan kinerja guru dan kepala sekolah diwajibkan mengupload bukti dukung,
tentu Anda tidak boleh keliru dalam melakukannya.
Atas dasar itu, di
artikel ini akan dibahas dengan rinci mengenai Cara Unggah Bukti Dukung
Pengembangan Kompetensi dan Tambahan
Setelah Perencanaan
Kinerja sudah disetujui, Anda bisa memulai untuk Pelaksanaan Kinerja melalui
‘Praktik Kinerja serta unggah bukti dukung ‘Pengembangan Kompetensi’ dan ‘Tugas
Tambahan’.
Berikut panduan cara
unggah bukti dukung pada Pelaksanaan Kinerja:
Cara Unggah Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi dan
Tugas Tambahan
1. Klik ‘Pengelolaan
Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar (PMM). Silakan akses
melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.
2. Bagi Anda yang
mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda
akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Pengelolaan Kinerja
melalui komputer atau laptop. Klik ‘Tetap di sini’ jika Anda masih ingin
mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.
3. Klik ‘Kumpulkan’
untuk mulai mengunggah dokumen Pengembangan Kompetensi
4. Klik tombol
‘Kumpulkan’ untuk mengunggah dokumen dari Rencana Hasil Kerja yang telah
disetujui dalam penyusunan Perencanaan Kinerja.
Sedangkan untuk unggah
tugas tambahan, Klik tombol ‘Kumpulkan’ untuk mengunggah dokumen dari Tugas
Tambahan yang telah disetujui dalam penyusunan Perencanaan Kinerja.
5. Klik ‘Unggah’ untuk
mengunggah dokumen Pengembangan Kompetensi maupun Tugas Tambahan . Perlu
diketahui bahwa jumlah dokumen yang diunggah bersumber dari Rencana Hasil Kerja
yang telah disetujui selama penyusunan Perencanaan Kinerja.
Perlu diketahui untuk dokumen pengembangan
kompetensi!
·
Dokumen yang diunggah memiliki format PDF
·
Dokumen yang diunggah memiliki maksimal ukuran file
10MB
Perlu diketahui untuk dokumen Tugas Tambahan!
·
Dokumen yang diunggah memiliki format PDF.
·
Dokumen yang diunggah berupa Surat Tugas atau Surat
Keputusan beserta dengan Surat Laporan Tugas Pelaksanaan di satu dokumen yang
sama dalam format dokumen PDF
·
Dokumen yang diunggah memiliki maksimal ukuran file
10MB.
6. Anda bisa memilih
salah satu cara unggah dokumen pengembangan kompetensi, baik melalui perangkat
laptop/komputer Anda maupun melalui Bukti Karya.
Unggah bukti dukung melalui Perangkat / Komputer
·
Klik ‘Unggah Dokumen’ melalui perangkat
laptop/komputer.
·
Pilih dokumen bukti dukung yang ingin diunggah
melalui perangkat Anda.
·
Klik “Open’ untuk unggah bukti dukung.
Unggah bukti dukung melalui Bukti Karya
·
Klik ‘Ambil
Karya’ melalui Bukti Karya.
·
Pilih Kategori
Karya dari bukti dukung yang ingin diunggah.
·
Pilih Karya yang
ingin diunggah sebagai bukti dukung
Untuk unggah dokumen tugas tambahan
·
Klik ‘Unggah
Dokumen’ perangkat laptop/komputer Anda
·
Pilih dokumen
bukti dukung yang ingin di unggah melalui perangkat Komputer / Laptop Anda.
·
Klik “Open’
untuk unggah bukti dukung.
7. Klik ‘Kumpulkan’
jika dokumen yang diunggah sudah sesuai. Klik ‘Edit’ jika dokumen yang diunggah
tidak sesuai dan ingin mengunggah kembali dengan dokumen yang benar.
8. Klik ‘Simpan Draf’
jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengunggah dokumen pengembangan
kompetensi dan akan kembali melakukan kembali di lain waktu.
9. Klik ‘Cek’ untuk
melihat tampilan dokumen yang sudah diunggah.
10. Selanjutnya, akan
muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen pengembangan kompetensi dikumpulkan.
Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang
telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
11. Anda telah berhasil
mengumpulkan dokumen pengembangan kompetensi.
Demikian informasi
mengenai Batas Sampai 31 Januari, Ini Cara Unggah Bukti Dukung Pengembangan
Kompetensi dan Tambahan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. ***