Beredar Link Pendaftaran BLT Rp 400 Ribu, Kemensos Pastikan itu Hoax!

Beredar Link Pendaftaran BLT Rp 400 Ribu, Kemensos Pastikan itu Hoax!



Suara Numbei Bergema - Belakangan beredar pesan di WhatsApp dengan narasi pemerintah akan menambah bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400.000. Namun, Kementerian Sosial (Kemensos) lewat Instagramnya @kemensosri menegaskan jika informasi tersebut adalah hoax.

"Baru-baru ini beredar pesan melalui aplikasi Whatsapp terkait pencairan atau pendaftaran tambahan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) El-Nino. Berhenti menyebarluaskan atau memberikan data apapun melalui nomor tersebut," tulis Kemensos, dikutip Kamis (22/2/2024).

Kemensos menegaskan tidak pernah membuat situs atau tautan terkait pendaftaran dan pencairan bantuan sosial (bansos). Kemensos mengimbau masyarakat yang menerima pesan tersebut tidak mengklik atau menyampaikan data diri pada situs tersebut.

"Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat situs ataupun tautan terkait pendaftaran maupun pencairan bantuan sosial. Untuk menghindari penyalahgunaan informasi maupun kewenangan yang mengatasnamakan Kementerian Sosial, kami imbau masyarakat untuk tidak mengklik dan menyampaikan data diri melalui situs tersebut," jelas Kemensos.

Adapun dalam pesan WhatsApp itu dinarasikan jika pemerintah akan memberi BLT El Nino sebesar Rp 400 ribu. Namun ada proses pendaftaran yang harus dilakukan terlebih dahulu.

"Kabar gembira pemerintah akan memberikan bantuan tambahan BLT El Nino Rp 400.000. Segera daftarkan diri Anda sebelum ditutup," bunyi pesan hoax tersebut.

Disebutkan juga pencairan bantuan tidak dipungut biaya sepeser pun. Masyarakat cukup membuka website dan mengisi formulir pendaftaran. "Batas pendaftaran sampai 29 Februari 2024," tutup pesan itu. *** detik.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama