[HOAKS] tentang Imbauan Matikan Ponsel dan Laptop karena Radiasi Kosmik

[HOAKS] tentang Imbauan Matikan Ponsel dan Laptop karena Radiasi Kosmik



Suara Numbei Bergema - Beredar pesan di media sosial Facebook yang berisi imbauan untuk mematikan ponsel, laptop, dan alat elektronik lainnya pada dini hari. Imbauan tersebut disebarkan karena akan ada radiasi tinggi akibat pancaran cahaya kosmik.

Berdasarkan cek fakta kompas.com, imbauan untuk mematikan ponsel dan barang elektronik lainnya karena radiasi kosmik tidak benar alias hoaks. Narasi tersebut merupakan pesan berantai yang beredar setidaknya sejak 2017. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Indian Space Research Organisation (ISRO) membantah adanya imbauan tersebut. National Aeronautics and Space Administration (NASA) juga tidak membuat imbauan atau larangan menggunakan ponsel atau benda lain karena cahaya kosmik.

Kesimpulan

Imbauan untuk mematikan ponsel dan barang elektronik lainnya karena radiasi kosmik merupakan narasi hoaks.

Narasi itu merupakan pesan berantai yang beredar setidaknya sejak 2017. LAPAN dan ISRO membantah adanya imbauan tersebut. NASA juga tidak membuat imbauan atau larangan menggunakan ponsel atau benda lain karena cahaya kosmik. ***

Sumber: kompas.com dan kominfo.go.id





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama