Kegembiraan Umat Timor-Leste Memulai Persiapan untuk Kunjungan Paus pada Agustus Tahun Ini

Kegembiraan Umat Timor-Leste Memulai Persiapan untuk Kunjungan Paus pada Agustus Tahun Ini

Paus Fransiskus menyapa umat Katolik


Suara Numbei Bergema - Timor Leste, negara termuda di Asia dengan mayoritas umat Katolik, sudah mulai mempersiapkan kunjungan Paus Fransiskus tahun ini, meski Vatikan belum mengumumkan tanggalnya.

Delegasi Vatikan yang melakukan perjalanan ke Timor Leste pada minggu terakhir bulan Januari untuk mempelajari rincian rencana kunjungan Bapa Suci “sangat terkesan dengan profesionalisme lembaga pemerintah yang bertanggung jawab,” kata Presiden Timor Timur José Manuel Ramos-Horta. dalam postingan media sosial yang mengutip sumber dari Tahta Suci pada 12 Februari.

Duta Besar Vatikan untuk Timor Leste menekankan “persiapan yang sangat baik” dari pemerintah Timor-Leste untuk menghadapi “kemungkinan” kunjungan Paus, dan menekankan perlunya “keseimbangan yang adil” dengan kesehatan Paus Fransiskus.

Menurut Kantor Berita Lusa di Portugal, “Paus memiliki harapan dan kegembiraan dalam mempersiapkan kunjungan ini,” tegas Duta Besar Vatikan di Timor Leste, Monsenor Marco Sprizzi.

Dia mengatakan pada tanggal 12 Februari bahwa pemerintah Timor Leste sedang membuat “persiapan yang sangat baik” untuk “kemungkinan” kunjungan Paus Fransiskus ke negara tersebut, yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Agustus.

 “Kemungkinan kunjungan Bapa Suci ke Timor sedang dalam persiapan. Kami belum bisa memastikan tanggalnya; akan diumumkan oleh Takhta Suci bersama pemerintah, tapi bukan rahasia lagi bahwa kami sedang mempersiapkan kemungkinan kunjungan ini, kata Sprizzi.

Ia berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan Presiden Timor Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan di Dili.

Sprizzi melaporkan bahwa delegasi Vatikan menghabiskan tiga hari di negara tersebut untuk memeriksa lokasi-lokasi yang diperkirakan akan dikunjungi Paus Fransiskus dan mengadakan pertemuan dengan pihak berwenang Timor.

“Pemerintah Timor sedang melakukan persiapan yang sangat baik. Kami berterima kasih atas pekerjaan besar, kompeten, dan efisien yang dilakukan pada kunjungan Paus ke Timor Leste,” tegasnya.

Duta Besar menguraikan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Timor-Leste terutama berkisar pada kekhawatiran mengenai keamanan, kesehatan, transportasi, dan tempat interaksi Bapa Suci dengan masyarakat.

“Kekhawatiran lainnya adalah konsekuensinya agar semuanya tertata dengan baik sehingga Paus dapat memiliki keseimbangan aktivitas dan istirahat yang tepat sehingga ia dapat pulih, sehingga ia dapat memiliki kekuatan fisik dan intelektual untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Tidak kekhawatiran lainnya. Paus mempunyai harapan dan kegembiraan dalam mempersiapkan kunjungan ini,” ujarnya.

Duta Besar Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan menyampaikan "pesan Injil" ke Timor Timur beberapa hari sebelum kunjungan Bapa Suci, membahas situasi yang menyangkut rakyat Timor dan sub-wilayah tersebut.

Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Timor-Leste pada tahun 1989.

Paus Fransiskus akan menjadi Paus kedua yang mengunjungi negara tersebut.

Timor Leste, sebuah koloni Portugis sejak abad keenam belas, memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 28 November 1975, hari kepergian Portugis.

Namun pada 17 Juli tahun berikutnya, Indonesia, negara tetangga, menyerang dan merebutnya.

Setelah referendum yang didukung PBB pada tahun 1999, Timor Leste mencapai kemerdekaan pada tanggal 20 Mei 2002, setelah upaya perlawanan selama 24 tahun yang sering kali disertai kekerasan.

Dari 1,4 juta orang yang tinggal di Timor Leste, 97% menganut agama Katolik. Negara ini mempunyai tiga keuskupan: Dili, Baucau dan Maliana.

Sekitar 42% orang hidup di bawah ambang kemiskinan nasional, menurut UNDP.

Selain Timor Leste, Paus Fransiskus kemungkinan akan mengunjungi negara-negara lain di Asia pada akhir Agustus—Indonesia, Singapura, dan Papua Nugini. Dan mungkin juga Vietnam. (Sumber: Radio Veritas Asia). *** katolikku.com

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama