Pater Remi Ceme SVD Berpulang, Keluarga Besar Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Maumere Berduka

Pater Remi Ceme SVD Berpulang, Keluarga Besar Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Maumere Berduka

Pastor Remi Ceme SVD


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) - Keluarga besar SVD, terutama keluarga besar Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Maumere kembali berduka.

Betapa tidak, pada Minggu (18/2), hari di mana mereka mengantarkan Pastor Yan Lobi SVD ke perisitirahatannya yang abadi, Pastor Remi Ceme SVD pun menyusul, pergi untuk selamanya.

Pastor Remi adalah salah satu staf dosen di Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero di Kota Maumere, Kabupaten Sikka tersebut. Dia mengampu matakuliah Teologi Moral.

Namun, sudah beberapa tahun terakhir, Pastor yang lahir pada 1 Oktober 1962 di Lokapau, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo itu mengalami stroke, sehingga praktis tidak bisa beraktvitas secara leluasa.

Ia  kemudian 'istirahat mengajar' dan menghabiskan hari-hari hidupnya di Biara Simeon, rumah bagi para jompo anggota SVD Provinsi Ende, yang terletak di area Seminari Tinggi Ledalero.

Pastor Remi menjalani pendidikan di Seminari St Yohanes Berkhmans Todabelu dari tahun 1976 hingga 1982.

Selanjutnya ia masuk Novisiat SVD di Ledalero dan menjalani studi Filisafat dan Teologi di tempat yang sama hingga ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1990.

Sebelum ditugaskan menjadi dosen di Seminari Tinggi Ledalero, Pastor Remi menjalani studi Teologi di Pontificia Universitas Gregoriana, Roma, lulus tahun 1994.

Selama menjadi dosen Seminar Tinggi Ledalero, Pastor Remi menghasilkan sejumlah Karya Ilmiah
di antaranya:
- Hidup Yang Sesungguhnya, Penerbit Ledalero (2011)
- Merangkai Identitas Maria Penerbit Ledalero (2010)
- Yesus Kristus Sungguh Bangkit, Mari Kita Wartakan Penerbit Ledalero (2012)
- Gemerlap Intan, Karya Tuhan di Lembah Subur Editor, Penerbit Ledalero (2015)
- Mengungkap Relasi Dasar Allah dan Manusia Penerbit Ledalero (2012)

Pastor Remi, selamat jalan, semoga berbahagia abadi di sisi Tuhan. Amin*** katolikku.com



 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama