Mengenali Konsep Banalitas Kejahatan Filsuf Hannah Arendt

Mengenali Konsep Banalitas Kejahatan Filsuf Hannah Arendt



Suara Numbei News - Hannah Arendt secara luas dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar di abad kedua puluh. Pemikirannya sangat penting dalam mengungkap dan mengeksplorasi kengerian yang tampaknya tidak dapat dijelaskan yang diabadikan oleh rezim fasis, yang berdampak besar pada dirinya baik pada tingkat pribadi maupun akademis. Bagi Arendt, memahami dan mengidentifikasi apa itu ‘kejahatan’, dan bagaimana peristiwa seperti Holocaust dapat terjadi, merupakan salah satu pertanyaan utama dalam penyelidikan filosofis.

Arendt dan Kejahatan

Ketika Hannah Arendt secara terkenal membahas persidangan Otto Adolf Eichmann, seorang perwira Nazi terkemuka dan penyelenggara utama dalam kengerian Holocaust, kesimpulannya sangat kontroversial. Deskripsinya tentang ‘Banalitas Kejahatan’ dan eksplorasi peran kepasifan dalam memungkinkan terjadinya beberapa kekejaman terbesar yang pernah disaksikan, memecah belah dan membuat jijik banyak akademisi yang mencoba memahami kebrutalan yang terjadi di bawah pengawasan Eichmann.

Arendt sendiri adalah seorang pengungsi Yahudi, yang melarikan diri dari gejolak di tanah airnya, Jerman, di tengah meningkatnya anti-Semitisme. Hubungannya yang kini menjadi terkenal dengan profesornya di universitas, Martin Heidegger, yang kemudian menjadi pendukung rezim Nazi, sering disebut-sebut sebagai momen penting dalam memahami pembentukan pandangan akademis dan tentang kebangkitan rezim fasis.

Sebagai seorang akademisi Yahudi terkenal, yang berasal dari generasi individu seperti ibunya yang harus meninggalkan tanah airnya (sekarang Lithuania) karena meningkatnya anti-Semitisme, diskusi Arendt tentang fasisme menjadi bagian integral dari filsafatnya. Pada intinya, ia memiliki keinginan untuk memahami dan menjelaskan kejahatan. Dia mengeksplorasi hal ini melalui berbagai kacamata, mengandalkan gagasan seperti ras dan politik antarpribadi untuk melintasi dan mempelajari kebangkitan rezim totaliter dan brutal.

Ada interaksi yang menarik antara keinginan pribadi dan intelektual untuk memahami dalam karyanya, sebuah faktor yang dapat berisiko mengaburkan visinya, tetapi justru membuatnya berbakat secara fenomenal dalam mengeksplorasi dan mendekonstruksi konsep-konsep abstrak, dan khususnya ‘kejahatan’.

Konteks Pemikiran Arendt

Tulisan-tulisan Arendt, mulai dari The Human Condition yang luas hingga teks-teks yang lebih terfokus dan tepat seperti On Violence, diikat oleh hasrat utama untuk memahami faktor-faktor apa yang menyebabkan kejadian-kejadian dalam hidupnya. Ada kebutuhan mendasar yang diungkapkan dalam karya-karya ini untuk mengontekstualisasikan dan membongkar sifat masyarakat di zaman modern, yang mendorongnya untuk mengeksplorasi beragam topik mulai dari kolonialisme hingga populisme.

Pergeseran utama dalam pandangan Arendt adalah kebangkitan kapitalisme, dan pada gilirannya, sebuah tahap baru dalam sejarah dunia yang didorong oleh “akumulasi kekuasaan yang tidak terbatas demi kepentingannya sendiri” (Margaret Canovan, 2002, “Rakyat, Massa, dan Mobilisasi Kekuasaan: Paradoks ‘Populisme’ Hannah Arendt”). Sebagai hasil dari pergeseran ini, pengejaran kekuasaan menjadi lebih diprioritaskan daripada pencerahan peradaban, dan nilai-nilai kemanusiaan serta stabilitas menjadi terpinggirkan.

Prinsip perluasan dan devaluasi individu ini menjadi kunci dari karya Arendt, dengan pendapatnya tentang topik-topik seperti kolonialisme dan imperialisme yang pada dasarnya berakar pada ide ini. Sebagai contoh, ia percaya bahwa kolonialisme pemukim didorong oleh keinginan tulus untuk perluasan masyarakat, sehingga memandangnya sebagai kekuatan positif, sedangkan sebaliknya, imperialisme mewakili keserakahan yang semakin besar akan kekuasaan dan marjinalisasi kepentingan manusia yang lebih luas.

Ketika mencoba mendiskusikan dan menganalisis pemikiran Arendt, dan mengapa ia begitu terpaku pada pendefinisian dan pembongkaran fenomena politik, ide-ide seperti kewaspadaan terhadap marjinalisasi kepentingan manusia sangatlah penting. Kompleksitas dari nilai-nilai ini, dan cara dia menanganinya dalam tulisannya, membuatnya menjadi seorang pemikir yang sangat sulit untuk diringkas. Hal ini menyebabkan beberapa kritikus berpendapat bahwa konsep-konsepnya, termasuk ide-idenya tentang kejahatan, sangat bervariasi dalam pemikirannya.

Beberapa kritikus menggambarkan Origins dan Eichmann in Jerusalem sebagai “buku yang menandai evolusi pemikiran Arendt”, tetapi realitas pemikirannya jauh lebih bernuansa dan konsisten daripada yang diberikan oleh diskusi-diskusi tersebut (B Seyla Benhabib, 2010, ‘Hukum Internasional dan Pluralitas Manusia di Bawah Bayang-bayang Totalitarianisme’).

Apa yang Dimaksud Hannah Arendt dengan “Kejahatan Radikal”?

Salah satu karya Arendt yang paling penting dan berpengaruh adalah analisisnya mengenai kebangkitan rezim absolut dalam The Origins of Totalitarianism. Karya ini merupakan eksplorasi yang sangat rinci dan kaya akan akar-akar rezim totaliter, dibagi menjadi tiga esai panjang yang mengeksplorasi antisemitisme, imperialisme, dan akhirnya, totalitarianisme. Dia menempatkan pergeseran politik tertentu di pusat kebangkitan totalitarianisme, menggambarkan bagaimana, misalnya, “sebelum era imperialisme, tidak ada yang namanya politik dunia, dan tanpanya, klaim totaliter atas kekuasaan global tidak akan masuk akal.”

Ada beberapa kritik terhadap Origins sebagai propaganda Perang Dingin yang dirancang untuk menjelek-jelekkan Uni Soviet dan mengagungkan Barat. Namun, diskusi-diskusi ini cenderung menyederhanakan nuansa karya Arendt dan cara dia menangani topik-topik yang besar dan sangat kontroversial.

Secara umum, karya Arendt menyalahkan kebangkitan totalitarianisme pada kesediaan, dalam beberapa hal, dari masyarakat; dia memandangnya sebagai “produk manusia”. Seperti yang ia komentari dalam karyanya yang lain, On Violence, “tidak ada pemerintahan yang secara eksklusif didasarkan pada cara-cara kekerasan yang pernah ada”, yang menyiratkan suatu tingkat kepatuhan di antara para tokoh non-politik.

Namun, dapat dikatakan bahwa fenomena mendasar yang membuat totalitarianisme begitu unik dan mencengangkan bagi Arendt adalah cara totalitarianisme membentuk kembali pemahaman manusia tentang kejahatan. Hal ini menjelaskan pernyataan Arendt seperti “masalah kejahatan akan menjadi pertanyaan mendasar dari kehidupan intelektual pascaperang di Eropa.” Bagi banyak kritikus, obsesi Arendt untuk mengatasi sifat rezim totaliter sebagian disebabkan oleh karena rezim-rezim tersebut, seperti yang telah dibahas oleh Richard Bernstein, adalah “yang paling dekat dengan pemahamannya tentang kejahatan radikal”, yaitu bagaimana rezim-rezim tersebut merupakan “usaha yang disengaja untuk membuat manusia menjadi manusia yang tidak berguna.”

Konsep ini adalah konsep yang sangat penting untuk memahami penjelasan Arendt mengenai sifat rezim totaliter, sekaligus kengeriannya yang sangat unik. Seperti yang ia jelaskan dalam babnya tentang imperialisme, sifat politik internasional telah mengalami pergeseran mendasar pada abad ke-20, dan “disintegrasi negara-bangsa dan runtuhnya hak asasi manusia sebagai standar politik yang efektif terjadi bersamaan” (Richard J. Bernstein, 2010, “Apakah Refleksi Arendt tentang Kejahatan Masih Relevan?”, hal. 298). Dikombinasikan dengan meningkatnya antisemitisme dan pergolakan politik secara umum, hal ini menghasilkan ruang di mana totalitarianisme dapat meningkat dan manusia dapat direduksi menjadi bentuk yang kurang manusiawi.

Pergeseran sosial yang besar ini menghasilkan kecemasan dan ketakutan, yang dieksploitasi oleh rezim politik dan memungkinkan munculnya politik totaliter. Pada gilirannya, rezim menciptakan narasi kebenaran absolut, yang bergantung pada kecemasan ini dan menampilkan dirinya sebagai kebenaran yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Akibatnya, antisemitisme dan gagasan tentang pemimpin yang serba tahu mampu menguasai sebagian besar penduduk, dan menjadi ditegaskan sebagai kebenaran baru. Hasilnya adalah sebuah tahap kejahatan yang baru, yang bagi Arendt sangat berbeda dari peristiwa-peristiwa pembunuhan massal atau genosida yang pernah terjadi sebelumnya.

Rangkuman Arendt tentang Kejahatan dalam Origins mungkin paling baik ditangkap dalam salah satu suratnya kepada Karl Jaspers, di mana ia menulis bagaimana ia tidak dapat secara tepat meringkas “apa sebenarnya kejahatan radikal itu… tetapi menurut saya, hal ini berkaitan dengan… menjadikan manusia sebagai manusia yang tidak berguna.”

Bagi Arendt, kejahatan Holocaust tidak terletak pada banyaknya teror dan kekerasan yang diciptakannya, tetapi pada kemampuannya untuk menghapus keberadaan para korbannya, untuk menghilangkan semua bukti kehidupan mereka. Dia berbicara tentang bagaimana di dalam kamp-kamp, Nazi “memperlakukan orang-orang seolah-olah mereka tidak pernah ada untuk membuat mereka menghilang dalam arti harfiah.” Bagi Arendt, ini adalah pengertian kejahatan yang paling nyata: tidak hanya membunuh dalam jumlah yang sangat besar, tetapi juga mendefinisikan ulang kebenaran di sekitar ideologi politik dan benar-benar menyingkirkan mereka dalam segala hal.

Eichmann di Yerusalem: Hannah Arendt tentang Banalitas Kejahatan

Memahami sentralitas kejahatan dalam Origins karya Arendt merupakan hal yang fundamental dalam mendekati konteks tulisannya tentang pengadilan Adolf Eichmann. Eichmann adalah salah satu perwira utama yang terlibat dalam mengkoordinasikan kengerian Holocaust, khususnya logistik untuk mengangkut jutaan orang Yahudi menuju kematian mereka di kamp-kamp di seluruh Eropa. Persidangan Eichmann dipublikasikan secara luas, dan Arendt dikirim untuk membuat liputan atas nama The New Yorker. Laporannya, dan buku yang dihasilkan dari liputan tersebut, sangat kontroversial sehingga masih menjadi pusat warisan Arendt hingga beberapa dekade kemudian. Buku ini memecah belah komunitas internasional, terutama di kalangan diaspora Yahudi yang terguncang oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dekade-dekade sebelumnya.

Inti dari analisis Arendt terhadap persidangan tersebut adalah kekagumannya terhadap Eichmann sebagai manusia. Dia terkejut dengan betapa polosnya Eichmann dalam kaitannya dengan kengerian yang telah dilakukannya dan mendapati dirinya berjuang untuk menyelaraskan pria di depannya dengan kejahatan mengerikan yang sedang diadili. Liputan jurnalis lain, seperti Moshe Pearlman, juga bergulat dengan kesenjangan ini, mencoba menyelaraskan narasi kejahatan rezim Nazi yang menghebohkan dengan orang-orang yang tampaknya biasa yang mengabadikannya.

Di sini, pemahaman Arendt mengenai fasisme dan kejahatannya yang unik memberinya perspektif yang inovatif dan mendalam. Isu yang menjadi inti dari kebangkitan totalitarianisme, mulai dari konstruksi narasi kebenaran hingga penyangkalannya terhadap kemanusiaan banyak orang, sangat penting baginya untuk mengurai kebingungan Eichmann. Kesimpulannya yang terkenal berpusat pada idenya tentang “banalitas kejahatan”, sebuah konsep yang menunjukkan bahwa kejahatan bukanlah kekuatan tindakan radikal, tetapi kegagalan untuk berpikir dan mempertimbangkan perilaku Anda sendiri.

Eichmann bukanlah seorang monster atau manusia yang jahat. Dia justru “sangat dan sangat normal.” Hal ini tercermin dalam diskusi Eichmann sendiri mengenai kejahatannya, dengan menulis, “Ada kebutuhan untuk menarik garis antara pemimpin yang bertanggung jawab dan orang-orang seperti saya yang dipaksa untuk menjadi alat belaka di tangan para pemimpin … Saya bukan pemimpin yang bertanggung jawab, dan dengan demikian saya tidak merasa diri saya bersalah.” Eichmann sendiri menggemakan kesimpulan Arendt yang mengerikan: bahwa kengerian kejahatan Eichmann bukanlah kepercayaannya pada tindakannya, tetapi kurangnya keinginan untuk mempertanyakannya.

Karya-karya Arendt masih terus didiskusikan dan dianalisis secara ekstensif beberapa dekade setelah kematiannya. Di dunia yang diguncang oleh peristiwa-peristiwa bencana kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Arendt menantang narasi-narasi yang menenangkan tentang kebaikan dan kejahatan dan menghadapi banalitas yang menakutkan dari kebangkitan rezim-rezim fasis. Bagi Arendt, memahami kejahatan, dan konflik antara nilai-nilai kemajuan manusia dan kekuatan pasif dari perubahan politik, merupakan hal yang sangat penting bagi pemahaman kita akan peristiwa-peristiwa di abad ke-20, dan sangat penting bagi harapan umat manusia untuk mencegah kengerian semacam itu terulang kembali.*

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama