Peringatan! NTT Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 14 Maret 2024, Hindari Wisata Pantai hingga Air Terjun

Peringatan! NTT Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 14 Maret 2024, Hindari Wisata Pantai hingga Air Terjun



Suara Numbei News - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 14 Maret 2024.

Sejumlah wilayah di NTT saat ini telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi sejak awal Maret 2024. Untuk itu bagi wisatawan yang ingin berwisata di NTT untuk menghindari tempat wisata tertentu saat musim hujan seperti saat ini.

Pantai dan Laut

Hindari aktivitas wisata di pantai dan laut saat musim hujan karena sangat berisiko untuk keselamatan wisatawan. Hujan deras yang mengguyur dapat menghalangi jarak pandang aktvitas pelayaran kapal wisata. Sementara angin laut yang kencang dan ombak laut semakin besar membahayakan yang ingin berenang atau snorkeling.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Potensi banjir pesisir (rob) dapat berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir

Air Terjun

Tempat wisata air terjun dihindari saat musim hujan karena vulome air bertambah dan bahaya lainnya.

Puncak Bukit atau Gunung

Trekking ke puncak bukit dan pendakian ke gunung sebaiknya jangan dilakukan saat mucim hujan atau cuaca ekstrem. Jalur trekking atau hiking saat musim hujan sangat licin dan mewaspadai longsor atau dahan patah.

Sungai

Hindari wisata susur sungai saat musim hujan karena tekanan dan volume air meningkat.

Saat merencanakan perjalanan wisata ke suatu tempat atau destinasi wisata, sebaiknya harus mengecek informasi cuaca terkini untuk menghindari bahaya. Memastikan untuk membawa perlengkapan seperti mantel hujan. *** tribunnews.com





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama