Bocoran MenPAN RB, Inilah 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Bocoran MenPAN RB, Inilah 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024



Suara Numbei News - Bahwa pelaksanaan seleksi ASN termasuk juga di dalamnya yaitu seleksi PPPK tinggal menghitung hari. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) memberikan bocoran untuk tenaga honorer yang otomatis diangkat PPPK tahun 2024.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya simak artikel ini hingga selesai.

Dalam paparannya KemenPAN RB bahwa untuk penyelenggaraan seleksi PPPK tahun 2024 yaitu hanya diperuntukan untuk tenaga honorer.

Arah kebijakan pengadaan CASN Tahun 2024, antara lain yaitu fokus pada pelayanan dasar tenaga guru dan tenaga kesehatan. Mengingat belum terpenuhinya kebutuhan layanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan.

Selain itu juga, seoptimal mungkin menyelesaikan permasalah tenaga non ASN di instansi pemerintah. Mengacu pada penataan tenaga non ASN sesuai dengan mandat UU no. 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Lebih khusus untuk kategori jabatan fungsional guru dalam pengadaan PPPK 2024 ini yaitu CPNS dan PPPK untuk Instansi Pusat. Hanya PPPK untuk instansi Daerah.

Dikutip dari AyoBandung.com, MenPANRB bocorkan 2 kategori honorer yang otomatis akan berstatus PPPK tahun 2024.

Saat ini, pemerintah tengah mempercepat pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Turunan UU ASN 2023 yang mencakup ketentuan mengenai nasib tenaga honorer. Dalam UU ASN 2023 disebutkan bahwa persoalan tenaga honorer harus diselesaikan pada Desember 2024.

Setelah Desember 2024, status tenaga honorer di instansi pemerintah tidak lagi diakui, dan hanya akan ada pegawai dengan status ASN, baik sebagai PNS maupun PPPK. Saat ini, terdapat 1.867.333 tenaga honorer yang harus diangkat menjadi PPPK pada tahun 2024. Namun, jumlah formasi PPPK yang tersedia dalam Database KemenPAN RB hanya 1.011.397 lowongan.

Akibatnya, sekitar 800.000 tenaga honorer berisiko tidak mendapatkan formasi PPPK pada tahun 2024.

Mengenai hal ini, MenPAN RB Abdullah Azwar Anas telah menjamin dua kategori tenaga honorer yang akan diprioritaskan dalam pengangkatan PPPK.

Adapun dua kategori tenaga honorer yang beruntung tersebut adalah:

·        Honorer yang telah masuk dalam database BKN dan termasuk golongan THK II

·        Tenaga honorer yang memiliki masa kerja lebih dari lima tahun secara berturut-turut dan telah berumur diatas 55 tahun.

Bagi Anda yang masuk dalam tenaga honorer yang masuk dalam kategori tersebut dipastikan akan lolos seleksi PPPK 2024 dan mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

Demikian ulasan tentang Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. *** Naik Pangkat



 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama