Melestarikan Seni Budaya Daerah Kewajiban Generasi Muda di Kabupaten Malaka NTT

Melestarikan Seni Budaya Daerah Kewajiban Generasi Muda di Kabupaten Malaka NTT

KRISTOFORUS BERE/TIMEX BERI ARAHAN. Bupati Malaka Dr. Simon Nahak memberi arahan dan membuka kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Senin (29/4)


Suara Numbei News - Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan berbagai perlombaan perlombaan tingkat Paud, SD, SMP dan SMA se-kabupaten Malaka. Senin (29/4).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, juga hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Malaka Ferdinandus Un Muti dan jajaran lainnya.

Bupati Malaka Dr.Simon Nahak mengatakan, kebudayaan merupakan peninggalan leluhur atau nenek moyang, yang diturunkan dari generasi ke generasi penerus agar budaya dan adat istiadat tetap dilestarikan.

Lomba Hardiknas tingkat Kabupaten Malaka tahun 2024 mengusung tema kebudayaan Kabupaten Malaka, hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk tetap melestarikan budaya daerah Kabupaten Malaka, sesuai dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2024 tentang Pemajuan Kebudayaan dan Visi -Misi Bupati Malaka serta mendukung terlaksananya program unggulan Bupati Malaka di bidang kebudayaan.

Bupati Malaka menjelaskan, masyarakat Kabupaten Malaka sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal dan adat istiadat yang sangat luhur, dan tak ternilai harganya, sayangnya kearifan lokal ini mulai tergeser oleh tranformasi dan peradaban sosial sehingga lambat lain akan mengalami kepunahan jika tidak sejak dini dilakukan revitalisasi terhadap nilai-nilai tradisi yang ada, perlombaan diselenggarakan ino menjadi jendela baru bagi revitalisasi budaya di Kabupaten Malaka.

Menurutnya, kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya dan adat istiadat menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya bangsa termasuk nilai budaya lokal sebagai penyangga nilai -nilai budaya nasional.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka mendukung penuh terlaksananya kegiatan, pertunjukan dan kegiatan -kegiatan kebudayaan lainya yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Kabupaten Malaka," ungkapnya.

Bupati Simon Berharap kegiatan -kegiatan perlombaan bertema kebudayaan ini, menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam melengkapi dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Malaka yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan kreatifitas generasi muda untuk mengembangkan potensi kebudayaan Kabupaten Malaka dalam seni pertunjukan

Dia menambahkan, melestarikan seni budaya daerah merupakan kewajiban mutlak bagi kita sekalian, kirannya ini menjadi tanggung jawab yang perlu di emban demi melestarikan dan mengembangkan kebudayaan dan daerah Kabupaten Malaka kedepannya.

"Kegiatan perlombaan ini akan sangat bergairah dan dinamis dengan partisipasi aktif dari semula pihak,"tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku
Ketua Panitia Kegiatan Perlombaan Hardiknas yang dilaporkan Kabid kebudayaan Firmina Un Asa, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, tanggal 29 sampai 30 April, di lapangan umum Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Dia menjelaskan, rangakaian kegiatan menyambut HUT Hardiknas diantaranya perlombaan pertunjukan model fashion show tingkat tk/paud, permainan tradisional Kafeur, tari kreasi dan tari bidu Lalok tingkat sd/mi, tari bidu tais Mutin, tari Heuk, dan hase Hawaka tingkat SMP/MT sedangkan perlombaan group vokal tingkat SMA/SMK.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Kabupaten Malaka sesuai UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, dan sesuai visi - misi Bupati selain itu juga untuk memeriahkan peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Malaka Tahun 2024.

Dirinya menuturkan bahwa kegiatan perlombaan kebudayaan ini untuk menumbuhkembangkan rasa cinta akan budaya Malaka dari siswa-siswi peserta lomba, pada Khususnya dan masyarakat Kabupaten Malaka.

Lanjutnya, sumber angaran untuk melaksanakan kegiatan ini tersedia dana Sebesar Rp.146 juta, yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Spesifik Grand.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah hadir, dan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan kami mohon maaf apabila dalam kegiatan ini, ada hal-hal yang kurang berkenan, " ujarnya.(kr6/thi) *** timexkupang.fajar.co.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama