Angin Monsoon Timur Sebabkan Cuaca Dingin di Wilayah NTT

Angin Monsoon Timur Sebabkan Cuaca Dingin di Wilayah NTT



Suara Numbei News - Kondisi cuaca dingin pada malam hari di wilayah NTT beberapa hari belakangan ini disebabkan oleh angin monsoon timur. Kondisi ini biasa terjadi ketika sudah memasuki musim kemarau.

Terkait kondisi cuaca saat ini, Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenot'ek, Minggu (9/6) menjelaskan bahwa untuk saat ini sebagian besar wilayah NTT sudah masuk musim kemarau.

"Angin monsoon timur (angin timur) sudah aktif," ujarnya.

Dijelaskan, monsoon timur ini angin bertiup dari Benua Australia ke Benua Asia melewati wilayah Indonesia, termasuk NTT.

"Angin timur yang saat ini melanda NTT membawa masa udara dingin dari Australia. Udara dingin ini akan bertahan sampai bulan Juli atau Agustus nanti," jelasnya.

Sementara mengenai angin kencang yang terjadi ini, kata Sti Nenot'ek, menjelaskan bahwa disebabkan oleh karena aktifnya angin Monsoon Timur.

"Angin Monsoon Timur ini biasanya terjadi pada bulan Juni, Juli dan Agustus," tandasnya.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang menegaskan bahwa pada bulan Juni ini perlu diwaspadai angin kencang, gelombang tinggi, suhu rendah pada malam hari sampai dini hari.

"Karena angin kencang maka perlu diwaspadai kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya. *** NTT Hits





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama