Kepala Ombudsman Perwakilan NTT : Akses Pendidikan di NTT Tidak Menggembirakan

Kepala Ombudsman Perwakilan NTT : Akses Pendidikan di NTT Tidak Menggembirakan

arius Beda Daton, Kepala Ombudsman Perwakilan NTT (Kiri) dalam dialog Kupang Pagi RRI Pro1 Kupang, Kamis (20/6/2024).


Suara Numbei News - Pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap individu. Namun, akses pendidikan formal sering kali menjadi tantangan bagi beberapa kelompok masyarakat di NTT. Hal ini diungkapkan oleh Darius Beda Daton, Kepala Ombudsman Perwakilan NTT dalam dialog Kupang Pagi RRI Pro 1 Kupang tentang Upaya Meningkatkan Akses Dan Mutu Pendidikan Di NTT, Kamis (20/6/2024).

“Pendidikan merupakan hak dasar warga Negara, karena itu setiap anak seharusnya memiliki  hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tapi sampai hari ini akses pendidikan masih sangat terbatas khususnya bagi anak–anak yang ada di wilayah 3T dan di NTT terdapat 13 Kabupaten yang termasuk wilayah 3T,” ungkap Darius Beda Daton.

Ia pun menambahkan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah provinsi NTT berkaitan dengan pendidikan yaitu data partisipasi akses pendidikan di NTT dari PAUD hingga SMA/SMK tidak terlalu menggembirakan. Pada bidang sarana prasarana khususnya kondisi sekolah, masih ada yang darurat  dan dana pendidikan yang relative mahal.

“Penggunaan dana BOS di atur dalam juknis dan tidak semuanya menggunakan dana BOS serta partisipasi orang tua dalam menyumbang dana seperti komite diatur juga dalam peraturan pemerintah. Tetapi besaran menyumbang harus dihitung dan memperhatikan kemampuan orang tua siswa. Saya kerap menerima complain tentang ijazah yang ditahan di sekolah karena orang tua tidak mampu membayar iuran komite” kata Darius.

Selanjutnya Ia berharap pemerintah dan pihak sekolah dapat memudahkan akses pendidikan bagi anak di NTT karena  bantuan dana pendidikan bagi anak kurang mampu, jumlahnya terbatas dan tidak dapat menjangkau semua anak di NTT. Tetapi jika dana BOS dimanfaatkan dengan tata kelola baik, transparan, akuntable maka dana tersebut akan sangat membantu. (LR) *** rri.co.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama