Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024



Suara Numbei News - Seleksi Pegawai Negeri dengan Penyesuaian Kerja (PPPK) akan berkonsentrasi pada persiapan pegawai non-ASN di institusi pendidikan negeri. Tahun ini, slot  PPPK sebanyak 100% dialokasikan untuk pegawai non-ASN.  Bagaimana nasib Guru P1 dalam PPPK tahun 2024 ini?

Formasi ini terdiri dari mantan pegawai honorer kategori 2 (Eks-THK2), pegawai non-ASN yang terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan pegawai non-ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah. 

Bagaimana nasib guru P1 dalam PPPK tahun 2024 ini? Simak selengkapnya. 

Banyak di antara mereka yang telah lulus ujian dan berasal dari sekolah swasta tetapi tidak menerima instruksi apa pun. Di tengah ketidakpastian, ada spekulasi bahwa guru P1 di sekolah swasta mungkin akan digantikan oleh pegawai non-ASN yang di sekolah negara dalam proses seleksi PPPK 2024. 

Menurut informasi terbaru, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mempan RB) telah menetapkan prioritas P1.

Alternatifnya, guru yang sudah lulus PPPK 2021 tetapi belum menerima pelatihan tidak lagi terikat dengan tutor. Pegawai P1 di sektor swasta khawatir akan dipecat  dan pegawai non-ASN yang masuk dalam database BKN.

 Ketua Forum Nasional Serah Terima Guru Honorer se-Indonesia, Heti Kusurian, mengungkapkan keprihatinannya.

Dia menyatakan bahwa P1 dengan nilai kelulusan harus diangkat menjadi PPPK pada tahun ini. 

Namun, karena Peraturan Menteri PANRB tentang Pengadaan PPPK Pelatihan Guru Tahun 2024 belum keluar, pergeseran prioritas tersebut semakin diperkuat. Ini menimbulkan pertanyaan tentang prioritas P1.

Menurut Profesor Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, guru passing grade (P1) tetap menjadi prioritas seleksi PPPK pada tahun 2024.

 Namun, dari 419.146 kursus yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hanya 170.649 kursus dalam bidang kajian budaya yang akan diberikan oleh pemerintah negara bagian pada tahun 2024.

Artinya, 248.497 formasi belum terpenuhi dari kebutuhan total. Dalam upaya menyelesaikan masalah ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus bekerja sama untuk menetapkan seleksi PPPK 2024. 

Masa kerja tiga tahun yang ditentukan dari data BKN dan Dapodik adalah syarat minimal untuk mengikuti ujian.

Nilai tertinggi, bukan nilai terendah, digunakan untuk menentukan kelulusan. P1 akan tetap memiliki prioritas, tetapi slot formasi yang terbatas tidak dapat menampung banyak. 

Tahun ini, prioritas PPPK akan diberikan kepada mantan pegawai THK2, pegawai non-ASN yang terdaftar di database BKN, dan guru relawan yang masih menjabat di institusi pendidikan negeri.

Baik di sekolah negeri maupun swasta, status P1 masih dipertanyakan. 

“Jadi teman-teman swasta P1 takut dengan pernyataan MenPAN-RB Azwar Anas yang menyimpulkan hanya honorer yang masuk database BKN tahun ini,” kata Eko Nugroho pada Selasa (14 Mei). 

Selanjutnya, guru P1 negeri di Jawa Tengah terdaftar di Badan Kepegawaian Negara (BKN), sedangkan guru swasta tidak.

“Jumlah P1 swasta di Jateng sekitar 1.000. Mudah-mudahan P1 tetap diprioritaskan baik pemerintah maupun swasta dalam pengadaan PPPK PermenPAN-RB tahun 2024,” kata Eko. 

Selain itu, Pak Eko meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk terus memberikan prioritas P1.

Eko Nugroho menegaskan bahwa tidak boleh ada perpindahan di luar P1 karena P1 bukan bagian dari pendataan BKN.

 “Meskipun PermenPAN-RB merupakan wilayah KemenPAN-RB, namun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Sekjen GTK Nunuku Suryani dapat berkontribusi. Ingat bahwa P1 adalah utang negara yang harus dibayar,” katanya.

Demikian ulasan tentang nasib guru P1 dalam PPPK tahun 2024 ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. *** Naik Pangkat

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama