Inspiratif! Kadis di Belu NTT yang Viral dan Dibully di Medsos Bawa Desa Dafala Ukir Prestasi Nasional dan Regional

Inspiratif! Kadis di Belu NTT yang Viral dan Dibully di Medsos Bawa Desa Dafala Ukir Prestasi Nasional dan Regional



Suara Numbei News - Salah satu kepala Dinas di Kabupaten Belu, NTT yang viral dan dibully di media sosial (facebook) karena kelakarnya menyebut "Osan La Iha-Uang/anggaran tidak ada" saat sidak atasan yakni Wakil Bupati Belu ke kantornya berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional dan regional.

Dia adalah Anselmus Lopez, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Belu.

Prestasi yang diukir karena kinerja terukur yang tergambar dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Desa Dafala menjadi satu-satunya desa yang mengukir prestasi juara 1 SDGs Region Bali-Nusa Tenggara (NTT dan Bali) yang digelar Kementerian Desa.

Selain memperoleh juara I Region V Bali-Nusa Tenggara, Desa Dafala juga meraih juara III Nasional SDGs.

Lembaga Teknis Daerah dibawa pimpinan Bu Ans sapaan akrar Kadis Sosial PMD Belu ini berhasil merealisasikan 17 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa.

Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.
Upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial PMD Kabupaten Belu adalah berhasil mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera.

Selain itu, pendidikan Desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan.

Disamping pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, inovasi dan infrastruktur Desa, Desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa berkelanjutan, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, pengendalian dan perubahan iklim oleh Desa, ekosistem daratan Desa, Desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan Desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya Desa adaptif.

 Ansel Lopez menyambut gembira prestasi Desa Dafala ini dan berharap dapat menginspirasi Desa-Desa lain di wilayahnya untuk terus meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Semoga Desa Dafala dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Belu untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Ansel Lopez pekan lalu.

Ansel Lopez juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung Desa Dafala dalam upaya membangun Desa secara berkelanjutan sesuai dengan tujuan SDGs, sehingga berhasil meraih peringkat ketiga di tingkat nasional dan meraih juara satu di tingkat Region Bali-Nusa Tenggara.

“Kita menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan tingkat nasional dan Region V Bali Nusa Tenggara yang diraih oleh Desa Dafala di Kecamatan Tasifeto Timur,” ujar Ansel Lopez.

Penghargaan tersebut menurut Ansel Lopez, merupakan hasil dari dukungan Bupati Belu dr Agustinus Taolin dan Wakil Bupati Belu Dr. Aloysius Haleserens, serta kerja keras seluruh jajaran pemerintah Desa dan masyarakat di Desa Dafala.

Prestasi ini juga kata Ansel Lopez tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama semua element unsur pimpinan yakni Sekretaris, para Kabid dan semua staf pada dinas sosial PMD Kabupaten Belu.

“Keberhasilan ini juga tak lepas dari dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Gubernur NTT, melalui Dinas PMD Provinsi NTT yang terus mendorong capaian target pada setiap indikator SDGs,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa ruang lingkup penilaian mencakup 17 item, yang dimulai dari pendataan, perencanaan hingga pengganggaran untuk pelaksanaan pembangunan desa.

“Kita tidak menyangka jika Desa Dafala terpilih menjadi Juara I SDGs Tingkat Bali-Nusa Tenggara dan berhasil meraih Juara III Nasional SDGs Desa. Proses ini berlangsung setiap tahun hingga akhirnya Desa Dafala ditetapkan sebagai Juara III Lomba SDGs Desa Tingkat Nasional 2024,” pungkasnya.*** ntt.pikiran-rakyat.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama