Heboh Video Viral Siswa SMA di Lembata NTT Tanggapi Keberadaan Paus Tuai Kecaman Warganet

Heboh Video Viral Siswa SMA di Lembata NTT Tanggapi Keberadaan Paus Tuai Kecaman Warganet

Tangkapan layar tik tok


Suara Numbei News Viral video di media sosial tanggapan dua siswa SMA di Lembata NTT tentang paus menuai kecaman warganet.

Pasalnya dalam video itu, seorang siswi berseragam olahraga warna kuning menyebutkan keberadaan dan jumlah paus. Video tampak direkam seseorang yang diketahui guru.

Dalam video itu tak ada penjelasan jelas terkait paus apa yang dimaksud. Dua siswa itu tampak santai memberi jawaban serupa tentang paus, yaitu Paus dalam gereja Katolik dan paus atau mamalia laut di Lamalera, Lembata.

"Yang saya tahu paus di dunia ada dua, satu di Vatikan Roma dan yang kedua di Lamalera yaitu ikan paus,"kata siswa itu dalam video.

Kemudian, video juga merekam ke seorang siswa laki-laki yang menggunakan kaos berwarna putih. Terdengar dalam video tersebut suara laki-laki dewasa yang bertanya "Paus ada berapa".

"Ada dua pak, satu di Vatikan Roma dan kedua di Lembata yaitu di Lamalera,"celtuk siswa itu menjawab pertanya dari sesorang yang disebut pak.

Video sebelumnya telah diunggah ke akun TikTok @san_jacob dan Facebook SMAK St. Yakobus Rasul pada 9 September 2024. Namun, video ini tidak ditemukan dan telah dihapus pemilik akun. 

Video yang beredar di media sosial telah diunggah oleh warganet lainnya dan kemudian dibagikan salah satuya akun Facebook @FORUM PEDULI RAKYAT SIKKA.

Dalam tayangan video berdurasi 33 detik ini tampak ada empat siswa, tiga siswa perempuan yang menggunakan seragam olahraga berwarna kuning dengan tulisan SMAK Santo Yakobus Rasul Lewoleba dan siswa laki menggunakan baju kaos berwarna putih.

Video ini mendapat ribuan komentar kecaman dari warganet karena dianggap menghina Paus sebagi pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia dan menyamakan Paus Katolik dengan paus (mamalia laut). Seperti yang disampaikan dua siswa itu dalam video tersebut.

"Ade ade ini dari kaos yg dipakai sekolah di sekolah Katolik, tapi sikap dan tutur kata tidak mencerminkan didik di sekolah Katolik,"tulis akun @Margaretha Helena dalam kolom komentar akun Facebook @FORUM PEDULI RAKYAT SIKKA.

"Ini gurunya yang sengaja tuk jadikan konten TikTok. Sangat miris dan sangat disayangkan sekolah Katolik tapi begini didikannya,"tulis akun @ Alwy Lelangwayan.

"Candaan yang tidak bermutu dan dijadikan konten. Itu pelajar di Lembata sana bukan Flores Timur jadi tolong bedakan, Lembata sudah kabutaen sendiri,"tulis akun @Semideda Uran.

Diketahui sekolah swasta ini terletak di Jalan Trans Lembata Lamahora – Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tribun Flores





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama