Panen Ikan Bandeng Etuwain, PJs Bupati Malaka Minta Perluas Pasar

Panen Ikan Bandeng Etuwain, PJs Bupati Malaka Minta Perluas Pasar

PJs Bupati Malaka saat panen ikan di Tambak Ikan Etuwain.


Suara Numbei News - Penjabat Sementara Bupati Malaka, Semuel Halundaka meminta kepada Dinas Perikanan Kabupaten Malaka agar memperluas lagi pangsa pasar penjualan Ikan Bandeng Etuwain, yang selama ini hanya dijual di pasar-pasar lokal dan hanya seputaran Kabupaten Malaka. 

"Saya datang dan melihat sendiri, jikalau tambak Ikan Bandeng di sini (red-Etuwain) sangat menjanjikan. Saya mendengar laporan bahwa ikan bandeng di sini sangat enak dan nikmat. Sehingga harus terus diberdayakan dan dibudidayakan," kata PJs Bupati Malaka saat berkunjung ke Tambak Ikan Etuwain, Desa Lakekun, Kecamatan Kobalima, Rabu, (2/10/2024). 

Melihat kondisi demikian, Semuel mengungkapkan agar dinas terkait memperluas pangsa pasar penjualan, bukan hanya di Malaka tapi juga bisa akses ke Provinsi atau bahkan ke luar negeri. 

"Budidaya inikan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Malaka. Dengan demikian, harus berpikir soal pangsa pasar untuk tidak hanya dalam daerah tapi juga ke luar negeri, apalagi Timor Leste langsung berbatasan dengam daerah kita," ujarnya. 

Plt Kadis Perikanan Kabupaten Malaka Vinsensius Babu dalam laporannya menyambut baik apa yang dikatakan Penjabat Sementara Bupati Malaka terkait perluasan pangsa pasar. 

"Kami menyambut baik apa yang disampaikan Bapak Penjabat Bupati, untuk memperluas pangsa pasar hingga keluar sampai ke Luar Neger," ungkapnya. 

Vinsen pun menyampaikan bahwa  potensi tambak ikan di Kabupaten Malaka mencapai 3 ribu hektare. 

"Baru dikelola sekitar 3 ratus hektare yang tersebar di 5 kecamatanm.b Sehingga perlu dioptimalkan untuk menambah PAD Malaka," kata Vinsensius. 

Khusus untuk tambak ikan Etuwain yang merupakan aset Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka, luasnya sekitar 4 hektare dengan padat penebaran nener sebanyak 5 ribu ekor.

"Kami sudah menangkap kurang lebih 1 ton ikan bandeng dan hasil penjualannya kami masukkan ke PAD," katanya. 

Hadir dalam kegiatan kunjungan ini Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda Malaka, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat setempat. (kominfomalaka)

 


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama