Pesan Moral dari Film The Dark Knight

Pesan Moral dari Film The Dark Knight


MEMETIK PELAJARAN DARI KARAKTER JOKER DALAM KEHIDUPAN
Memetik Pelajaran Dari Karakter Joker Dalam Kehidupan
Joker adalah film thriller Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai Todd Phillips, berdasarkan karakter antagonis, musuh bubuyutan Bruce Wayne alias Batman karya DC Comics. Film ini yang dibintangi Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz dan Frances Conroy ini merupakan garapan rumah produksi Warner Bros Pictures tayang serentak di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019.
Film yang mengisahkan tentang Arthur Fleck yang berasal dari masyarakat kelas bawah mengalami rangkaian kegagalan selama menjalani profesinya. Tekanan psikis dan diabaikan masyarakat Kota Gotham dirasakan Arthur Fleck.

Suatu ketika, Arthur Fleck mengalami sebuah insiden buruk dalam hidupnya. Insiden tersebut lambat laun mengubah pemikiran Arthur Fleck menjadi pria yang bengis. Arthur Fleck pun mengubah namanya dan ingin dipanggil dengan nama Joker. "Dulu kupikir hidupku sebuah tragedi. Kini kusadari, hidupku sebuah komedi," kata Joker.

Merunut cerita, jika berbicara seorang Joker pastinya berkarakter gila, psikopat hingga kejam sudah tertanam di dalam benak setiap orang. Namun, sadarkah Anda bahwa dari betapa jahatnya seorang Joker ternyata ada pesan positif dibaliknya? Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan menguak pesan positif dari karakter seorang Joker dimana bisa dipetik pelajaran dalam kehidupan, di antaranya:
Cara Berpikir Serta Perencanaan Tanpa Batas
Terlepas dari kekejaman dan kriminalitasnya, ternyata ada pesan moral yang dapat Anda ambil dari karakter Joker. Salah satunya adalah cara berpikir seorang Joker yang cerdas dan penuh perencanaan yang tidak terduga. Pola pikir Joker yang cerdas dan penuh rencana tersebut tentu bisa diterapkan dalam kehidupan. Terutama saat Anda dilanda masalah, berpikir cerdas dan terencana dapat mengatasi masalah dengan solusi yang matang.

Tidak Ada Menusia yang Sempurna
Joker diceritakan ialah seorang manusia biasa. Ketika Joker yang dengan santainya tertawa melihat penderitaan orang lain. Pesan moral dari karakter Joker adalah ketamakan dan kekejaman bisa muncul kapan pun dalam diri seorang manusia biasa. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia.

Memetik Pelajaran Dari Karakter Joker Dalam KehidupanSaat Ini, Peraturan Dibuat untuk Dilanggar
Joker menjadi simbol pembangkang dalam hal aturan. Joker berpandangan bahwa aturan adalah penghalang dunia yang lebih baik, paradigma ini sengaja dibuat untuk menyindir manusia saat ini. Moralnya adalah dalam hidup manusia harus disiplin jika ingin sukses. Salah satu kunci kesuksesan dengan disiplin. Dan menaati peraturan merupakan syarat kedisiplinan.

Masyarakat yang Lemah Dihancurkan oleh yang Kuat
Joker menyindir bagaimana kondisi masyarakat yang masih terkesan egois. Demi mendapatkan sebuah keripik, manusia tidak segan memangsa yang lain. Pesan yang dapat Anda petik adalah janganlah menghalalkan segala cara untuk menjadi sukses, khususnya merugikan orang lain. Banyak cara baik yang lebih berkah.

Kecerdasan yang Sering Disalahgunakan
Dunia hitam Joker memberikan pelajaran bahwa menjadi cerdas saja tidak cukup. Perlu adanya sikap dan hal lainnya yang menunjang kecerdasan. Jika hanya cerdas tanpa ada sikap yang baik, maka akan berujung buruk.

Meskipun karakter Joker tersebut hanya fiktif, tetapi Anda dapat mengambil moral baiknya. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, tapi bagaimana Anda melihat dan berpikir. Lihatlah sisi baik dalam setiap keburukan agar tidak mudah memberikan stigma buruk pada sesama dan permasalahan orang lain. Berpikir positif akan menghasilkan hal yang baik. Tak hanya baik buat kepribadian, tetapi ini adalah kunci kesuksesan. Pemikiran positif berasal dari akal yang sehat, salah satu faktor penunjang adalah pola dan gaya hidup.

Sumber:


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama