Kehidupan Itu Seperti Bermain Ular Tangga

Kehidupan Itu Seperti Bermain Ular Tangga


HIDUP SEUMPAMA BERMAIN ULAR TANGGA
(oleh:Frederick MZq)

Menaiki tangga mempunyai makna bahwa kita harus sering melihat ke atas, bukan ke bawah. Selalulah berdoa memohon kepada Allah dan jangan mengemis kepada manusia. Menaiki tangga harus serius menatap ke atas dan ke depan, bukan ke samping apalagi ke belakang. Tindakan menatap  ke depan berfungsi untuk menghindari musibah saat kaki melangkah di atas tangga-tangga itu.

Selalulah bervisi maju dan pantang menyerah. Menaiki tangga harus penuh kehati-hatian, tangan berpegang kuat ke pegangan tangga. Jangan pernah menaiki tangga dengan posisi kedua tangan di dalam saku celana atau di pinggir pinggang, sangat berisiko jatuh. Berhati-hatilah dalam menjalani tanjakan kehidupan.

I. Hidup Seumpama Bermain Ular Tangga
Jika kita lihat secara seksama, secara tidak langsung permainan “ular tangga” hampir sama dengan lika liku perjalanan kehidupan manusia. Dalam permainan “ular tangga” terdapat dua komponen yaitu “tangga” dan “ular”. Tangga diibaratkan dengan kemujuran atau keberuntungan seseorang sedangkan ekor ularnya diibaratkan dengan masalah-masalah yang membentang, yang mau tidak mau, suka tidak suka, tetap harus dihadapi dan dijalani.

Ketika ANDA mendapatkan tangga berarti dewi fortune sedang berpihak kepada ANDA. ANDA sedang berada diatas dan berjaya. Ini adalah masa-masa emas bagi ANDA. Tapi, ada satu pertanyaan yang harus ANDA jawab. Pada moment seperti ini apakah ANDA lantas angkuh, sombong, arrogant, dan terlena oleh semuanya??? Ingat, masih ada ekor ular yang menunggu ANDA.
Hidup ini seperti sebuah perjalanan... - AYAH EDY Parenting | Facebook
Jika ANDA mendapatkan ekor ular, berarti ANDA akan menjalani masa-masa sulit dalam hidup ANDA. ANDA akan terjatuh. Lalu, apakah ANDA akan bertahan atau menyerah??? Semuanya ditangan ANDA. Menyerah adalah keputusan yang akan diambil oleh orang-orang yang tidak percaya terhadap dirinya sendiri, yang meremehkan dirinya sendiri. Kalau ANDA tidak yakin terhadap diri ANDA, lantas bagaimana orang akan yakin terhadap ANDA. Ingat, “HASIL DIUJUNG USAHA”. Jangan ukur seseorang dengan berapa kali ia jatuh, ukurlah ia dengan berapa kali dia sanggup bangkit kembali (Zero to Hero; 56). Pada dasarnya, “Berapa kali kita jatuh tak jadi masalah. Yang penting kemampuan kita untuk bangkit kembali setiap kali kita jatuh (Zero to Hero; 56).Ya, saya kira ular tangga juga bisa diibaratkan dengan pasang surut kehidupan manusia.

Naik turun dalam kehidupan adalah sesuatu yang biasa dan sangat normal. Jangan berlebihan senangnya ketika kehidupan mengantar Anda ke puncak keberuntungan, dan jangan juga sedih berlebihan ketika kehidupan mengantar Anda ke puncak kerugian. Puncak kerugian dan puncak keberuntungan bersifat sementara, semuanya pasti berlalu dan akan diganti dengan berbagai pengalaman hidup yang Anda sukai maupun yang tidak Anda sukai.

Hidup ini tidak lebih seperti permainan ular tangga. Ketika sudah di atas dan hampir mencapai sukses, tiba-tiba harus turun ke level sangat bawah; atau sebaliknya, masih di bawah tiba-tiba harus naik ke level yang lebih tinggi. Permainan hidup yang dimainkan oleh kehidupan tidak pernah berubah dari awal sampai hari ini. Kita semua adalah pemain kehidupan yang harus menggunakan pikiran dan kecerdasan kita dalam kesadaran untuk bisa menerima apa pun hidup yang sedang kita alami.

Seluruh kehidupan alam semesta ini seperti permainan yang menyajikan sesuatu yang kita suka dan tidak suka. Pikiran dan kecerdasan kita harus dilatih agar tidak terlalu hitung-hitungan dengan peristiwa suka dan tidak suka. Terimalah peristiwa suka dan tidak suka dengan rasa syukur, sabar, rendah hati, dan memahami arti kehidupan yang sebenarnya dari pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui selama ini.

Jika kita berlama-lama memikirkan dan merasakan hal-hal yang tidak menguntungkan kita, maka kita tidak pernah memahami dan merasakan hal-hal yang menguntungkan hidup kita. Jadi, hidup ini tidak sebatas akal dan logika dari kecerdasan yang hebat, tetapi dari kesadaran yang mencerahkan di dalam kecerdasan akal. Cobalah sekali-sekali bermain ular tangga dan pahami maknanya dengan kesadaran yang mencerahkan di dalam kecerdasan akal dan logika.

Kita memiliki pilihan terbatas dalam hidup yang kita jalani, tetapi potensi kita tidak terbatas. Karena itu, usaha dan tindakan kreatif sangat diperlukan agar kita mampu mengeluarkan potensi-potensi terbaik kita untuk menambah pilihan agar tidak terbatas. Jadi, setiap saat kita harus proaktif untuk melakukan tindakan-tindakan yang bersifat kreatif dan inovatif, sehingga kita dapat menciptakan peluang-peluang baru untuk kebaikan hidup kita.

Hidup sangat dinamis dan dapat berubah setiap saat tanpa kita duga. Pengalaman saja belum cukup untuk menghadapi kehidupan yang dinamis, diperlukan pengetahuan dan keberanian untuk mendapatkan buah dari tindakan yang profesional. Permainan hidup sama seperti permainan ular tangga, jika Anda mencoba mengakali atau mengganggu permainan dengan kecerdasan Anda, maka Anda akan dikalahkan oleh permainan yang sedang Anda mainkan itu. Oleh karena itu, terimalah kenyataan yang diberikan oleh permainan hidup, cobalah memperbaiki kualitas diri untuk menjadi lebih siap mental dalam memenangkan setiap tantangan yang diberikan dalam permainan hidup. Kembali lagi, coba bermain ular tangga dan pahami betul-betul makna dari permainan tersebut. Jangan pernah bermain curang atau mengganggu permainan dengan kebohongan. Sebab, dalam dunia nyata ada kekuatan tertinggi yang akan mengalahkan orang-orang curang dengan caranya sendiri.

II. Tangga-tangga kehidupan
Tangga ..
suatu benda besar dan tinggi. Biasanya terletak di sudut suatu bangunan. Tangga memiliki fungsi menghubungkan ruangan yang lebih rendah dengan ruangan yang berada diatas. Tanpanya kedua ruangan tersebut tidak akan ada gunanya.

Ketika Anda telah memiliki visi dalam hidup. Anda telah menapaki ...Untuk mencapai suatu ruangan yang tinggi, kita harus melewati beberapa anak tangga bahkan sampai ratusan anak tangga.

Ternyata dari anak tangga kita bisa mendapatkan sebuah pelajaran hidup. Dalam hidup tidak semuanya indah, semua butuh proses. Proses hidup diibaratkan anak tangga. Untuk menuju sebuah tujuan, kita perlu berjuang seperti menaiki langkah demi langkah menuju puncak tertinggi. Ya puncak tertinggi itu adalah tercapainya sebuah kesuksesan.

Kita harus rela melangkahkan kaki secara bertahap ke atas. Begitu pula hidup. Sebuah mimpi akan tercapai jika kita mulai dengan langkah pertama.

Langkah pertama memang terasa berat. Tapi, jika kita tidak melangkah ke anak tangga pertama, maka kita tidak akan sampai di anak tangga lainnya. Namun dengan niat yang kuat dan yakin jangankan anak tangga dirumah, gunung yang tinggi pun mampu didaki.

Menaiki sebuah tangga tidaklah mudah, kita memerlukan banyak energy untuk bisa melangkah. Begitu pula hidup. Mereka yang bermental baja lah yang akan bertahan sampai atas.

Tingginya anak tangga yang dicapai itulah usaha kita, semakin kita beusaha semakin banyak anak tangga yang dilewati namun ketika terhenti pun itu lah akhir perjuangan hidup.

Begitu pula ketika kita tiba disebuah tempat yang memiliki anak tangga yang banyak, kita sudah mengeluh artinya kita adalah orang yang belum bertarung tapi sudah menyerah.

Ingat ketika kita sudah berada di puncak tertinggi atau tujuan tercapai jangan lupa untuk menengok ke bawah agar kita bisa lebih bersyukur terhadap apa yang sudah dicapai.

III. Langkah Kehidupan pada tangga yang tersusun
Hidup manusia ibarat tangga
Terkadang naik ke atas, namun adakalanya turun ke bawah
Begitu pula dengan hidup
Terkadang bahagia tiada tara, dan adakalanya bermuram durja
Tak masuk akal apabila hidup manusia hanya dipandang dari satu sisi
Menafikan sisi lain yang seharusnya ada
Tuhan begitu adil, menciptakan sesuatu selalu berpasangan
Ada siang, ada pula malam
Ada langit, ada pula bumi
Ada besar, ada pula kecil
Ada bahagia, dan ada pula sedih
Semua berjalan teratur sesuai hukum dari-Nya
Sungguh tidak adil apabila Tuhan hanya menciptakan kebahagiaan
Maka kelak manusia tidak akan pernah mengerti arti dari perjuangan dan kesabaran
Begitu pula jika Tuhan hanya menciptakan kesedihan
Tentunya manusia tidak akan pernah memahami betapa indahnya rasa syukur
Segala taqdir, pastinya ada hikmah tak kasat mata
Yang bisa diketahui bagi orang-orang arif nan bijak
Bahwa tangga kehidupan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas diri
Menuju ke atas bagi orang yang mau berusaha
Sebaliknya, menuju ke bawah bagi orang yang malas berusaha
Semua bergantung pada kehendak manusia
Hendak kemanakah ia akan berlabuh?

Jangan Takut berjuang melewati tangga-tanga kehidupan, optimis menuju hari esok.
Medio Harekakae, 04 Juni 2020





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama